(Tak Sengaja) Lupa Rencana Besar

Reading Bookworan Man Source: Pixabay.com

Kebanyakan orang sudah terjebak dalam rutinitas. Bangun — kerja-main-tidur-bangun lagi. Siklus yang bikin hidup menjadi monoton. Dan serius saja, ini yang membuat kita sering tengelam dalam aktifitas yang begitu begitu saja.

Saya jadi teringat sebuah kalimat sederhana,

“Apakah kita hanya akan hidup dan mati begitu saja?”

Sepertinya terlalu sayang kalau rejeki usia yang diberikan kepada kita koq jadinya hanya sebuah jalan yang dilintasi tanpa hati, tanpa tujuan.

Tak sengaja lupa rencana besar, adalah sebuah kesalahan umum. Kita melakukan aktifitas yang menurut kita menarik tetapi kita sebenarnya tidak tahu sedang menuju kemana diri kita ini.

Itulah bahayanya hidup tanpa rencana. Hidup mengalir, lalu habis pada waktunya.

Membuat rencana adalah sebuah aktifitas penting. Menemukan tujuan sebelum membuat rencana juga tidak kalah penting. Ini yang saya sebut dengan rencana besar.

Setelah saya menuliskan artikel belajar Vue JS, saya tersadarkan atas suatu hal yang harus saya beritahu kepada teman-teman. Yaitu sebuah tujuan. Saya belajar Vue JS, karena saya ingin berbagi pengetahuan buat teman-teman yang mungkin menyusul belajar. Saya ingin memberi kemudahan dalam belajar dengan sebuah pendekatan praktis. Saya ingin bisa memberikan manfaat.

Kita bisa belajar banyak hal di dunia ini. Pertanyaannya apakah yang kita pelajari semakin mendekatkan diri kita kepada tujuan yang sudah kita buat?

Nah, kan?

Selalu penting membuat rencana. Dan selalu penting untuk menemukan tujuan terlebih dahulu.