Pesan Ukiran Jasa Ukir Kayu Desain Sendiri

Jepara sudah terkenal familiar sebagai kota yang memproduksi furniture dan ukiran yang terkenal di Indonesia khususnya pulau Jawa.

Mebel dan ukiran dari Jepara telah mendapatkan beberapa apresiasi dari beberapa kalangan yang mengatakan bahwa Jepara adalah tempatnya mebel dan ukiran.

Aktifitas memproduksi mebel dan ukiran sudah seakan akan menjadi bagian dari sosial, budaya, seni, dan ekonomi yang sudah turun temurun di Jepara.

Susah terpisahkan dati asal mula sejarah kota Jepara itu sendiri. Belum diketahui secara tepat waktu dan asal muasal pembuatan ukiran mebel tersebut.

Perannya sebagai kota yang selalu memproduksi mebel dan ukiran sangat besar sebab daerah ini mampu memproduksi mebel dalam jumlah yang besar.

Memproduksi mebel dan ukiran sudah menjadi aktivitas harian dan juga merupakan roda penggerak perekonomian bagi penduduk kota Jepara. Hal ini bisa dilihat dari betapa banyaknya jumlah industri mebel, kios, hingga pengrajin yang telah bertebaran di sepanjang pintu gerbang menuju kabupaten Jepara sampai ke pusat kota.

Memiliki furniture ukiran adalah salah satu incaran banyak orang. Bahkan tanpa disengaja setiap furniture yang dibeli pasti sudah dihiasi dengan ukiran.

Inilah bukti bahwa eksistensi ukiran memang sangat tinggi hingga sekarang sudah sejak awal kemunculannya. Bahkan kita juga bisa pesan ukiran desain sendiri.

Budaya ukiran dan mebel di Jepara cukup menarik karena begitu kuatnya profesi ini di kalangan masyarakat Jepara seperti tumbuhan yang terus tumbuh dan developing.

Mebel dan ukiran dari kota Jepara memang memiliki sejarah yang tidak bisa dikatakan pendek. Skill mengukir hingga pertukangan diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Hingga skill tersebut terus diasah dan dikembangkan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Tujuan tersebut adalah agar tidak ketinggalan zaman.

Zaman dahulu hanya bersifat otodidak ataupun di ajarkan per orangan, namun sekarang dengan naiknya jumlah peminat dari dalam hingga luar daerah terhadap kerajinan ukir, mulai dari kursi, lemari, hingga tempat tidur, menjadikan para ahli mendirikan sebuah tempat untuk mengajarkan skill ukiran tersebut.

Bagaimana dengan pengiriman furniture ukiran custom?

Pengiriman hingga ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Solo, Bogor, Malang, Tasikmalaya, Serang, Malang, Kediri, Ngawi, dan kota-kota lainnya.

Sesuai dengan keinginan, kita bisa memiliki furniture dengan berbagai jenis ukiran yang kita inginkan. Tidak harus sesuai dengan jenisnya, karena pengrajin akan melakukan padu padan dan kombinasi. Kita bisa mengajukan konsep ukiran dalam tema apapun atau minta bentuk apapun karena berdasarkan jenis-jenis ukiran, konsep kita akan ada namanya.

Jenis-jenis Ukiran

Berdasarkan jenis-jenis ukiran, maka kita akan mengenal banyak bentuk. Di mana setiap bentuk memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri. Secara umum, ada 2 jenis ukiran yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan untuk pesan ukiran desain sendiri :

  1. Ukuran Plong

Ukiran ini disebut juga dengan ukiran Bobok. Berdasarkan namanya, Plong, ukuran ini berarti jenis ukiran yang tembus. Bukan hanya menempel pada bidangnya saja, melainkan tembus sampai bawah. Jadi saat menyentuhnya, kita bisa memasukkan jari kelingking kita atau menggunakan benda kecil untuk dimasukkan di sela-sela gambar ukiran atau pola ukirannya.

Alat yang digunakan untuk menghasilkan ukiran ini adalah tatah kayu. Prosesnya masih manual namun hasilnya tidak perlu diragukan lagi.

2. Ukiran Lemahan

Jenis ukiran yang satu ini adalah kebalikan dari ukiran Plong. Di mana ukiran ini tidak tembus melainkan timbul layaknya pahatan. Proses pembuatannya memang juga dengan cara memahat seperti memahat batu.

Kedua jenis ukiran tersebut sama-sama bagus dan memiliki kelebihan masing-masing. Sisi keindahannya pun khas dan masing-masing memiliki identitas seni sendiri. Bahkan ada makna yang tersirat dari setiap ukiran.

Anda bisa order furniture misalanya 50% ukiran dan 50% minimalis segala produk

Sedangkan untuk macam ukiran berdasarkan temanya, ada beberapa jenis, diantaranya adalah :

  1. Ukiran kayu hanyut

Ukiran ini khas karena memiliki berbagai bentuk hewan dan ukirannya hanya pada beberapa bagian saja, tidak pada semua bagian.

2. Ukiran larik

Ukiran yang merupakan ukiran khas dari Melayu.

3. Ukiran layang

Ukiran yang motifnya ringkas dan termasuk ukiran timbul

4. Ukiran arca kayu

Untuk ukiran ini jelas untuk furniture yang berupa benda layaknya arca.

Ukiran tebuk tembus atau sama dengan ukiran tembus.

Untuk jenis ukiran ini, ada 2 jenis yang harus kita ketahui, yaitu :

  1. Ukiran tebuk silat yakni membuat ukiran tembus pada bagian yang melengkung ke dalam.
  2. Ukiran tebuk tidak bersilat. Bagian-bagian yang kosong (tidak ada pola ukiran) akan dibuat tembus.

Banyak jenis ukiran yang bisa kita pesan. Kita bisa menyesuaikan dengan tema ruangan rumah kita serta sesuai dengan selera kita. Maka dari itulah sangat mudah untuk pesan ukiran desain sendiri.

Informasi lebih lanjut tentang pemesanan kunjungi jatibagus.com