Sebuah Awal

“Saya tidak suka membaca, tidak suka menulis dan tidak pernah tertarik sedikitpun menjadi seorang penulis”, Itulah pernyataan yang saya yakini sejak dulu.

Namun keyakinan itu mulai pudar seiring berjalannya waktu, saya mulai mengagumi susunan kalimat yang membentuk sebuah tulisan yang penuh makna, susunan kalimat yang seakan hidup dan bisa menggerakkan hati seorang manusia. Mengingatkan saya pada bab pembuka kitab Matan Al-Jurumiah yang saya pelajari saat menuntut ilmu di Pondok Pesantren beberapa tahun yang lalu..

Alkalamu hua allafdzu almurokkabu almufiidu” yang artinya “Kalimat adalah susunan kata kata yang memberikan faedah / manfaat”. Meskipun arti sebenarnya yang disampaikan pada kitab tersebut lebih spesifik kepada susunan bahasa arab.

Dari sini saya mulai tertarik membaca tulisan/artikel, termasuk tulisan yang tersusun rapi pada sebuah objek yang dinamakan buku, dan benar saja banyak pelajaran yang saya dapatkan dengan membaca, pelajaran yang belum tentu saya dapatkan selama perkuliahan, pelajaran yang saya yakini akan bermanfaat di kemudian hari.


Ya, saya seorang mahasiswa. Mahasiswa teknik tingkat akhir..

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, saya lebih sering memikirkan masa depan saya, bagaimana caranya mewujudkan mimpi - mimpi saya, membuat bangga orang tua, menjadi manusia yang lebih baik dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Apakah dengan bermalas masalan? menghabiskan waktu menonton film/anime dengan pembenaran terdapat motivasi di dalamnya?. pertanyaan — pertanyaan itu sering muncul di pikiran saya, dan tentu saya menjawab “Tidak”

Saya memutuskan bahwa saya harus berubah, saya harus membatasi kebiasaan tersebut, lebih serius, lebih konsisten, lebih fokus, lebih selektif dan memprioritaskan kegiatan yang benar — benar produktif.

Dan tentunya berubah itu tidak mudah (saya tau itu), sangat banyak halangan yang bahkan belum terbayang bagaimana cara mengatasinya. yang mungkin beberapa diantaranya bisa memadamkan api semangat yang saya rasakan saat ini. haha..

Sebagai seorang manusia.. saya sering membuat kesalahan, lupa dan kadang tidak bisa membedakan antara tujuan dan keperluan

Karena itu, Sebagai pengingat..

Saya memutuskan untuk menulis.. tulisan pertama saya, tulisan yang tidak enak dibaca ini..