First Day Of Class — Prinsip Hidup

Senin, 23 September 2013

MASUK KULIAH (LENGKAP) PAGI, SIANG DAN SORE

Yeah…sekarang ke kampus bukan buat ngurus masalah OPMB lagi, bukan buat matrikulasi atau apalah sebagainya, tapi buat NGAMPUS, ke kampus sebagai mahasiswa yang menuntut ilmu, cieee, hahaha.
Dan amazing-nya gue dapet jadwal paling pagi, jam 7 ! *Prok prok prok*
Kenapa amazing? Biasa aja kali ji. Eh bukan gitu….mahasiswa kan biasa kalo masuk pagi tu RAWR….*sensor* belum lagi kemarin sorenya gue baru pulang mabim luar camping, kurang makan, kurang tidur, bayangin aja hahaha : D
Ya jadi kuliah pagi itu amazing B-)
Gak Cuma pagi, gue kuliah siang juga nabrak adzan dzuhur, terus kuliah sore banget berangkat jam 5 nabrak adzan maghrib, sip banget yaaa hari pertama kuliah guehhh :D

ADA YANG KENA DI PIKIRAN
6 SKS for today…
Ketemu 2 orang baru yang disebut dosen.

1. Pak Sali

Pagi-pagi mata kuliahnya Aplikasi Perkantoran, ketemu Pak Sali. Pada pertemuan pertama biasanya lebih banyak perkenalan kan? Ya begitu pula kami pada pagi itu.
Sebelumnya Pak dosen menerangkan bagaimana system penilaian, apa saja yang akan dipelajari dan banyak hal yang menyangkut akademik khususnya mata kuliah yang beliau ajar dikelas kami.

Waktu masih tersisa gak banyak tapi gak sedikit juga *mulai error nih yang nulis* Pak dosen mulai beraksi….

Perut kami berasa di kocok-kocok kayak nyeduh Pop Ice dimasukin botol aqua -_-
Asli deh Pak dosen mukanya serius, bahkan datar tapi beliau bikin kami mahasiswa tertawa-tawa, beliau menceritakan bagaimana waktu beliau kuliah dulu, apa prisnsip hidupnya, luar biasa memang Pak dosen ini, pengetahuan ku tentang hidup dan cara pandang suatu masalah lebih tercerahkan.

Di akhir jam pertemuan Pak dosen bilang “ya itulah prisnsip hidup saya, yang baik boleh ditiru, yang gak baik jangan ditiru ya. Yang penting jadi diri sendiri.”.

Cara penyampaiannya gak membosankan, kita aja ketawa-ketawa, ya gimana, orang kayak Stand Up Comedy, terkesan guyon tapi penuh makna dan syarat akan pelajaran hidup.

Saking seriusnya aku nyimak kuliah Pak dosen sampe aku gak sempet nulis buat dokumentasiin celetukkan-celetukkan beliau yang ngena di pikiran, ada beberapa yang inget nih…

Kata Pak Sali ….
* Kalo lagi presentasi kita selalu berpikir kalo dosen itu pasti udah tau tentang materi itu, yang muncul adalah rasa kurang percaya diri, triknya… “Anggap aja orang/dosen tidak tahu” apa yang lagi kita presentasikan, jadi bener-bener kita serasa sedang memberi tahukan akan hal itu kepada audiens.

* Kalo kita gak tau itu ya nanya, jangan takut di cemooh, dikatain “ih gitu doang ditanyain”, jangan takut di bilang belegug, da emang belegug ! *guyon tingkat dewa, mahasiswa semua ngakak -_-*

Ya begitulah, beliau bilang dulunya beliau adalah seorang aktivis, ya pantes aja kritisnya pake banget, makanya beliau bilang kalo gak tau itu nanya, “Kalau Anda sudah tahu lalu ngapain Anda kuliah?”. Yups, kata-katanya bahan bakar banget.

* Ada lagi, belajar itu jangan gengsian, kalo kita gak bisa ya nanya orang yang bisa, siapapun itu dia, bahkan tukang bakso pun kejar! Minta di ajarin sampe paham, seperti kata Pak dosen “Belajar itu gak ada malu”.

* Beliau cerita dulu waktu kuliah Cuma modal pulpen dapet nemu entah dimana, beliau gak punya buku, setiap mau kuliah beliau suka mampir ke TU buat minta selembar kertas buram dan sehabis selesai jam kuliah kertas itu di lipat-lipat, di tiup lalu syurrrr….terbang, YA DI JADIIN PESAWAT-PESAWATAN!
Meskipun begitu tapi nilai yang Pak dosen dapet tiap ujian itu A !
Ko bisa? Ya, Pak dosen bilang “Jadikan setiap momen itu berkesan” jika momen berkesan maka akan lebih mudah diingat. Pak dosen juga menceritakan ketika ujian beliau sering bilang “oh….materi ini dijelasin waktu si Acep di lempar kapur itu, oh….materi ini dijelasin waktu si Acep kepleset”, memang sih momen berkesan itu mudah diingat.

Asli deh sebenernya banyak banget, tapi tak sanggup diriku ……… mengingatnya, syalalalala….

Sama Pak Tirta perkenalannya gak terlalu dalam, malah buat lebih detailnya dipersilahkan liat aja di G+ nya beliau -_-
Cara ngajarnya asik, analoginya kocak beud dahhh …

Hoammm udah terlalu malem, mohon maaf jika postingan ini banyak kesalahan atau bahkan salah, saya hanya ingin menulis, kritik dan saran atau apapun tentang tulisan ini boleh disampaikan via email saya di jatiandawuri@gmail.com

Sekian dan terima kasih banyak.