Be present and let’s read!

3 Cara Untuk Menumbuhkan Minat Membaca

“Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” -Mohammad Hatta

Kebebasan yang dirasakan saat membaca, membuat Bung Hatta tidak merasa khawatir saat berada di penjara. Melalui buku, dunia kita tidak akan terasa sempit. Karena seperti ungkapan yang sangat sering diungkapkan, “Buku adalah Jendela Dunia“, membaca akan membuka dunia baru bagi kita.

Dengan membaca, berbagai ilmu bermanfaat yang kita miliki akan terus bertambah. Pada akhirnya, kita tidak ragu untuk mencapai cita-cita yang lebih tinggi, berbekal ilmu tersebut. Namun, sepertinya banyak yang belum paham dan merasakan manfaat besar dari membaca. Yuk, kita cari tahu cara untuk menumbuhkan minat membaca, let’s check this out!

“Think before you speak. Read before you think.” –Fran Lebowitz

Yakinkan diri bahwa buku adalah ‘makanan lezat yang penuh gizi’. Dengan begitu, kamu akan dengan ‘lahap’ menghabiskannya. Tidak perlu ragu untuk membiasakan diri menjadi seorang yang doyan membaca. Dengan membaca, rasa ingin tahu kita akan semakin terasah, sehingga minat untuk mencari ilmu akan semakin meingkat.

“A journey of a thousand miles must begin with a single step.” –Lao Tzu

Agar membaca semakin menyenangkan, mulailah dari yang kamu sukai. Misalnya, kamu hobi untuk mengetahui kabar terbaru dan paling update, mulailah untuk membaca koran ataupun majalah. Selanjutnya, akan semakin bertahap dengan membaca buku-buku keluaran terbaru, bahkan mungkin sampai tertarik untuk membaca ensiklopedia.

Selain itu, minat membaca pun dapat ditumbuhkan dengan mengetahui tujuan akhir dari kegiatan ini. Bisa jadi satu-satunya cara untuk lulus ujian adalah membaca text book dengan baik dan teliti. Oleh karena itu, kamu akan mengharuskan dirimu untuk membaca. Atau mungkin, dengan membaca kamu akan mengetahui destinasi favorit saat berkunjung ke suatu negara. Maka, kamu akan membaca dengan penuh semangat dan mungkin, penuh perasaan.

“A room without without books is like a body without soul.“ –Marcus Tullius Cicero

Manfaatkan segala sarana yang ada untuk membantumu menumbuhkan rasa cinta pada membaca. Dengan begitu, kamu akan terasa mudah untuk memulai dan menjalani, sehingga akan sulit untuk melepaskannya. Buatlah perasaan serta suasana senyaman mungkin saat dirimu sedang membaca. Keadaan yang nyaman akan membuat fokus dan rasa cintamu kepada membaca akan tumbuh sedikit demi sedikit.


Menumbuhkan minat membaca bukanlah suatu teori, melainkan bagian dari keseharian hidup yang secara tidak langsung bahkan tidak sadar telah dilakukan. Kenali dirimu sendiri, kenali kebutuhanmu, kenali minat baca yang ada dalam dirimu, sehingga dia akan muncul perlahan namun pasti.

Ketenangan dalam proses menumbuhkan minat membaca bisa jadi dapat kamu rasakan saat hadir dan sadar di saat ini. Untuk membantumu, Adjie Silarus memiliki beberapa tips juga cara untuk kamu mulai menyadari momen yang ada sekarang. Selain itu, Adjie Silarus pun memiliki banyak karya berupa buku ataupun e-book yang bisa kamu baca di sini. Wah, sekali proses menumbuhkan minat membaca, ternyata bisa seiring dengan belajar menyadari momen untuk hadir dan sadar di saat ini. So, what are you waiting for? Be present and let’s read!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.