432 Followers
·
Follow

Apa yang Harus Disiapin Kalau Mau Jadi Software Engineer?

Saya mau jadi Software Engineer. Dari dulu mau banget. Walaupun sekarang haluan saya sudah tidak 100% kesana. Mau banget karena ingin banget merasakan gimana jadi seorang coder

Selain itu penting banget menurut saya bagi para Sistem Informasi untuk tetap mengetahui teknis agar nantinya gak dibohongin anak buah ataupun malah menyiksa anak buah. Ternyata gak semudah itu jadi Software Engineer, harusnya..

Sebetulnya mudah sih tapi kalo baru pertama kali inteview dan gak tau apa-apa itu jadi susah. Itu yang terjadi pada saya. Pertama kali interview as intern SE.. Fail.. Burn..

Well sepertinya karena memang kuliah saya biasa-biasa sih jadi gak terlalu ingat lagi tuh konsep-konsep Database dan Struktur Data yang teknis. Oke jadi sebetulnya ada beberapa hal utama yang perlu kalian cover untuk mempersiapkan interview nya begitu juga kerjaannya kalo ingin jadi Software Engineer. Berdasarkan pengalaman interview saya, menurut saya berikut adalah beberapa diantaranya:

1

Harus bisa ngoding dan sudah pernah ngoding sesuatu *you don’t say. Hampir semua perusahaan menguji calon Software Engineer menggunakan kodingan. Walaupun seseorang ngakunya bisa ngoding tapi harus dibuktiin dong ditempat. Beberapa juga menguji kemampuan koding pelamarnya secara remote seperti Tokopedia ada online test dahulu sebelum bisa interview.

2

Pelajari basic database, baik query maupun design. Lebih ditekankan ke query dan cara kerja. Salah satu contohnya adalah pelamar diberikan beberapa tabel lalu dari tabel tersebut biasanya kita akan disuruh untuk extract informasi sesuai dengan soal yang diberikan dengan query SQL. Selain itu pahami cara kerja database termasuk konsep dan behaviournya. Contohnya macam View, Index, Foreign Key, Temporary Table, dll

3

Pelajari Data Structure. Jenis-jenis data structure, pengelompokannya, cara kerja setiap data structure, operasi-operasi dasar seperti push, pop, delete, insert data, dan juga algoritma-algoritma yang diimplementasikan pada method-method Struktur data tersebut. Contohnya misalkan beberapa struktur data punya method find tapi setiap struktur data algoritma find nya saling berbeda which is menyebabkan peforma nya juga berbeda. Kadang kala kita juga suruh bandingin performanya.

4

Pelajari Big-O Notation. Hal ini penting banget buat dikuasai seorang SE. Seorang SE dituntut untuk membuat suatu kode seefisien dan seefektif mungkin saat dijalankan. Termasuk pemakaian memory, waktu eksekusi, dll. Penting banget diketahui karena dari Big-O notation ini kita bisa bandingin mana algoritma yang paling sesuai untuk diimplementasikan melalui kompleksitasnya. Misalkan O(log n) pasti akan selalu lebih cepat dari O(n) *ya jelas lah dari situ kita bisa ambil kesimpulan bahwa algo B akan lebih cepat jika dieksekusi. Jangan lupa juga pelajari gimana cara ngitung Big-O notation dari kodingan. Biasanya nanti kita disuruh ngoding sesuatu lalu disuruh tentuin kompleksitasnya. Dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan Big-O Notation.

5

Pelajari konsep-konsep algoritma dan algoritma-algoritma populer. Algo populer adalah maksudnya algo-algo sorting, searching, dll. Konsep-konsepnya seperti rekursif, asynchronous, pointer, dll. Untuk algo-algo macam sorting biasanya nanti juga ditanya soal implementasinya. Either disuruh ngoding atau jelasin aja konsepnya. Kadang juga ditanya analisis kompleksitasnya dan perbandingannya dengan algo lainnya yang sejenis.

6

Pelajari konsep OOP (Object Oriented Programming). Super penting! Konsep-konsep seperti inheritance, polymorphism, dll. Intinya pelajari ulang materi OOP.

7

Pelajari bagaimana caranya ngomong ke stranger tanpa grogi. Mungkin bisa dicoba dulu untuk inteview di depan dosen, di depan asdos, atau di depan yang sudah berpengalaman. Walaupun alhamdulillah saya gak ada masalah disini *yang poin lainnya bermasalah 😛 tapi saya rasa sebagaian orang belum terbiasa. Jadi bisa dilatih dulu sebelum interview.

Menurut saya beberapa poin diatas merupakan poin-poin utama. Sisanya harusnya kalian bisa figure out sendiri lah ya. Buat yang mau interview jangan lupa dipersiapkan segala hal nya yah dan jangan lupa berusaha dan berdoa 🙂

UPDATE: Terima kasih untuk teman-teman yang sudah membaca. Story ini merupakan story pertama saya di Medium dan sangat tidak disangka ternyata memiliki pembaca dan clap terbanyak sampai saat ini diantara story saya yang lainnya. Terima kasih semua. Semoga story ini dapat memberikan inspirasi ^^.

Belum lama ini saya menerbitkan story yang melanjutkan tips-tips saya pada artikel ini. Teman-teman bisa cek disini jika berkenan. https://medium.com/@jundialwan/apa-lagi-yang-harus-disiapin-kalau-mau-jadi-software-engineer-8a027b05dfb5

Written by

A Polymath. Learn everyday, everywhere. Currently working with amazing team at Bahasa.ai.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store