Minesweeper Jadul vs Jaman Now

Ada yang tidak asing dengan permainan di atas?

Bagi anda pengguna (Microsoft) Windows, anda mungkin sangat mengenal permainan–permainan sederhana yang ada di dalamnya, sebut saja Solitaire, FreeCell, Hearts & Minesweeper. Apalagi anda yang lahir pada era 90-an, dimana dari kecil hingga sebesar ini hidupnya tidak jauh dari teknologi, termasuk saya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas salah satu permainan puzzle yang sangat amat saya gemari dari kecil sampai sekarang, yaitu Minesweeper dari versi jadul(windows 95) sampai Minesweeper jaman now.

“Minesweeper adalah permainan komputer untuk satu pemain. Seperti namanya, tujuan permainan ini adalah untuk membersihkan lahan permainan tanpa mengenai ranjau. Permainan ini dilakukan dengan cara membuka kotak pada grid, yang berbentuk persegi berukuran i x j (ukurannya ditentukan oleh tingkat kesulitan). Berikut adalah ukuran minefield berdasarkan tingkat kesulitannya :
Beginner : 10 ranjau , ukuran ubin 9 x 9.
Intermediate : 40 ranjau , ukuran ubin 16 x 16.
Advanced : 99 ranjau , ukuran ubin 16 x 30.
Custom : menentukan ranjau (range : 10–668), tinggi ubin (range : 9–24), menentukan lebar ubin (range : 9–30).”

Minesweeper-windows95

Inilah minesweeper pertama yang saya mainkan, minesweeper-windows95. Cukup dibuat bingung awalnya, dengan tampilan awalnya yang kotak-kotak, dengan grafik yang amat sederhana.

Minesweeper-windowsXP

Selanjutnya, minesweeper-windowsXP. Pada versi ini, grafiknya terlihat lebih hidup, mungkin karena angkanya sudah dibold dan minefieldnya lebih sedap dimata.

Minesweeper-windows7

Semakin berkembangnya teknologi, si minesweeper ini pun tampilannya lebih baik. Grafiknya semakin bagus, terlihat nyata dan sedap dipandang. Kotaknya terlihat 3 dimensi, dimana ada gradasi warna biru muda ke tua. Untuk bomnya sendiri sudah terlihat 3 dimensi juga, gambar benderanya juga bagus, tidak seperti minesweeper pada versi-versi sebelumnya.

Minesweeper-windows8

Berkembangnya windows, berkembang juga minesweepernya. Pada versi kali ini bisa dilihat perbedaannya cukup jauh dari minesweeper-windows7. Bukan terlihat hidup lagi, tapi minesweeper pada versi ini sudah bisa memilih tema yang kita inginkan. Saat itu, bermain minesweeper ini tidak terasa membosankan lagi meskipun aktivitas yang dilakukan hanya klik-klik saja karena bisa memilih tema sesuai yang saya inginkan.

Minesweeper-jaman now

Jaman now, minesweeper yang identik dengan komputer berbasis OS Windows mulai merambah perangkat mobile. Minesweeper kini sudah bisa dijalankan pada android. Tampilannya juga tidak sesederhana dulu yang hanya kotak, kini versi jaman now sudah dapat ditemukan minesweeper yang minefieldnya 3 dimensi, dari yang berbentuk kubus, hexagonal, hingga bola sehingga tingkat kesulitannya juga lebih menantang. Hal ini membuat game puzzle ini tidak ketinggalan fansnya, termasuk saya yang masih rajin main minesweeper-jaman now.

Like what you read? Give Kania Eka Safira a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.