Apa itu Medium? Dan apa bedanya dengan Tumblr?

Banyak sekali orang yang tanya sama saya,

"Ka medium apa si?"
"Ki medium gimana mainny?"
"Bedanya ama tumbrl apa ki?"
"Kenapa milih medium?"

"Medium adalah startup yang dibuat oleh founder Bloger dan Twitter yaitu Evan Williams."

Awal saya tau keberadaan medium itu dari teman facebook saya, kebetulan dia share Medium temannya yang sedang menganalisis kebijakan politik di kampusnya. Lalu ketika membaca itu saya baru kenal dengan si Medium.

Menurut saya, Medium is simple dari designnya, bacanya juga enak gak rumit, and the most important is the content yang disediain Medium most of all keren keren. Intinya content di Medium ya keren&menginspirasi, dan banyak motivator juga di Medium. Saya jarang nemuin tulisan galau di Medium, bahkan belum pernah😂. (Mungkin ada tp saya belum pernah baca). When you read Medium as same as you read a great book. Especially to mereka yang suka bacaan in English, better to choose Medium.

Bedanya dengan Tumblr?

Bedanya hmmmm ya beda, tumblr lebih warna warni-ceria-rame, beda sama Medium yang saya sampaikan diatas yaitu simple cuma Putih-Hitam-Hijau(untung ga kuning ya😅). Pengguna Tumblr jelas jauh lebih banyak dari pada Medium. Saya lebih dulu punya account Tumblr dari pada Medium, cuma karena kurang srek jadi saya jarang aktifikan, malah saya gak pernah apa apain. Nah tibatiba si Medium muncul dinewsfeed facebook dan cocok, jadi deh luapkan segala sudut pandang saya disini.

Gimana buat accountnya?

Ya dibuat aja. Hehe. Buka Medium.com and sign up. Sama gampangnya kok dengan social media yang lain. If you have created an account then Medium will ask you what topic which you like most.. Ada politik, budaya, life, reading, self improvement, and others.

Kalo kalian mau nulis tinggal klik tombol "new story" lalu dipublish jangan lupa kasi tags. Kalian juga bisa kasi rekomen bacaan, dan bookmarks yaitu tanda baca. Medium itu simple, dan satulagi efektif.

My suggestion..Buat kalian yang suka warna warni atau yang kiyud kiyud jangan pilih medium, soalnya Medium is so simple, maybe you will get bored if you are a person as I mentioned above. Medium itu cuma bisa ganti profil picture, gak ada istilah ganti background warna apa, ganti text warna apa dan ukuran apa dan lain lain. Tapi karena yang saya kejar contentnya bukan hiasannya jadi saya gak bosen di Medium eventhough saya belom dapet temen😅.

Nah, itu adalah medium, tertarik? Kalo iya Alhamdulillah berarti saya cocok jadi sales Medium, tapi kalo enggak? Ya gapapa. Dan diatas adalah seluruh pandangan saya terhadap Medium&Tumblr, ambil yang baik buang yang buruk.

K.P

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.