Cara Jitu Mengenali Mebel Jepara Asli

Desain simple classic modern

Sebelum membeli mebel, seorang pembeli biasanya melakukan survei secara intensif terhadap produk yang ingin dibeli. Tujuannya supaya produk yang dibeli sesuai dengan harapan. Mebel yang jadi primadona banyak orang berasal dari Jepara, dengan ukiran khasnya. Mebel Jepara asli banyak dicari karena kualitasnya yang bagus. Saat ini di pasaran banyak muncul produk palsu dengan kualitas rendah. Berikut 5 cara jitu yang bisa digunakan untuk mengenali produk yang asli.

5 Cara Jitu Mengenali Mebel Jepara Asli

1. Serat kayunya padat

Ciri khas mebel dari bahan kayu jati memiliki serat kayu yang terbilang padat. Semakin tua kayu jati semakin padat pula seratnya. Itu artinya kualitasnya akan semakin bagus. Selain itu, bobotnya juga lebih berat dibanding kayu lainnya contohnya kayu mahoni. Itulah yang membuat mebel Jepara asli lebih kuat dan terbukti kokoh jika digunakan.

2. Permukaan mebel terlihat halus

Kayu jati mempunyai kandungan cairan yang khusus untuk memperhalus lapisan permukaan kayu. Bahkan meskipun ada lubang atau retakan yang sengaja dibuat untuk fungsi tertentu tetap akan membuatnya terasa halus. Sebab lain dari halusnya permukaan mebel ini juga dikarenakan finishing yang tepat dari para pengrajin.

3. Memiliki konstruksi yang kokoh dan kuat

Mebel dengan kualitas bagus memuat proses pembuatan dengan aturan yang ketat dan tahapan yang baik. Aturan-aturan yang sudah terbukti dan teruji ini semakin meningkatkan nilai tambah dari mebel. Setiap bagian mebel dibuat dengan presisi yang tinggi tanpa ada kecacatan, sehingga hasilnya akan kokoh dan kuat serta tahan banting.

4. Warna mebel lebih hidup

Mebel Jepara asli memiliki warna yang lebih hidup. Kualitas kayu jati yang semakin tua akan menghasilkan warna permukaan yang lebih hidup. Hal ini disebabkan karena adanya pigmen atau zar warna yang terbentuk dari kayu yang tua. Sebagian besar berwarna coklat merata, sebagian lainnya berwarna kemerahan.

5. Mata kayu yang terbentuk jelas

Kayu jati yang asli biasanya memuat mata kayu yang jelas. Pada grade A dan B, biasanya mata kayu ini dibatasi sekitar 5 titik pada permukaan yang lebar seperti meja besar, dan 2 titik untuk komponen ukuran kecil seperti sandaran bangku, serta 0 toleransi untuk komponen yang lebih kecil. Sedangkan mebel jenis grade C ukuran toleransinya lebih besar lagi dibanding grade A dan grade B.

Demikian 5 cara jitu mengenali mebel Jepara asli,supaya pembeli tidak mudah tertipu dengan produk palsu. Harga bisa jadi lebih murah, tetapi kualitas mebel jenis ini tidak bisa diragukan lagi. Dengan melihat 5 ciri-ciri di atas akan mudah dikenali mana yang benar-benar berasal dari bahan pilihan dan mana yang hanya diberi pemanis luarnya saja. Referensi lemari rak buku kayu minimalis modern silahkan lihat di tautan berikut.