Evolution of Fighting Game’s Graphic

Perkembangan game sangatlah cepat, karena adanya perkembangan teknologi dan minat orang terhadap game juga semakin banyak. Salah satu hal dari game yang seringkali dikembangkan adalah grafik dari suatu. Dimulai dari grafik yang hanya berwarna hitam putih menjadi berwarna warni, atau dari grafik yang terlihat kotak kotak menjadi grafik yang mulus dan enak dilihat.

Kembali ke tahun 2000an, di masa ini banyak bermunculan game-game yang menarik dan game-game ini dimainkan dalam konsol playstation, lebih tepatnya playstation1. Saya merasa beruntung karena sempat mengalami bagaimana rasanya memainkan game dalam konsol playstation1 ini. Salah satu genre game yang saya sering mainkan adalah game dengan genre fighting. Game-game dengan genre fighting memiliki gameplay yang hampir sama yaitu terdapat dua petarung yang saling melukai satu sama lain hingga hitpoint dari salah satu petarung habis.

Sebenarnya game dengan genre ini sudah ada sejak dulu, dan biasanya bisa dimainkan dalam konsol arcade. Pada masa ini grafik game seperti ini sudah bisa dibilang baik. Namun bila dibandingkan grafik game pada masa sekarang, sangat jauh perubahannya.

Contoh game dengan genre fighting ini adalah Tekken, Street Fighter, Mortal Kombat, Dragon Ball. Di tahun 2000an, game-game ini memiliki grafik yang lebih baik, bila dibandingkan game pada konsol arcade. Meskipun untuk beberapa game masih terlihat seperti 2D, namun masih cukup menarik untuk dilihat. Grafik yang menarik dan gameplay yang seru membuat orang banyak, termasuk saya, rela meluangkan waktunya untuk memainkan game-game ini.

Tekken (Playstation 1)

Beberapa tahun kemudian munculah playstation2. Grafis game pada konsol ini lebih baik dibanding pada konsol playstation1. Seperti pada game Tekken, grafik dari game ini terlihat semakin membaik. Terlihat dari gambar yang semakin detail, gerakan dari karakternya yang semakin mulus, dan efek-efek yang menarik untuk dilihat. Di masa ini, banyak bermunculan fighting game yang baru, seperti game Naruto. Di game ini kita akan merasakan sensasi bertarung seperti ninja, dengan menggunakan jurus-jurus ninja yang menarik. Pergerakan karakter pada game Naruto ini juga menarik untuk dilihat.

Takken (Playstation 2)
Naruto (Playstation 2)

Sekarang kita tiba di masa saat ini, dimana grafik pada game terlihat lebih nyata lagi. Seperti pada game Tekken, grafik dari game ini semakin terlihat nyata dan gambar semakin detail. Sama halnya dengan game Naruto, grafik semakin membaik dan banyak efek-efek jurus ninja yang sangat menarik untuk dilihat. Perkembangan grafik pada game dengan genre fighting ini terlihat sangat cepat, namun yang disayangkan adalah kurang berkembangnya gamplay pada genre ini.

Takken 7
Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4

Jika dilihat perkembangan grafik pada dunia game sangatlah cepat. Karena hanya dalam kurun waktu 10 tahun saja perubahannya sangat terlihat signifikan.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.