Apa itu Hujan Asam dan Bagaimana Mengatasinya?

Hujan Asam

Definisi hujan asam dan akibat yang di timbulkannya — Apa Anda sering mengetahui istilah hujan asam? Jika Kamu di pondok pesantren mempelajari mengenai lingkungan hidup mestinya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Untuk yang belum mengenalmendengarnya Kamu bisa membaca ulasannya berikut ini.

A. Apakah itu hujan asam?
Hujan asam adalah hujan yang mempunyai kadar pH yang kecil pada tiap tetes airnya. Keadaan keasaman hujan yang normal pada umumnya memiliki keasaman 5,6 sehingga bisa diartikan bahwa jika hujan yang memiliki pH kurang dari 5,6 artinya adalah hujan asam. Penelitian baru-baru ini menyebutkan pH hujan telah berubah yang asalnya dari enam menjadi ke empat ini dikarenakan banyaknya gas buangan yang menimbulkan hujan asam. Gas yang menyebabkan hujan asam ini pada umumnya dihasilkan oleh bencana alam seperti letusan gunung berapi, apabila ledakan gunung berapi itu penyebabnya mungkin lumrah saja karena sinyal dari alam, tapi penyebab yang paling serius yaitu ulah manusia misalnya seperti asap motor, asap pabrik atau industri dan lain-lain.

Timbulnya hujan asam pasti ada penyebabnya, seperti ulasan tadi bahwa penyebab hujan asam diantaranya seperti bencana alam salah satunya ledakan gunung berapi serta terbesar ulah manusia misalnya seperti gas buang motor, asap pabrik atau industri dan lain-lain.
. Untuk itu diperlukan pemahaman kepada semua orang untuk bisa memprotect serta menangani hujan asam ini, jadi gunakanlah alat atau mesin yang hemat lingkungan, gunakanlah kendaraan bermotor seperlunya dan lain sebagainya, jadi intinya cintailah lingkungan kita.

B. Dampak yang ditimbulkan hujan asam
Adapun akibat yang ditimbulkan hujan asam, diantaranya seperti di bagian bawah ini:

Hujan asam ialah toksin bagi makhluk hidup khususnya umat manusia, sebab akan berdampak bagi kesehatankulit. Air hujan asam akan meluas ke perairan seperti sungai, danau dan tempat penyimpanan air lainnya, karena pH yang terlalu kecil sangat tidak baik untuk kesehatan manusia.
Hujan asam dapat menghambat pertumbuhan makhluk hidup yang ada di perairan misalnya seperti ikan atau binatang yang hidup di air akan mati, karena pH yang semakin menurun dapat menghalangi pertumbuhan sperma ikan, dan menjadikan ikan sulit untuk bereproduksi.
Hujan asam dapat membahayakan makhluk hidup yang ada di air, studi ilmiah menunjukan bahwa organisme kecil tidak mampu bertahan hidup jika pH air dibawah 5. Organisme Kecil adalah salah satu nutrisi bagi ikan, apabila Organisme Kecil langka maka rantai makanan di perairanpun akan terputus.
Hujan asam dapat merusak lingkungan serta akan menimbulkan banyak tumbuhan yang tidak. Hujan asam dapat membahayakan zat lilin yang ada pada tumbuhan. Sehingga nutrisi yang terdapat pada tumbuhan tersebut akan hilang, serta tumbuhan akan mudah terkena penyakit.
Hujan asam juga dapat menyebabkan peningkatan kadar logam dalam air. Dan juga dapat menimbulkan bangunan rusak karena berkarat.