Kilang Balongan Diharapkan Terunggul di Asia Pasifik Tahun 2025

Pemerintah telah menetapkan bahwa pada tahun 2025 Kilang Pengolahan atau refinery unit (RU) VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat yang sekarang berkapasitas 125 ribu per barel ditargetkan menjadi kilang minyak yang paling unggul dalam sisi produksi.

Pejabat Sementara General Manager RU VI Balongan, Syawaludin Azwar mengatakan bahwa saat ini Kilang VI Balongan dalam hal produksi masih dibawah masih dibawah RU cilacap, RU balikpapan, serta RU dumai. Padahal potensi produksi dari RU VI Balongan sendiri mencapai 11,7 dari sisi kompleksitasnya.

Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Minyak mentah yang diolah di RU VI Balongan berasal dari 68% domestik dan 32% impor. Sedangkan hasil refinery nya adalah 52% BBM (premium, kerosene, solar), 20% Decant dan HOMC, 17% BBK (pertamax, pertalite, pertamax turbo), dan 11% berupa non-BBM (LPG, propylene).

Hendri Agustian, engineer manager di RU VI Balongan menegaskan bahwa saat ini kilang ini telah mempunyai teknologi modern yaitu Unit Produksi Residu Catalytic Cracking (RCC), Kilang Langit Biru Balongan (KLBB), dan RCC Off Gas to Propylene Plant (ROPP). Unit produksi ini saat ini berguna dalam pengolahan residu menjadi produk yang lebih bernilai ekonomis.

Sehingga, untuk mencapai kilang yang terunggul pada 2025 terdapat proyeksi yang diharapkan dilakukan tahun ini, yaitu produksi avtur. Sedangkan tahun depan akan dilakukan pengamanan kilang serta pengadaan sarana dan prasarana kapal. Untuk proyeksi tahun 2020 telah disiapkan turn around Kilang Langit Biru Balongan (KLBB) serta peningkatan kapasitas dan pemenuhan spesifikasi Euro 4 tahun 2021. Langkah-langkah ini diharapkan dapat menjadi katalis untuk RU VI Balongan dapat menjadi RU terunggul di tahun 2025.

Tanggapan kami mengenai berita dan artikel ini : Hal ini merupakan salah satu berita baik bagi industri energi (khususnya minyak dan gas) di Indonesia. Proyeksi dan terobosan yang telah dirumuskan jangan sampai berakhir hanya pada wacana belaka, namun harus benar benar direalisasikan agar tercapai RU VI Balongan sebagai RU terunggul 2025. Namun langkah-langkah tersebut juga harus dikaji lebih lanjut apakah memang salah satu metode yang paling efektif dan apakah harus dilanjutkan dan diterapkan secara berkesinambungan pada kilang kilang migas yang lain.

  • Dennis Deviandoni (12216096)
  • Kelompok Mentoring 1 KAP 2017

Sumber : http://www.dunia-energi.com/gunakan-teknologi-modern-kilang-balongan-ditargetkan-terunggul-di-asia-pasifik-pada-2025/

Show your support

Clapping shows how much you appreciated kelompok1mentoring’s story.