Kemudahan hidup dengan internet terbaik dan berkualitas.

JustRadr
4 min readMay 14, 2023

--

Kalian ingat tidak sih? Masa-masa pandemi Covid-19? Waktu di mana untuk beberapa orang Kerja dari rumah (WFH) Belajar dari rumah (SFH) dan tidak boleh keluar lagi. Itu waktu-waktu sangat susah karena banyak orang terhalang oleh ruang dan waktu karena Social distancing. Semoga aja kita tidak kembali ke masa-masa itu.

Tetapi yang membantu saya melalui kesulitan tersebut salah satunya adalah Internet di rumah saya yang bisa diandalkan.

Di rumah, saya menggunakan MyRepublic yang saking kencengnya bisa ngezoom sambil main game. Saya juga mulai belajar menulis blog sejak pandemi, dan ini pertama kalinya Saya mengikuti lomba menulis (semoga menang, doain dong). Ok, intro selesai, ayo kita bahas tentang internet.

Internet sendiri itu emang apa sih?

Internet adalah sebuah jaringan (Coba bayangkan jaring laba-laba) yang berhubungan dengan jaringan-jaringan lain. Jaringan ini bisa menyambung ke semua aplikasi seperti Youtube, Zoom, Google dan seterusnya. Internet pertama kali dibuat oleh Advanced Research Projects Agency atau ARPA pada tahun 1969. Pada waktu itu, internet disebut ARPANET yang berupa sebuah jaringan komputer. Istilah ini akhirnya menjadi internet yang kita kenali sekarang. Dan akhirnya, akses internet yang dulunya terbatas hanya di kalangan pemerintahan dan akademisi, sekarang dapat diakses oleh umum. Dan disediakan oleh penyedia jasa layanan internet, atau kerap disebut ISP (Internet Service Provider).

MyRepublic

Saya sangat beruntung karena di area tempat saya tinggal ada beberapa pilihan ISP. Dan orang tua saya sangat tepat memilih internet terbaik sebagai penyedia layanan internet di rumah saya. Banyak pilihan paket internet rumah yang dapat kita pilih, kalau saya pakai paket MYGAMER yang bisa mencapai kecepatan 250 mbps dengan harga Rp 749,000/bulan. Dan karena di rumah kami banyak console game, saya memakai tambahan IP Public Static yang bisa disewa perbulan untuk Rp 25,000 supaya saya bisa main game online. Harga tersebut di atas saya periksa di website resmi MyRepublic masih valid per Mei 2023.

Untuk bayar tagihan orang tua saya juga mengatakan bahwa bayar internet mudah membuat kita dapat fokus pada pekerjaan kita. Tidak seperti sebelumnya yang harus dilakukan secara manual. Apalagi kini MyRepublic sudah terhubung ke jaringan prima, yang terhubung ke semua jaringan bank besar dan mayoritas ATM di Indonesia.

Di bulan pun ada jaringan prima, generated by Midjourney, prompted by me

Cerita Pandemi

Pada waktu pandemi, saya di rumah dapat tetap produktif karena dukungan infrastruktur yang memadai, tetapi karena di rumah melihat layar terus jadinya saya menambah minus kacamata ;-;

Agar tetap sehat, saya berolah raga sendiri dengan berlari di Treadmill (sambil mendengarkan musik streaming dari Spotify dengan internet tidak patah-patah dari provider wifi bikin makin semangat) dan Mama saya juga membuatkan jus buah dan sayur setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Dimasa Pandemi saya juga melakukan kegiatan Pilar Distance Learning, Yaitu versi School from homenya Sekolah Pilar Indonesia, tempat saya menimba ilmu.

Di masa pandemi, segala kegiatan dilakukan secara online. Dari acara silaturahmi keluarga (misalnya perayaan ulang tahun), belanja kebutuhan sehari-hari, hingga bermain bersama teman juga dilakukan secara online. Pokoknya hampir semuanya kita lakukan online, digital, dan pakai internet. Selama pandemi saya juga membuat teman baru online dan mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Dengan internet yang stabil saya juga bisa aktif dalam berbagai kegiatan diantaranya seperti :

  1. Kelas daur ulang untuk bikin sabun organik
  2. Belajar matematika (Youtube Pak Ramlan, guru saya)
  3. Les pemrograman (brightschamp, kodingnext)
  4. Gaming club (sog)
  5. Membuat podcast untuk tugas sekolah, kami merekam tugas ini dari rumah masing-masing (Youtube)

Dan masih banyak lagi contoh lainnya. Karena saya tetap bisa belajar dari rumah, tidak perlu pergi jauh (thanks internet!), jadinya saya dapat memaksimalkan waktu dan menghasilkan banyak hal. Ketrampilan saya menjadi meningkat. Dan saya sekarang bisa membuat game di Roblox, membuat sabun dari minyak jelantah, dan mengikuti olimpiade matematika. Dengan koneksi internet yang stabil, saya jadi bisa tenang mengerjakan soal-soal olimpiade matematika.

Sekarang…

Sejak saya lahir, saya sudah mengenal internet. Saya pakai internet bukan hanya untuk hiburan atau main game saja tetapi untuk berkarya dan bereksplorasi.

Jadi internet itu bukan sekedar main game saja tapi ada dunia yang lebih luas dari itu, dan dengan MyRepublic kita bisa terbang keluar angkasa dan merasakan keindahan internet cepat.

Untuk memvisualisasikan hal ini, saya menggunakan bantuan AI (Artificial Intelligence / kecerdasan buatan), dengan MidJourney, saya membuat ulang logo roket My Republic agar menjadi lebih futuristik.

My Republic Purple Rocket re-imagined, generated by MidJourney prompted by me!

Bagaimana dengan kalian semua ? Jika internet cepat, rasanya hidup makin mudah bukan. Mau belajar juga lancar. Sudah belajar apa di internet ? tulis di comment ya, dan jangan lupa dukung saya semoga menang lombanya :D

-JustRadr

#PaketInternetRumah , #InternetTerbaik , #UntungPakeMyRep , #MudahPakaiPRIMA , #JaringanPRIMA , #MyRepublicXJaringanPRIMA

--

--