Are you ready?

Percaya Diri Untuk Memulai Usaha

Menjadi sukses di usia muda sebenarnya bukan hal yang mustahil. Dengan bekerja cerdas dan tekun, seorang wirausaha muda akan mencapai kesuksesan lebih cepat dibanding yang lainnya. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau akan mengalami bangkrut atau kegagalan. Semua itu adalah bagian dari proses.

Menjadi seorang wirausaha muda mungkin adalah passion dari banyak anak muda. Merasa belum waktunya, karena masih mengumpulkan modal ataupun sudah memiliki modal, tetapi belum ada keberanian. Segala ketakutan tersebut adalah hal yang wajar.

Oleh karena itu, Jualio akan mencoba membantu untuk meminimalisasi segala ketakutan itu dan membuat lebih percaya diri sebagai seorang wirausaha muda. Ayo, segera dicatat dan jangan ragu untuk dipraktekkan!

Do Your Passion

Sebagai seorang wirausaha muda, sangat baik untuk memulai usaha dalam hal yang disukai bukan hanya hal yang mendatangkan keuntungan besar. Jika melakukan hal yang disukai atau sesuai dengan passion, maka segala halangan yang menghadang pun akan dihadapi dan segalanya terasa lebih mudah. Usaha pun dijalani dengan rasa enjoy dan keuntungan dapat datang pada akhirnya.

Bermimpilah!

Bermimpilah sebesar-besarnya dan setinggi-tingginya akan usaha yang ingin dimiliki. Jangan takut untuk gagal, memulai saja belum, kan? Bayangkan setiap proses yang akan dijalani dan betapa menyenangkannya proses tersebut karena melakukan hal yang disukai. Bayangkan pula rasa sukses yang nantinya akan diraih.

Tulis Rencana Usaha

Ada kata bijak yang menyebutkan bahwa, “Setajam-tajamnya otak, lebih tajam pensil yang tumpul.“ Maksudnya, ide apapun yang berkelebat di otak, sebaiknya segera ditulis sebelum mereka pergi entah kemana. Mulai dari ide dasar lalu dikembangkan menjadi spesifikasi produk, hingga perkiraan modal awal.

Write your plan!

Perjelas tujuan dari usaha yang akan dibangun. Jangan sampai karena berasal dari mimpi, sehingga membuat kita malah lalai untuk memperhatikan hal penting dalam dunia usaha. Buat bagan SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat) dalam rencana usaha.

Meskipun Shakespare berkata, “Apalah arti sebuah nama“, sesungguhnya nama usaha itu penting dan berarti. Nama usaha yang diberikan adalah awal dari brand. Meski sederhana, pemberian nama yang unik dapat mendatangkan banyak perhatian dari masyarakat (brand awareness), terutama target konsumen.

Cari Partner

Kalau memang tidak sanggup untuk memulai usaha sendiri, carilah partner yang memiliki visi sama dan ajaklah dia untuk memulai usaha bersama. Memang sulit rasanya untuk menemukan partner yang tepat, tetapi jangan jadikan hal tersebut alasan untuk putus asa dan tidak jadi memulai usaha.

Buat Rekening Khusus Untuk Usaha

Jangan mencampurkan rekening pribadi dengan rekening usaha. Bukalah rekening baru untuk mempermudah arus keuangan yang dimiliki oleh usaha. Catatan keuangan yang rapih dapat memudahkan untuk menentukan tingkat keuntungan dan memutuskan rencana yang harus diambil ke depan.

Promosi

Jangan ragu ataupun malu untuk promosi. Mulailah dari lingkup terdekat terlebih dahulu seperti keluarga, saudara, tetangga, teman dekat, hingga nantinya target konsumen. Di era teknologi saat ini, maksimalkan segala daya yang ada. Promosi melalu internet termasuk telah media sosial terbukti sebagai promosi yang paling efektif juga efisien.

Selain itu, transaksi di media sosial pun dapat dioptimalkan dengan memanfaatkan layanan transaksi online dari Jualio. Jadi, update di media sosial bukan sekedar status, promosi, atau memenuhi timeline. Tetapi, dapat langsung berupa transaksi online yang menghasilkan sales. Asik, kan? Tentu! Lihat saja contohnya di sini, yaa.

Manjakan Konsumen

Sebagai seorang wirausaha pemula, adanya konsumen adalah awal yang sangat menjanjikan. Oleh karena itu, usahakan semaksimal mungkin untuk dapat memuaskan konsumen, jangan sampai mengecewakan. Pelayanan dan produk yang optimal dapat memberikan pengaruh positif bagi usaha ke depan. Konsumen dapat memberikan informasi kepuasan mereka akan pelayanan dan produk usaha ke calon konsumen lainnya.

Wah, kamu kalah?

Menurut Jay Teroris, kehidupan sebagai wirausaha muda itu seperti posisi lift yang terus-terusan naik turun. Hal yang terpenting adalah jangan tinggalkan ketika lift sedang di bawah. Selain itu, menjadi wirausaha muda juga gampang. Setidaknya, lebih gampang dari yang kamu duga. Syarat awalnya hanya satu, kemauan.

Apa memang cukup hanya dengan kemauan? Tentu. Jika kemauan sudah cukup kuat, kamu pasti bisa sosok yang kamu inginkan. Kemauan yang kuat ini harus diiringi dengan tindakan yang tepat. Layaknya air yang selalu menemukan jalan untuk sampai ke muara. Segala halangan yang dihadapi akan mampu dilewati dengan langkah yang penuh niat.

Sedemikian mudahkah? Ya! Menjadi wirausaha muda memang benar-benar mudah. Sedemikian mudahnya hingga Jay Teroris memberi perumpamaan bahwa ‘Monyet Aja Bisa Cari Duit’. Ingin baca penjelasan lengkap dari Jay Teroris? Dapatkan saja bukunya dengan mudah di sini, yaa.

Apapun yang dilakukan, apapun jenis usaha, tidak akan terlihat hasilnya bila tidak dimulai. Jadi, sukseskan segala rencana usaha dan jadilah seorang wirausaha muda yang sukses karena melakukan yang disukai. Good Luck!