INI KOSMETIK YANG BERBAHAYA BAGI KULITMU

Kulit wajahmu merupakan aset penting yang perlu dijaga dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan iritasi dan merusak kulit, khususnya bagi produk make up yang setiap harinya bersentuhan langsung dengan kulit wajahmu. Mungkin sebagian dari kamu belum tahu, produk make up memiliki tanggal kadaluwarsa dan jika kamu pakai setelah lewat tanggalnya, bukannya menjadikan kamu cantik tapi malah membuat kulitmu jadi rusak.

1) PRODUK PEMUTIH KULIT (skin whitening)

Melalui berbagai proses marketing dan branding, cantik yang tertanam dalam benak masyarakat sekarang identik dengan memiliki kulit yang putih. Tentunya membuat banyak perempuan jadi mengidam-idamkan memiliki kulit putih.

Tapi kamu perlu tahu hal ini: hasil maksimal dari penggunaan produk pemutih kulit hanyalah sebatas putihnya kulit yang kamu miliki pada bagian tubuhmu yang cenderung tidak terkena sinar matahari. Contohnya adalah bagian lengan atas, bagian dada, dan bagian-bagian lain yang biasanya tertutup pakaian.

Kalau produk pemutih berani menjanjikan putih yang melebihi bagian tertutup di tubuhmu, kamu patut untuk curiga apakah produk tersebut aman atau tidak bagi kesehatan dan kecantikan kulitmu.

2) PRODUK ALAS BEDAK

Alas bedak memiliki tanggal kadaluwarsa yang cenderung cukup panjang untuk jenis produk make up. Umumnya, alas bedak cair umurnya lebih singkat dari alas bedak bubuk karena bakteri mudah sekali tumbuh pada benda yang berair yang lembab. Alas bedak berbahan dasar air dapat bertahan sampai 1 tahun, sedangkan alas bedak yang berbahan dasar minyak mampu bertahan sampai 18 bulan. Tapi itu hanya berlaku kalau kamu menggunakannya dengan tangan yang bersih dan kuas yang dibersihkan minimal seminggu sekali memakai air hangat.

Kemasan alas bedak juga berpengaruh terhadap umur kadaluwarsa alas bedak. Kemasan yang berbentuk botol pompa tentu mampu bertahan lebih lama dari bentuk wadah lain, karena botol pompa lebih tertutup.

Semakin lama, tekstur alas bedak cair juga akan semakin berubah. Hal ini disebabkan oleh reaksi minyak dan air yang terkandung di dalamnya. Jadi hati-hati kalau pulasan alas bedakmu sudah mulai tidak merata, kemungkinan sebentar lagi alas bedak tersebut sudah perlu diganti.

Alas bedak berbentuk bubuk atau jenis yang kering dapat bertahan lebih lama dari alas bedak cair, karena bakteri sulit untuk tumbuh dalam medium ini. Alas bedak bubuk layak digunakan sampai umur 2 tahun asalkan disimpan dengan baik. Tapi kalau teksturnya sudah mulai berubah seperti mengeras atau menggumpal, sebaiknya segera kamu ganti alas bedakmu.

3) PRODUK MASKARA

Maskara biasanya akan semakin menggumpal setelah melewati umur 3 bulan. Untuk mengaplikasikannya pun biasanya kamu harus berulang kali memompa kuas ke dalam tube maskara. Sayangnya perilaku tersebut malah akan membuat semakin banyak udara masuk ke dalam tube dan maskara menjadi mudah kering. Ditambah lagi, tube yang basah dan gelap akan menjadi tempat favorit bakteri untuk bersarang dan berkembang biak.

Sebaiknya kamu segera mengganti maskaramu kalau sudah terasa menggumpal atau kering, bahkan sekalipun umurnya belum 3 bulan. Maskara yang sudah tidak bagus hanya akan membuat bulu matamu menjadi rapuh, belum lagi meningkatkan resiko terjadinya iritasia pada matamu. Gumpalan kecil dari maskara dapat jatuh langsung ke matamu dan menyebabkan iritasi.

4) EYELINER

Eyeliner jenis cair memiliki umur kadaluwarsa yang tidak jauh berbeda dari maskara. Mulailah mewaspadai produk eyeliner-mu begitu umurnya masuk 3 bulan, kalau tidak ditemukan tekstur yang berubah atau kamu tidak mengalami iritasi maka eyeliner cair itu dapat digunakan sampai umur 5 bulan.

Eyeliner pensil memiliki umur kadaluwarsa yang jauh lebih lama dari eyeliner cair. Jenis eyeliner ini dapat bertahan sampai 1 tahun, tapi pastikan untuk menyerut eyeliner pensilmu sebelum digunakan. Hal ini bertujuan supaya permukaan pensilmu selalu terjaga kebersihannya.

5) EYESHADOW

Pemulas mata yang sekarang tersedia dalam bentuk krim dan bubuk ini memiliki umur kadaluwarsa yang kurang lebih sama dengan alas bedak. Pemulas mata berbentuk krim harus diganti maksimal setelah berumur 6 bulan, sementara untuk jenis bubuk dapat digunakan sampai 2 tahun.

Selalu pastikan wadah eyeshadow tertutup rapat setelah kamu gunakan. Jika terjadi iritasi pada kulitmu, itu tandanya kamu sudah harus membuang eyeshadow-mu yang lama dan menggantinya dengan yang baru.

6) LIPSTIK

Produk lipstip memiliki umur kadaluwarsa yang cukup lama karena dapat bertahan sampai 2 tahun jika kamu simpan dengan baik.

Jangan pernah lupa untuk menutupnya setelah selesai digunakan, dan simpan di tempat yang terhindar dari panas. Perhatikan apakah ada reaksi dari kulitmu setelah memakainya. Kalau sampai muncul rasa panas, gatal, kemerahan pada kulit, atau tanda-tanda iritasi kulit lainnya maka segera buanglah lipstikmu. Kalau hal itu sudah terjadi, segeralah berkonsultasi pada dokter kulit agar tidak terjadi kerusakan yang fatal pada bibirmu.

Jadi itu tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan tentang produk make up milikmu. Jangan sampai kamu ingin semakin cantik tapi malah mengalami iritasi dan berbagai masalah kulit lainnya gara-gara produk make up yang sudah perlu diganti.

Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat buat kamu yaaa :)

Kalau kamu punya masalah jerawat dan noda bekas jerawat, kamu perlu cek juga website ini:
http://hanakoskin.com/


Originally published at manismolek.weebly.com.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.