Zona Nyaman

“Kalau mau maju, ya mari melangkah”

Trasty Chris Masjira
4 min readMay 10, 2022

Haii! Masih inget gak sama janji gue di tulisan sebelumnya buat ngomongin tentang zona nyaman? Yippie sekarang saatnya gue nepatin janji itu! Buat yang belum baca, mungkin bisa baca dulu episode “Kenapa Ilkom” (yang mau-mau aja). Oke, selamat membaca tulisan yang sekaligus jadi curhatanku ini!

Orang bilang, kalau lo mau sukses ya lo harus berani buat keluar dari zona nyaman. Jangan maunya stay di situ, terus tau-tau sukses kaya raya bahagia. Ada usaha ada hasil lah yaa. Tapi, ada juga yang bilang kalau keluar dari zona nyaman itu ga perlu. As long as you enjoy your life, your position right now, ga perlu buat keluar zona nyaman. Lo juga ga bisa ngotot maksain dan koar-koar ke semua orang kalau mereka ‘harus’ keluar dari zona nyaman. Kalau emang udah puas, udah seneng, udah nyaman, yaudah kan?

Well, dua opini yang berbanding terbalik itu ga ada yang salah sih. Semua balik lagi ke diri kita masing-masing. Tentang apa yang sebenernya lo pengenin, apa yang jadi mimpi lo selama ini. Tanya sama diri lo sendiri, apakah lo puas dengan apa yang lo lakuin sekarang? Apa bertahan di zona nyaman ini jadi keputusan yang terbaik buat lo? Atau apakah lo pengen dapetin sesuatu yang belum pernah kesampean sampe sekarang? Ngerasa kalau apa yang lo lakuin sekarang ga sesuai sama keinginan dan ekspektasi lo? Cuman lo yang bisa jawab. Kalau udah bisa jawab, pilihannya cuman satu. “Mau berubah apa enggak?” Kalau engga yaudah silahkan tetep berada di mana lo berada sekarang. Tapi kalau lo mau berubah ya ayo keluar dari zona nyaman lo, hadapi hal baru, kejar mimpi lo. Hmm kalo ngomongin mimpi kayanya puitis banget ya, yaudah deh simple-nya kejar apa yang lo pengen.

“Tapi keluar zona nyaman itu susaahhhh”

Ya siapa yang bilang gampang?? Kalo lo mau dapetin apa yang lo mau, yang lo damba-dambain selama ini, harus ada effort-nya dong — artinya lo harus mengorbankan sesuatu juga buat dapet hal yang lo mau. Gue tau kok, banyak banget tantangan dan rintangan baru yang akan kita hadapi kalo kita memutuskan buat keluar dari zona nyaman. Ada perasaan takut, gelisah, gak yakin, overthinking, insecure dan laiinn sebagainya (banyak). Apalagi sebenernya tidak ada jaminan pasti buat dapetin apa yang kita pengen kalau mau keluar dari zona nyaman. Tapi yaa, setidaknya mencoba, kan? Buat apa berekspektasi buruk duluan kalau masih bisa kejadian hal-hal baik. Segala sesuatu di dunia ini emang gaada yang pasti. Jadi, apa salahnya mencoba dengan harapan kalau hasilnya bakal baik?

Di umur-umur segini, gue pribadi berpikir bahwa ini saat yang tepat buat ngeeksplore, buat keluar dari zona nyaman, dan coba mempelajari hal baru. Tapi kalau lo gak setuju sama gue yaa isokeyy. Gaada yang mengharuskan lo untuk membenarkan gue kok. Gue cuman mau cerita dan curhat sedikit aja. Waktu SMA gue merasa gue ga memanfaatkan waktu dengan baik. Dibanding berusaha untuk aktif buat coba hal baru kaya temen-temen gue, gue lebih milih untuk ngerjain apa yang gue bisa aja. Gue gak pede dan gak berani buat coba sesuatu yang lebih besar, sesuatu yang harusnya jadi kesempatan bagus buat gue. Gue gak mau dan gak berani buat keluar dari zona nyaman. Mendekati hari kelulusan, gue sedikit menyesali ketakutan gue buat keluar dari zona nyaman itu. Sampe akhirnya keputusan buat milih Ilkom termasuk salah satu bentuk gue keluar dari zona nyaman — menurut gue.

Di masa kuliah ini gue memutuskan buat berani berubah jadi Trasty yang lebih baik. Gue pengen keluar dari zona nyaman gue saat ini. Mau coba buat ambil setiap kesempatan yang ada. Mungkin (mungkin loh ya) kalian ada yang ngerasain hal yang sama kaya gue. Mau coba hal baru, tapi takut gak bisa. Alesannya karena belum pernah punya pengalaman di bidang itu. Misal nih, lo ditawarin buat jadi pengurus inti sebuah event. Tapi lo meragukan diri lo sendiri dan merasa gak bisa pegang tanggung jawab segede itu. At the end, lo stuck di zona nyaman lo — lagi. Nah, keluar dari zona nyaman berarti lo harus berani. Berani buat menghadapi sesuatu yang kita kira kita gak bakal bisa ngelakuinnya. Setiap tantangan dan rintangan itu pasti ada. Itu yang ngelatih kita dan bikin kita jadi the better version of us.

Gak usah takut gagal. Gagal itu bagian dari kemenangan, kok. Gue inget banget waktu jaman PPSMB, ada dosen Psikologi UGM (kalo ga salah) yang bilang “Gak usah malu, gak usah takut salah. Mending keliatan bodo sekarang daripada besok di masa depan” kurang lebih kaya gitu lah kata-katanya. Gue setuju banget sih. Lebih baik gue keliatan bodo, goblok, bego, dan malu-maluin sekarang daripada gue gak bisa berkembang sampe besok. Oiya, ngomongin soal ini, jadi inget lagunya Coboy Junior (CJR) yang judulnya “Terhebat”. Trasty kecil pasti seneng CJR ya cuman ngikut aja karna lagi nge-trend saat itu. Tapi ketika gue denger lagi lagu mereka pas udah gede, gue baru sadar lagu mereka yang ini liriknya bagus banget. Terutama yang bagian ini nih,

Tak perlu tunggu hebat

(Untuk berani memulai apa yang kau impikan)

Hanya perlu memulai (untuk menjadi hebat raih yang kau impikan)

Seperti singa yang menerjang semua rintangan tanpa rasa takut

Yakini bahwa kamu kamu kamu kamu terhebat

Tuh, kata mereka lo harus yakin kalo lo tuh hebat! Semisal tadi di atas gue bilang lo ditawari jadi pengurus inti di sebuah event, tapi lo merasa gak punya pengalaman di situ, gapapa coba dulu aja. Kaya yang dibilang CJR, tak perlu tunggu hebat. Karena inilah proses yang harus lo lewatin biar lo jadi yang terhebat. Hanya perlu memulai, katanya. Jadi ayo lawan rasa takut kita buat keluar zona nyaman. Fyi, gue nulis ini bukan berarti gue udah sepenuhnya berhasil buat keluar dari zona nyaman, ya. Gue sendiri masih berusaha. Semua tulisan ini sebenernya juga gue peruntukkan buat diri sendiri, hehe. Jadi, struggle bareng yuk!

--

--

Trasty Chris Masjira

Akun kedua untuk melanjutkan tantangan #31harimenulis, akun yang satunya kena limit