Me and My Serotonin Hormones

https://unsplash.com/photos/GxGqsoptNVE

Pernahkah kalian mengalami perubahan mood atau suasana hati yang tidak jelas, seperti tiba-tiba merasa sedih tanpa alasan, ingin marah dengan siapapun, atau hanya ingin sendirian dan tidak ingin diganggu oleh siapapun?

Suasana hati yang sedang tidak dalam kondisi yang baik, tentunya akan menghambat aktivitas kita, produktivitas dan cara kita berinteraksi dengan orang lain pun cenderung jadi lebih tidak menyenangkan.

Lalu sebenarnya apa yang mengakibatkan perubahan suasana hati yang ada di luar kendali kita, atau perubahan yang tidak didasari oleh kejadian apapun yang sedang kita jalani? Bagaimana cara mengatasinya agar kita kembali merasa lebih tenang dan lebih bahagia ketika suasana hati kita sedang dalam kondisi yang tidak baik?

Pertama, mari kita mempelajari salah satu hormone yang ada dalam tubuh kita, mungkin kalian akan bertanya-tanya apa hubungannya hormone dengan suasana hati, oleh sebab itu, kalian perlu membaca tulisan ini sampai akhir.

Dikutip dari beberapa sumber di internet, didalam tubuh kita terdapat salah satu hormone yang sering disebut sebagai hormone kebahagiaan, yaitu hormone Serotonin.

Secara kimia, serotonin adalah amina, berasal dari asam amino triptofan. Nama kimia dari serotonin adalah 5-hidroksitriptamin (5-HT). Sebuah bagian dari serotonin tubuh juga berasal dari sel-sel otak yang disebut neuron serotonergik, dan aktivitas fraksi ini yang dikaitkan dengan suasana hati, emosi, tidur, nafsu makan, kecemasan, kemarahan, rasa kenyang, keadaan pikiran dan perasaan, serta meningkatkan kemampuan menahan rasa sakit.
Serotonin mengurangi produksi hormone stres dan memperbaiki kerusakan yang telah diproduksi pikiran dan tubuh.

Jadi sekarang kita tahu bahwa suasana hati kita, erat kaitannya dengan kondisi hormone didalam tubuh kita, terutama hormone serotonin.


Ketika hormone serotonin tidak bekerja dengan maksimal atau jumlahnya sedikit, biasanya untuk diriku sendiri, aku akan mengalami kesedihan yang terkadang bisa meningkat dan membuat hatiku sesak, membuatku ingin sendirian di kamar dan menangis tanpa alasan untuk beberapa saat hingga akhirnya aku tertidur, terlambat waktu makan karena aku tidak merasakan lapar selama beberapa jam lebih dari yang seharusnya, dan terkadang ketika aku sedih secara tiba-tiba, pikiranku otomatis menjadi teringat tentang hal-hal atau kejadian di masa lalu yang menyakitkan, dan biasanya pikiran itu akan membuat kepalaku pusing dan asam lambungku naik. Selain itu, suasana hati yang kacau juga ikut mengacaukan aktivitasku, caraku berkomunikasi dengan orang lain, dan caraku memandang diriku sendiri.

Aku sangat menyadari, suasana hatiku yang tidak jelas ini biasanya muncul ketika aku sedang tidak melakukan aktivitas apapun, tidak ada kegiatan atau kesibukan yang sedang aku jalani, tidak ada komunikasi dengan siapapun, ketika aku terlalu lelah, atau ketika pramenstruasi.


Oleh sebab itu, aku punya cara sendiri untuk menenangkan hatiku, dan mungkin kalian juga bisa mencoba beberapa cara yang biasa aku lakukan.

Membuat infused water
https://id.pinterest.com/pin/408490628695807268/

Infused water ini adalah minuman yang terbuat dari air mineral yang diberi beberapa potongan buah. Masing-masing campuran buah memiliki manfaat yang berbeda.

Kalian bisa menerima manfaat dari konsumsi buah dan sayur, yaitu vitamin dan mineral didalam buah dan sayur yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kortisol atau hormone penyebab stres dalam tubuh, metobilsme tubuh pun akan semakin meningkat, sehingga kalian tidak akan mudah terserang penyakit.

· Stress relief atau penghilang stres

Strawberry + pineapple + basil

· Improve disgestion atau untuk memperbaiki pencernaan

Cucumber + lemonade + lime

· Digestion and headaches atau pencernaan dan sakit kepala, selain itu bisa sebagai fat-burning dan boost metabolism juga

Green tea + mint + lime

· Immune support, biasanya orang mengalami kesedihan berlarut-larut, kemarahan, atau hal-hal negatif lainnya akan cenderung lebih mudah terserang penyakit, jadi kalian bisa coba untuk minum ini

Orange + apple + ginger root

· Energize atau untuk memberi energi

Lemonade + raspberry + peach + watermelon

Cara membuatnya pun begitu mudah, kalian hanya perlu menyiapkan botol atau gelas yang sudah terisi oleh air mineral, lalu kalian hanya perlu memotong beberapa bahan diatas, kemudian memasukkannya kedalam air mineral, no sugar ya, jadi tidak perlu tambahan apapun. Setelah semuanya tercampur, kalian bisa menyimpannya di lemari pendingin selama beberapa saat, atau mungkin jika ingin langsung dikonsumsi juga tidak masalah. Untuk perbandingan air dan buahnya bebas, tergantung dengan selera kalian.

Mungkin untuk yang baru pertama mencobanya, rasanya akan sedikit aneh, tapi itu menyehatkan, dan jika sering dikonsumsi, kalian akan terbiasa dengan rasanya.

Juice cures
https://id.pinterest.com/pin/506725395556706719/

Untuk kalian yang kurang menyukai infused water dan lebih familiar dengan jus, kalian bisa mencoba beberapa resep di bawah ini.

· Deppression (depresi)

Carrot + apple + spinach + beet

· Headache (sakit kepala)

Apple + cucumber + kale + ginger + celery

· Stress (stres)

Banana + strawberry + pear

· Indigestion (gangguan pencernaan)

Pineapple + carrot + lemonade + mint

· Fatigue (kelelahan)

Carrot + beets + apple + lemonade + spinach

Chocolate and ice cream
https://id.pinterest.com/pin/26317979052954496/

Makan satu batang coklat atau minum ice cream, dapat meningkatkan serotonin, sehingga serotonin akan dipulihkan, karena coklat mengandung:

1. Tryptophan
Asam amino ini digunakan oleh otak untuk memproduksi serotonin, neurotransmitter yang mampu menghasilkan perasaan bahagia seseorang. Namun yang disayangkan, tryptophan dalam cokelat hanya ditemukan dalam jumlah kecil.

2. Phenylethylalanine
Zat kimia lain yang ditemukan dalam cokelat adalah phenylethylalanine.

Senyawa kimia ini merupakan senyawa yang sama dengan yang dipoduksi otak saat jatuh cinta. Zat ini bertindak dengan memproduksi zat endorfin, molekul “perasaan baik” alami yang berasal dari otak.

Phenylethylalanine terkadang disebut “obat cinta” karena mampu membangkitkan perasaan yang mirip ketika seseorang jatuh cinta.

3. Gula
Untuk mengurangi pahit, kebanyakan cokelat dicampur dengan gula atau sukrosa.

Ketika kita menyantap makanan bergula yang manis, sensor perasa manusia akan mengirimkan sinyal kimia ke dalam otak. Ini tak hanya mengirim pesan ke otak untuk semakin banyak makan makanan manis, tapi juga melepaskan senyawa kimia yang berasosiasi dengan kesenangan dan hadiah, termasuk dopamin.
“Jadi kita menyantap cokelat dan merasakan sebuah kesenangan tersendiri. Dan hasilnya kita akan ‘mengidam’ cokelat,” kata Adam Drenowski dari University of Michigan.

4. Theobromine
Sebuah stimulan yang bekerja bersama kafein untuk membentuk perasaan bahagia seseorang. Para ilmuwan di Neurosciences Institute, San Diego mengungkapkan bahwa cokelat mengandung zat yang memiliki efek seperti seseorang mengkonsumsi kanabis atau ganja.
5. Kafein
Selama ini kafein dikenal mampu menghambat kerja adenosine di otak dan menunda rasa kantuk. Selain itu meningkatkan denyut jantung, dan kontraksi otot. Efek tersebut tidak bisa disamakan ketika Anda mengkonsumsi kopi karena kandungan kafein dalam cokelat yang rendah.

6. Serotonin
Serotonin merupakan neurotransmitter alami yang banyak mengontrol fungsi otak, termasuk suasana hati dan perilaku seseorang. Selain itu juga berguna untuk mencegah depresi.

7. Anandamine
Molekul lain dalam cokelat yang ditemukan sejak puluhan tahun lalu. Fungsinya mengikat reseptor di otak yang dikenal sebagai reseptor cannabinoid. Reseptor ini awalnya ditemukan dalam molekul psikoaktif seperti ganja, dan 9-THC. Demikian juga molekul anandamide dalam coklat ini berfungsi mempengaruhi suasana hati.
8. Flavonoid
Flavonoid adalah kandungan antioksidan dalam cokelat untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, seperti melindungi pembuluh darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan menangkal tekanan darah tinggi. Selain itu juga mampu untuk mencegah kanker.

9. Melepaskan hormone endorfin
Makan cokelat mampu melepaskan hormone endorfin ke otak. Seperti diketahui bahwa endorfin dapat menurunkan tingkat stres dan rasa sakit. (bel/chs) — CNNIndonesia
Menenangkan diri

Yaitu dengan cara, mencari udara segara di luar ruangan, duduk dan bersantai tanpa memikirkan apapun sambil mendengarkan lagu yang bisa meningkatkan semangat, atau jika kalian hanya ingin berada didalam kamar atau didalam rumah, kalian bisa membuka pintu dan jendela agar sirkulasi udara bisa masuk, atau setidaknya biarkan cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan kalian.

Olahraga

Lakukan beberapa gerakan-gerakan kecil atau stretching ketika bangun tidur, lakukanlah beberapa menit secara rutin setiap hari, karena dengan berolahraga akan membuat badan kalian lebih santai, peredaran darah ke otak lancar, mengatasi stres, mengembalikan suasana hati, membuat tidur lebih nyenyak, dan tentunya badan akan kembali lebih segar dan sehat.

Mungkin apa yang berlaku untukku, tidak terlalu berpengaruh untuk kalian, tapi semoga bisa sedikit membantu, selamat mencoba.