TikTok Singkirkan Facebook dan Instagram Dari Daftar Aplikasi Populer di Dunia

Isetiabhakti
Jan 18 · 2 min read
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/1/1c/Tiktok_logo.svg/474px-Tiktok_logo.svg.png

Aplikasi video sosial TikTok kembali mencatat sejarah baru. Aplikasi buatan ByteDance itu berhasil memuncaki ranking unduhan dunia dan menyingkirkan dominasi Facebook, Instagram, dan Facebook Messenger.

Firma peneliti aplikasi Sensor Tower merilis hasil laporan bahwa TikTok telah diunduh sebanyak lebih dari 740 juta kali sepanjang 2019. Dengan raihan ini, Tik Tok membuntuti aplikasi WhatsApp di posisi pertama sebagai aplikasi yang terpopuler, atau paling banyak diunduh. WhatsApp sendiri telah diunduh sebanyak 850 juta dalam periode yang sama.

TikTok
TikTok
https://www.instagram.com/p/B7cmHp1A-Yd/

Pada 2018, Facebook meluncurkan aplikasi baru bernama Lasso untuk menyaingi TikTok dan memecah pasar. Aplikasi itu juga bekerja sama dengan label papan atas India untuk memperoleh izin menggunakan musik mereka dalam video, pesan, stories, dan konten kreatif lainnya di Facebook dan Instagram.

Bagaimanapun, para ahli menilai langkah yang diambil Facebook tidak akan mampu menghambat laju pertumbuhan TikTok di India. Konsultan asal Bangalore, India, Harish Bijoor, mengatakan bahwa TikTok tidak akan terkalahkan. “Jika kalian seorang penjudi, kalian pasti akan menaruhkan uang kalian pada TikTok,” tandasnya.

TikTok juga memenangi kompetisi di AS. Akuisisi ByteDance terhadap Musical.ly membantu TikTok menggalang popularitas di AS. Saat ini TikTok menjadi salah satu aplikasi paling banyak diunduh di App Store AS di depan Facebook, Instagram, YouTube, dan Snapchat sejak September.

https://asset.kompas.com/crops/r-tnrUkpLGpHKXw7HENGADzu2SU=/125x86:1123x752/750x500/data/photo/2020/01/16/5e1fe7664fb6a.png

Selain itu, Facebook pun harus mewaspadai layanan video singkat lainnya yaitu Likee. Platform video pendek milik Bigo yang berbasis di Singapura ini memulai debutnya di antara 10 besar dengan lebih dari 330 juta instalasi.

Setengah dari pengguna Likee berasal dari India, menurut Sensor Tower, yang laporannya termasuk unduhan di seluruh dunia untuk iPhone, iPad, dan Google Play tetapi mengecualikan aplikasi Apple dan aplikasi pra-instal Google. Perhitungan ini tidak termasuk unduhan Android dari toko aplikasi online pihak ketiga yang kebanyakan digunakan oleh orang China karena Google Play diblokir di Cina.

Referensi: https://technologue.id/popularitas-aplikasi-tiktok-lampaui-facebook/amp/

Isetiabhakti

Written by

Web Developer | Content Creator — Bekasi, Indonesia

More From Medium

Also tagged Facebook

Also tagged Facebook

The Public Option

Apr 5 · 22 min read

Top on Medium

Top on Medium

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade