Materi 3 Menyiapkan Menu untuk Play Player Audio Part 3

Karena kita akan membuat Play Audio pertama-tama kita siapkan dulu file Audionya. Buka project klik kana pada res > new > Android Resource Directory. Jika kurang jelas silahkan lihat gambar dibawah.

Lalu pilih RAW pada resource type. maka kita sudah punya folder raw dibagian res. silahkan isi 3 audio apa saja format *.mp3.

Mempersiapkan Menu untuk Player Audio

  1. Rubah Layout main_activity2.xml seperti dibawah ini.

Penjelasan :

Pada kode diatas kita menambahkan 2 jenis View yaitu TextView dan Button. Dimana 2 Button satu untuk Play dan satunya untuk Stop Audio. 
Sedangkan TextView untuk menampilkan JUDUL AUDIO yang sedang diputar.

Oh Ya untuk bagian XML tidak saya jelaskan rinci tentang center dan align karena pada artikel sebelumnya pernah kita bahas kegunaan masing-masing fungsi.

2. Rubah file MainActivity2.java seperti dibawah ini.

Sampai di sini saja sih sudah selesai…cuman belum kelihatan pengunaan dari putExtra dan setFlag pada Intent. Biar terlihat canggih…kita akan melakukan aksi yang antimainstream yaitu runing langsung lewat handphone tanpa perlu kabel data.

  1. Pastikan HP Android sudah ROOT , jika belum cara ini tidak akan mempan.
  2. Cari ADB WIFI di Playstore dan Install. Icon Aplikasinya berbentuk kumbang.
  3. Pastikan Laptop dan Handphone Android satu jaringan . Bisa satu wifi atau dari Handphone tetring ke Laptop.
  4. Aktifkan ADB WIFI seperti gambar dibawah ini.

5. Ketikan adb connect IP Address Yang tersedia. Caranya buka Android Studio tempat Project, klik dibawah menu bawah ada tulisan Terminal ketik disana. Kira-kira seperti gambar dibawah ini.

6. Klik RUN di Android Studio dan Pilih Handphone yang telah kita hubungkan. Untuk catatan pastikan Min SDK target pada project Android Studio mendukung versi dari OS di HP Android yang digunakan.

7. Hasil RUN Program langsung ke handphone Klik pada salah satu tombol untuk membuka menu activity 2. Silahkan Klik Play untuk mencoba. Dan ini Link untuk APKNYa.

DOWNLOAD NOW

https://app.box.com/s/r1k9al6xylbb1eab4dbhn5vpx8v91zxf

Untuk Pembahasan Lebih Mendalam Fungsi Intent dan Attribute akan disampaikan di PART 4. Dan untuk PR Admin karena kita telah mendapat APK. Berikutnya akan ada artikel tentang membuat Keystore dan APK dari Aplikasi.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Kalvian Sofian’s story.