Begini Isi Surat Barack Obama ke Donald Trump

Donald Trump : “Surat Ini Sangatlah Indah”

Berita Hot Hari Ini — Sebelum Barack Obama meninggalkan Gedung Putih dan digantikan oleh Donald Trump, dirinya terlihat melipat secarik kertas yang berisikan tulisan tangannya sendiri dan kemudian memasukannya ke dalam sebuah amplop dengan tulisan, kepada “Bapak Presiden.”

Sudah jelas tujuan dari surat tersebut adalah kepada Presiden terpilih, Donald Trump.

“Surat tersebut dimaksudkan untuk membagikan pengalaman, pelajaran, dan juga sedikit nasihat yang mungkin akan membantu penerus kamu untuk menjalankan tanggung jawab besar seiring dengan jabatan tertinggi di Negara kita dan juga kepemimpinan di dunia yang bebas,” ujar Obama ketika ditanyakan tentang tradisi surat menyurat.

Belakangan ini, ternyata surat pribadi Obama untuk Trump terungkap. Lewat suratnya tersebut, Obama menekankan beberapa hal. Berikut ini adalah isi dari surat Obama untuk Trump :

“Pertama, kita berdua sama — sama diberkati, lewat jalan yang berbeda, dengan keberuntungan yang luar biasa. Tidak setiap orang beruntung. Semuanya terserah kita untuk melakukan segala yang kita bisa untuk membangun lebih banyak lagi tanggal kesuksesan bagi setiap anak dan keluarga yang sudah bersedia bekerja keras,”

“Kedua, kepemimpinan Amerika di dunia sungguh diperlukan. Terserah pada kita, melalui tindahan dan juga contoh, untuk mempertahankan tatanan internasional yang terus berkembang sejak akhir Perang Dingin dimana kesejahteraan dan keamanan kita bergantung.”

“Ketiga, kita hanya penghuni sementara kantor ini. Yang membuat kita menjadi seorang pengawal institusi demokrasi dan juga tradisi. Seperti aturan hukum, pemisahan kekuasaan, perlindungan yang setara dan kebebasan sipil yang telah diperjuangkan oleh para leluhur kita.”

Berita Umum — Dan sebagai catatan terakhir, Obama juga mengingatkan kepada Trump untuk meluangkan waktu bagi teman dan keluarganya. “Mereka akan membantu Anda untuk melewati jalan kasar yang tidak terelakan.”

Di Amerika Serikat, memang sudah menjadi tradisi bagi setiap Presiden untuk meninggalkan sepucuk surat bagi penerusnya. Namun biasanya, surat ini tidak akan dengan cepat terungkat, seperti misalnya surat dari George W. Bush dan juga Bill Clinton yang baru — baru ini terungkap.

Bagaimanapun, Trump sangat memuji isi surat dari Obama. Terbukti dari wawancaranya dengan ABC News, dimana dirinya menyebutnya sebagai “Surat yang indah.”

Gedung Putih dan juga pihak Obama tidak ingin berkomentar tentang bocornya isi surat ini.


Originally published at www.kabartrending.com.