Blue Krab, Just Grab It!

Deskripsi Produk

Blue Krab adalah produk makanan laut olahan yang bakunya adalah rajungan. Kami akan mengolah rajungan menjadi rajungan kaleng tanpa cangkang-cangkangnya. Misi dari perusahaan kami adalah ingin menjadi perusahaan terdepan dalam rajungan kaleng, serta memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menyukai makanan laut.

Produk yang kami jual adalah daging rajungan tanpa cangkangnya di kaleng.Dengan tingkat mobilitas yang tinggi di zaman sekarang, masyarakat akan membutuhkan segala sesuatunya lebih cepat. Oleh karena itu, kami menawarkan produk rajungan kaleng, yang mana dari segi harga akan lebih murah dibandingkan rajungan yang ditawarkan di restoran seafood dan lebih higienis dibandingkan seafood yang dijual di pinggir jalan

Segmen Pelanggan

Target pasar kami adalah orang-orang yang mencintai produk makanan laut, tetapi tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menyempatkan diri makan di restoean seafood. Dari segi pendapatan, target kami adalah orang orang yang mempunyai pendapatan menengah (Rp. 3.500.000) hingga menengah ke atas karena harga rajungan yang tidak begitu murah dan orang orang yang intensitas mobilitasnya tinggi sehingga membutuhkan makanan yang cepat saji.

Pemasaran

Kami akan memasarkan produk kami di supermarket-supermarket besar, seperti carrefour dan giant. Untuk mendapatkan pasarnya, kami akan mempromosikan Blue Krab dengan membuat iklan di youtube dan instagram. Agar pelanggan lebih mudah menjangkau produk kami, kami akan mendaftarkan produk kami di go-mart.

Analisa Keuangan

Modal bisnis yang kami butuhkan sebesar . Berdasarkan proyeksi keuangan yang kami hitung, proyek Blue Krab ini memiliki nilai Net Present Value Rp. 2.487.001.642, IRR 13 %, Profitability Index 1,7 , dan Break Event Poin 4,7 tahun sebesar. Dari nilai-nilai ini, proyek blue krab dianggap layak untuk dijalankan.

Analisa risiko

Dalam produk yang kami jual, terdapat risiko dalam penjualan, yaitu masyarakat Indonesia yang belum begitu familiar dengan produk rajungan olahan. Kami akan mengantisipasinya dengan memasarkan produk Blue Krab lebih gencar dan meyakinkan masyarakat jika produk Blue Krab lebih ekonomis dibandingkan rajungan di restoran seafood dan lebih higienis dibandingkan seafood yang dijual dipinggir jalan. Selain itu, kami juga akan membuat diferensiasi ukuran produk dan varian rasa seperti black pepper dan asam manis agar dapat dijangkau oleh semua masyarakat.

Jikalau hasil budidaya kami mengalami kegagalan, maka kami akan membeli rajungan di pasar dengan kualitas yang baik atau membeli daging rajungan di pabrik pengupasan rajungan

So, what are you waiting for?Let’s put your money to invest in Blue Krab!

PS: Gambar dan tulisan merupakan ilustrasi semata untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Proyek