Cara membuat database pertamamu dengan XAMPP dan Beekeeper

Raden Jiwa Bumi Prajasantana
3 min readAug 31, 2023

--

Halo semuanya. Saya Raden Jiwa Bumi Prajasantana, sedang belajar Sistem Database. Di artikel ini saya akan menunjukkan bagaimana saya membuat databse pertama saya.

Kiri adalah XAMPP. Kanan adalah Beekeeper Studio

Apa yang kita butuhkan?

  1. Koneksi ke internet, terutama yang tidak di restriksikan
  2. XAMPP
  3. Beekeeper Studio

XAMPP

XAMPP adalah akronim “Cross-platform, Apache, MariaDB, Perl, PHP” dan berfungsi sebagai web server dan software untuk pengembangan web dan sistem manajemen basis data, dan terutama sebagai percobaan sebelum menggunakan server web lain.

XAMPP bisa di download dari https://www.apachefriends.org dan saya akan menggunakan ini untuk membuka server pribadi saya.

  1. Download sesuai Operating Sistem, saya menggunakan Windows jadi saya menggunakan XAMPP for Windows.
  2. Setelah selesai download, buka installernya. Jika ada antivirius, bisa dimatikkan dulu, atau lanjut saja.
  3. Klik next. Sesuai default, instalasi semua komponen. Dan lokasi folder dimana saja kecuali di C:\Program Files
  4. Instal dan tunggu sampai selesai.

Jika sudah, selanjutnya mendownload environment (lingkungan) untuk mengembang database, yaitu Beekeeper Studio.

Beekeeper Studio

Beekeeper Studio adalah interface untuk manajemen data, dengan fitur seperti navigasi, melihat, mencari, edit data-data.

Homepage

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall Beekeeper Studio.

  1. Kungjung ke https://www.beekeeperstudio.io dan klik tombol download di pojok kanan atas.
  2. Download sesuai Operating Sistem, saya menggunakan Windows jadi saya download Installer yang untuk Windows.
  3. Jika selesai download, buka instalernya.
  4. Beekeeper Studio akan menginstal secara otomatis

UPDATE: Langkah diatas adalah untuk Beekeeper Studio ultimate Edition. Jika download untuk pertama kali, akan dapat free trial. Untuk edisi yang gratis, harus mengikuti langkah ini:

  1. Kunjungi https://github.com/beekeeper-studio/beekeeper-studio/releases/
  2. Scroll ke bawah sampai melihat Assets (seperti foto berikut)
Pada saat ini, versi terbaru adalah 3.9.20

3. Klik teks biru sesuai dengan OS. Saya menggunakan Windows, maka klik “Beekeeper-Studio-Setup-3.9.20.exe”

4. Buka exe dan install.

Membuka server dan database pertama kali

  1. Buka XAMPP Control Panel. Jika install secara benar, pasti itu akan muncul di Search
XAMPP muncul untuk saya jika di Search di Windows

2. Sama dengan langkah satu, search dan buka Beekeeper Studio

3. Di XAMPP, klik “Start” untuk MySQL

Tombol Start untuk MySQL dihighlight warna biru

4. Di Beekeeper Studio, Select Connection Type. Saya akan menggunakan MariaDB sesuai dengan pelajaran di kelas saya.

5. Isi User dan Password. Saya akan menggunakan root dan password di kosongkan

6. Klik Test. Jika ada Error, mungkin berarti lupa membuka server di XAMPP. Jika begitu, ke langkah 3 lagi. Jika koneksi sukses, klik Connect

Editor untuk manajemen data

Terima kasih untuk membaca artikel pertama saya. Saya mungkin akan kembali lagi nanti untuk manajemen database lebih lanjut.

--

--