Have you had your coffee today?

7 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Rutinitas yang padat membuat kita sering untuk “melarikan diri”. Dengan berbagai hal sederhana yang menyegarkan pun, kita sudah cukup merasa nyaman. Bahkan, segelas kopi hangat pun dapat memberikan ketenangan yang luar biasa. Kafein yang terkandung dalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi, cokelat, maupun obat-obatan.

Kafein membantu untuk bisa berpikir lebih cepat

Kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.

Kafein mencegah gigi berlubang

Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.

Kafein mengurangi derita sakit kepala

Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic, penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepalamu dengan minuman berkafein.

Kafein bisa melegakan asma

Kafein akan melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.

Coffee for your life!

Kafein menjaga kebugaran tubuh

Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, agar dapat melakukan aktifitas fisik lebih lama. Hal tersebut mungkin saja terjadi, karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama. Selain itu, kafein juga bisa meningkatkan rasa riang, membuat merasa lebih segar, dan penuh semangat.

Kafein dapat meningkatkan kemampuan mental dan memori

Kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, memperbaiki mood, dan meningkatkan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona menemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum tes memori menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Kafein dapat menangkal radikal bebas

Selain dapat menangkal radikal bebas, kafein pun dapat menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.


Ternyata, selain menenangkan hati, kopi pun membawa manfaat yang sangat banyak. Namun, tetap konsumsi kopi secara wajar dan tidak berlebihan. Apapun yang berlebihan tetap saja tidak akan membawa manfaat.

Persediaan kopi masih aman? Kalau sudah hampir habis, pilih aja di sini. Mau Arabica, Robusta, atau Excelsa? Semua ada! Bahkan, ada kopi dengan aroma nangka juga, lho. Penasaran mau coba, kan? Let’s enjoy the coffee!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.