7 Hal Penting Sebelum Memilih Rak TV

Tips Memilih Rak TV

Mau memilih rak TV yang mana? Barangkali itu yang ada di benak Anda saat baru pertama kali pindah ke rumah baru dan merancang tata letak perabotan di tiap ruangan. Hal ini tidak bisa selesai hanya dalam semalam, meskipun dengan bala bantuan yang cukup banyak. Merepotkan memang, namun harus dilakukan. Salah satu kegiatan yang terkait dalam mengatur isi rumah saat baru pindahan adalah memutuskan untuk membeli rak TV dan meletakkannya di ruangan yang tepat di dalam rumah Anda. Meski kesannya sepele, memilih rak TV yang tepat juga dapat memengaruhi keseluruhan desain dalam ruangan tersebut. Salah pilih saja dapat membuat keseluruhan desain ruangan menjadi terlihat kacau.

Jadi, apa kiat-kiat yang dapat kita perhatikan sebelum akhirnya memilih rak TV yang tepat? Mungkin lima (5) hal di bawah ini dapat menjadi jawaban Anda sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli:

  1. Perlukah?
    Tanyakan pertanyaan di atas, sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membeli rak TV. Selama TV Anda masih bisa diletakkan di atas meja atau lantai (ini terutama bagi mereka yang tinggal di rumah kos dengan perabotan seadanya), untuk apa membeli rak TV yang belum tentu berguna? Bila memang butuh, saatnya lanjut ke hal berikutnya di bawah ini.
  2. Ukuran TV
    Apakah TV Anda masih yang berbentuk tabung atau sudah yang berlayar datar (flat screen TV)? Berapakah diameternya? Besar atau kecil? Tidak masalah bila TV Anda termasuk kuno atau yang paling modern sekalipun. Bila sudah menjawab semua pertanyaan tersebut, barulah saatnya Anda fokus kepada hal berikutnya sebelum akhirnya mulai berburu dan memilih rak TV untuk dibeli.
  3. Ruangan dan ukurannya
    Kini Anda sudah memutuskan bahwa Anda memang membutuhkan rak TV. Anda sudah mengetahui ukuran TV Anda, namun belum selesai sampai di sini. Saatnya memutuskan: Mau diletakkan dimanakah TV Anda? Seberapa besarkah ukuran ruangannya? Jangan lupakan satu pertanyaan terakhir: Apakah rak TV tersebut tidak akan membuat ruangan bertambah sesak? Pastikan ruangan tersebut cukup luas untuk rak TV, misalnya di ruang tamu atau ruang keluarga.
  4. Cocokkah dengan perabotan sekitar?
    Coba perhatikan perabotan sekitar dalam ruangan itu, lalu bayangkan Anda ingin meletakkan rak TV di sana. Apakah akan cocok dengan perabotan sekitar? Silakan memutuskan. Mau Anda rancang ulang susunan perabotan di ruangan tersebut atau Anda mencari ruangan lain sebagai alternatif. Salah satu solusinya adalah membawa rancangan ruangan yang diinginkan (atau foto ruangan yang sudah jadi dan catatan ukuran tempat yang tersedia) saat memilih-milih rak TV.
  5. Sistem pemasangan kabel dan sinyal yang tidak menyusahkan gara-gara lokasi
    Untuk perkara yang satu ini, pastikan bahwa rak TV yang Anda pilih tidak akan menyusahkan saat sistem pemasangan kabel mau diurus (dengan ahlinya, tentu saja) dan sinyal tidak menyusahkan gara-gara lokasi pilihan untuk meletakkan TV. Karena itulah, pastikan bahwa TV diletakkan dekat jendela agar lebih mudah mengurus sistem pemasangan kabel. Selain itu, apakah rak TV yang Anda pilih termasuk yang built-in (menempel langsung di dinding) atau yang bisa dibongkar-pasang bila diperlukan? Setiap jenis rak tersebut memiliki tantangannya sendiri-sendiri, terutama saat mengatur kabel TV dan saat rak tersebut harus dibersihkan.
  6. Ingin sebesar apa rak TV Anda?
    Pertanyaan ini berlaku bagi Anda yang masih hobi mengoleksi DVD dan beragam perangkat elektronik yang mendukung sarana hiburan Anda di dalam rumah (DVD player hingga mesin karaoke sendiri, mungkin?). Pastikan cukup banyak rak tersedia untuk meletakkan benda-benda tersebut. Bila ingin menambah pernak-pernik pada rak TV agar tidak terkesan terlalu ‘kosong’, pastikan bahwa pernak-pernik tersebut (misalnya poster atau pot) tidak akan membuat Anda merasa ‘pusing’ saat melihat rak TV Anda. Jangan sampai acara nonton TV yang santai jadi terganggu hanya karena banyak ‘pengalih perhatian’ tambahan yang mejeng di raknya.
  7. Dana yang tersedia mencukupi
    Setelah serius mempertimbangkan hal-hal di atas, saatnya mengecek kondisi keuangan Anda. Adakah dana yang mencukupi untuk membeli rak TV? Jangan sampai Anda melakukannya hanya untuk sekadar menghias rumah agar lebih kelihatan bergaya, namun Anda malah jadi menderita karenanya.

Sudah siap memilih rak TV Anda? Selamat mencoba langkah-langkah di atas, ya.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Kania’s story.