cara mempercepat load page hingga 1 detik!

user atau visitor tidak ingin menunggu lama dalam hal load page halaman. paling lama load page 3 detik. berbagai cara di lakukan web developer untk mempercepat load page sehingga user nyaman ketika berpindah-pindah halaman ataupun membuka halaman web kita.

caranya adalah :

  1. Gunakan Cache di css dan js, memang agak berat untuk pertama kali tapi jika sudah tercache maka loadnya akan cepat. karena jika sudah tercache, tidak perlu di panggil lagi ke server, karena css dan jsnya sudah tercache.
  2. Gunakan minified baik css , js , dan HTML, pernah melihat file css dengan nama .min.css apa bedanya dengan .css?. perbedaannya adalah jika css size filenya besar tapi jika di minified file sizenya kecil. karena penulisan .min.css tidak menggunakan spasi dan enter, nah css dan js yang kecil bakal cepet di load. nah bagaimana dengan html di minified? sama penulisanya tanpa spasi dan tanpa enter bedanya gak ada min nya .
  3. async rendering, ini metode async rendering dimana css dan js akan di load bebarengan atau async. perbedaannya dengan sync kalau sync menunggu dahulu css sampai selesai baru di load lagi file css berikutnya. ini bisa mempercepat load page web anda.
  4. Resize file image, video. jika anda menggunakan gambar di web anda pastikan resolusinya di perkecil ukurannya agar size file gambar lebih kecil. contoh file besar JPG, dan PNG. sekarang kebanyakan menggunakan SVG untuk web karena sizenya lebih kecil, dan SVG jika di perbesar dia tidak pecah, dan gambar yang di hasilkan menjadi lebih responsive.
  5. Aktifkan compression di web server anda. biar makin wuzzz

Penasaran? di coba ya. semoga artikel ini bermanfaat terimakasih