Google Kini Menyediakan ‘Wisata Antariksa’

Foto: archpaper.com

Wisata antariksa? Bagaimana caranya? Caranya adalah melalui Google Street View. Melalui layanan Google Street View kini kita melihat permukaan ruangan di Stasiun Luar angkasa Internasional atau ISS.

Google bekerjasama dengan Badan Antariksa Amerika atau NASA untuk bisa menyediakan layanan ini ke pengguna di internet.

Ternyata, pemetaan street view di ISS tidak bisa menggunakan metode yang sama dengan yang digunakan di bumi, dikarenakan ISS bebas dari gravitasi. Jadi, tim dari Google Street View ini bekerja sama dengan NASA di Johnson Space Center di Houston, Texas dan Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama untuk merancang metode bebas gravitasi dalam pengambilan gambar menggunakan kamera DSLR dan peralatan yang ada di ISS.

Astronaut Thomas Pesquet merukapan astronaut European Space Agency atau ESA telah diberi misi untuk mengabadikan setiap gambar di ISS selama enam bulan ,dan sudah kembali ke bumi sejak juni 2017.

“Ketika bekerja sama dengan Google untuk misi terbaru ini, kami memotret gambar street view untuk menunjukkan seperti apa bentuk ISS dari dalam, dan berbagi tentang bagaimana rasanya memandang bumi dari luar angkasa,” ungkap Pesquet dalam siaran pers Google.

Pesquet juga berharap dengan adanya ISS di street view ini dapat mengubah pandangan kita tentang dunia.

Source: cnn.com

Like what you read? Give Jeremia Putra A a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.