Pengertian SSH Server Dan SSH Client Tutorial Lengkap

Pengertian SSH Server dan SSH Client Serta Tutorial Konfigurasi Lengkap

Pengertian SSH

Secure Shell (SSH) adalah suatu software aplikasi pengganti telnet, takjauh beda dari telnet, Tsh dan rLogin. SSH merupakan suatu protokol jarigan untuk melakukan remote shell pada sebuah jaringan, yang membedakaan SSH dengan Software Remote Login lain adalah SSH memiliki kemapuan enkripsi dan dekripsi pada end to end device yang membuat SSH itu lebih aman di banding telnel dan remote login lain. dan itulan yang membuat SSH aman dari sniffing

Pengertian SSH Server

SSH Server adalah suatu software yang berfungsi untuk menerima request dari client, yang bertugas mendeskripsi enkripsi client dan mengjalankan printah yang di instruksikan client. SSH Server Berjalan pada port 22 dengan TCP Koneksi. Selain itu SSH Juga bisa di pakai untuk melakukan pertukaran data seperti FTP, dengan menggunkan sfpt:// SSH Server dapat berjalan layaknya FTP dengan Secure.

Contoh Software SSH Server :

Pengertian SSH Client

SSH Client adalah software atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan request pada server, SSH Client memiliki interface langsung apa client berupa Command Line.

Contoh Software SSH Client :

Untuk daftar tutorial konfigurasi SSH Lengkapnya bisa cek dibawah

SSH Server Konfigurasi