Introvert atau Ekstrovert?

Trasty Chris Masjira
4 min readMay 16, 2022

--

Hari ini lagi sedikit hectic karena berurusan dengan deadline. Sampe bingung mau nulis apa. Akhirnya kepikiran buat cerita aja tentang kemaren, di mana aku merasa tiba-tiba menjadi sangat ekstrovert.

Ngomongin soal introvert/ekstrovert, sebenernya aku gak terlalu paham sih aku ini masuk di golongan yang mana. Waktu tes MBTI lewat web yang gratis itu sih katanya sisi ekstrovert-ku lebih menonjol dari introvert. Tapi aku sendiri merasa kadang aku bisa jadi introvert tapi bisa juga jadi ekstrovert. Apalagi sebelum aku masuk SMA. I used to be an introvert. Aku selalu jadi orang yang pemalu dan pendiem. Paling gak mau ngajak omong orang duluan kecuali emang udah temenan. Kalau dibilang suka keramaian, ya suka sih. Tapi aku selalu jadi pihak yang menyaksikan keramaian itu, bukan yang ada di dalam keramaian itu. Rasanya kaya tereksklusi dari keramaian gitu lho. Aku paling gabisa banget sksd sok seru sok asik gitu. Paling susah buat berbaur sama orang lain. Sampai akhirnya aku mulai berubah pelan-pelan sejak masuk SMA.

Waktu SMA karena pengen punya temen yang banyak, aku coba buat beraniin diri sksd ke orang lain. Kaya sering muncul di grup angkatan, ngajak orang ngomong duluan, basa basi ke orang, dll. Aku berusaha buat masuk di obrolan orang-orang dan berusaha nyambung sama mereka. Akhirnya berhasil dapet temen yang lumayan banyak tuh di SMA. Nah ketika aku udah kenal dan deket sama temen-temenku, aku jadi ngerasa lebih mudah buat berkespresi. Jadi sisi Trasty yang heboh dan alay mulai muncul dengan sendirinya kalau sama mereka. Tapi ya tetep aja, masih ada sisi pemalu dan pendiemnya. Apalagi kalau sama orang yang gak kenal atau gak deket. Buat aku, butuh waktu buat nemuin temen yang cocok yang bisa bikin aku jadi diri sendiri kalau sama mereka. Awalnya aku bener-bener sok akrab banget ngajak omong semua orang sampe akhirnya nemu yang cocok.

Memasuki dunia perkuliahan, aku bertemu dengan orang-orang yang ekstrovert dan friendly abis. Bener-bener semua orang kayanya gampang banget buat berbaur. Ada aja topik yang mereka bawa biar nyambung sama temen yang satu dan yang lain. Akhirnya aku mulai ketularan tuh sama mereka. Jadi bisa lebih gampang buat berbaur juga sama mereka. Sampai aku bertemu dengan beberapa orang yang cocok. Mereka bilang, kalau udah deket aku bisa jadi orang yang cerewet abis, alias ga bisa berhenti ngomong. Bahkan ketika temen-temenku yang ekstrovert udah pada capek, aku masih ada aja tuh energinya buat ngomongin hal yang gak penting. Gatau juga sih kenapa bisa gitu. Tapi yaa aku seneng dan mungkin terlalu excited kali ya punya temen kaya mereka, jadi pengen ngomong terus. Sisi pemalu dan pendiemnya masih ada kok, cuman jadi gak terlalu kelihatan aja. Kadang masih ngerasa malu kalau mau nyampein pendapat sendiri. Berujung ngode temenku buat nyampein pendapatku WKWKW (salah satu hal yang dibenci sama temenku nih). Tapi sejak kuliah ini aku merasa jadi lebih berani buat bergaul dan ngobrol sama orang baru. Ya, walaupun awalnya tetep butuh waktu sih buat menyesuaikan diri dengan orang-orang yang ada di sekitarku.

Kemarin, aku mengikuti acara retreat yang diadakan oleh UKK UGM — salah satu UKM kerohanian di kampusku. Acara ini berlangsung dua hari, dari hari Sabtu sampai Minggu. Awalnya aku sedikit malas karena pasti akan berhadapan dengan orang-orang baru. Tapi untungnya ada orang-orang yang aku kenal dan cukup dekat denganku yang juga mengikuti acara itu. Aku bersyukur pernah ikut event yang diadakan UKK sebelumnya, jadi ada sedikit banyak orang yang kukenal. Ternyata setelah mengikuti acara itu aku jadi bisa dapet pengalaman yang nyenengin banget. Orang-orang baru yang aku temui pada friendly semua. Tanpa sadar aku terhanyut di dalam suasana itu, aku jadi enjoy buat ngobrol dan ketawa-ketawa bareng mereka.

Di hari kedua, aku sangat bersemangat ketika mengikuti outbond bersama teman-temanku. Aura positif yang aku dapatkan dari orang-orang di sekitarku membuatku jadi ikut aktif dan heboh dengan sendirinya. Sampai salah satu teman dekatku bertanya “Kok kamu jadi ekstrovert banget hari ini?”. Lah aku sendiri juga gatau kenapa bisa gitu, tapi rasanya hari itu aku seneng banget dan lagi pengen jadi diri sendiri aja ga mau jaim-jaim an hahaha. Nah ternyata sampai acara itu selesai aku jadi mikir lagi, “iya juga ya, kok aku bisa enjoy banget hari ini, bisa sokab banget”. Mungkin jawabannya karena aku merasa sedang berada di dekat orang-orang yang aku kenal dan gak begitu asing buat aku. Karena merasa dekat, aku gak ragu buat nunjukin sisi diriku yang heboh, alay, dan malu-maluin. Sempet muncul pikiran kaya, kapanlagi bisa seneng-seneng kaya gini.

Setelah dipikir-pikir lagi, lingkungan sekitarku tuh mempengaruhi aku banget. Kalau aku ada di deket orang-orang yang kurang friendly dan mungkin introvert, aku jadi ikut kaya mereka. Tapi kalau orang-orang yang mengelilingiku adalah orang-orang friendly, ekstrovert, atau orang-orang yang dekat denganku, aku bisa jadi ekstrovert. Jadi ya aku menyesuaikan sama orang-orang yang ada di sekitarku. Kalau gini namanya apaa ya, mungkin ambivert? Ya, kayanya bisa dibilang aku ambivert sih.

--

--

Trasty Chris Masjira

Akun kedua untuk melanjutkan tantangan #31harimenulis, akun yang satunya kena limit