RESEP MASKER ALAMI PENGHILANG JERAWAT

Jerawat di wajah adalah salah satu masalah yang sering terjadi dan sangat menyebalkan buat perempuan. Jerawat sendiri bisa timbul karena banyak sebab, contohnya kurang menjaga kebersihan wajah, produksi hormon yang terlalu tinggi pada tubuh, tidak cocok dengan produk make up yang dipakai, dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Selain membuat kita kurang PD dengan penampilan, wajah berjerawat juga cukup menganggu make up kita sehari-hari. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, ada banyak resep masker alami yang bisa digunakan secara aman dan tanpa efek samping. Berikut ini macam-macam masker alami yang bisa kamu gunakan.

1) MASKER ALAMI DARI JERUK NIPIS

Jika kamu ingin menghilangkan jerawat di wajah dengan menggunakan masker alami, salah satu resep alami yang perlu kamu coba adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Buah ini memang dikenal ampuh dalam membuat jerawat cepat kering dan menyembuhkan wajah berjerawat. Vitamin C yang banyak terkandung dalam jeruk nipis dapat membantu membunuh bakteri di jerawat dan mengeringkan jerawat tersebut, karena buah ini memiliki sifat antibiotik dan anti-inflamasi.

Cara membuat masker alami dari jeruk nipis adalah sebagai berikut. Pertama cuci bersih jeruk nipis supaya getahnya tidak sampai menempel di wajahmu. Potonglah jeruk nipis jadi 2 bagian, lalu oleskan ke bagian wajah yang muncul jerawat. Tunggu beberapa saat, barulah kemudian bilas hingga bersih.

2) MASKER ALAMI DARI MADU

Resep masker alami untuk mengobati jerawat yang berikutnya adalah masker madu. Madu memang memiliki banyak sekali manfaat, baik itu untuk menjaga kesehatan tubuh maupun kecantikan wajah kita secara alami. Selain dapat mengeringkan jerawat dengan cepat, madu juga dapat digunakan untuk membuat kulit wajahmu lebih halus.

Cara membuat masker alami penghilang jerawat dari madu sangatlah mudah. Kamu tinggal menyiapkan madu dan mencampurnya dengan perasan jeruk nipis ataupun gula pasir. Oleskan di wajah terutama di daerah yang berjerawat, biarkan beberapa saat lalu bilas wajahmu hingga bersih.

3) MASKER PEPAYA

Buah pepaya tidak hanya berguna untuk melancarkan sistem pencernaanmu, tetapi juga bisa difungsikan untuk masker alami penghilang jerawat. Vitamin-vitamin yang banyak terkandung dalam pepaya akan membantu mengeringkan dan menghilangkan jerawat, serta membuat kulit wajahmu menjadi lebih cerah secara alami.

Cara membuat masker alami untuk menghilangkan jerawat dengan buah pepaya adalah sebagai berikut. Ambil beberapa potong pepaya, lalu blender sampai halus. Gunakan pepaya yang sudah dihaluskan tersebut sebagai masker di wajah, oleskan ke seleuruh bagian kulit wajah secara merata. Biarkan kurang lebih selama 15–20 menit hingga agak mengering, lalu bilas wajahmu dengan air hingga bersih.

4) MASKER MENTIMUN

Resep masker alami penghilang jerawat yang selanjutnya adalah masker alami dari mentimun. Selain bisa membantu untuk merawat kulit wajahmu menjadi lebih bersih dan mengecilkan pori-pori, mentimun juga efektif untuk mengobati jerawat.

Cara membuat masker jerawat alami dari mentimun adalah sebagai berikut. Pertama-tama haluskan mentimun lalu oleskan ke seluruh bagian wajah. Bisa juga tidak perlu dihaluskan, tapi dipotong tipis-tipis. Rendam mentimun tadi ke dalam air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Dinginkan beberapa menit di dalam lemari es, lalu letakkan di wajah terutama daerah yang terdapat jerawat. Lakukan resep ini setiap harinya secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

5) MASKER BERAS

Resep alami masker penghilang jerawat yang selanjutnya adalah masker alami dari beras. Selain merupakan makanan pokok orang Indonesia, beras juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat sekaligus memutihkan kulit wajah.

Cara menggunakan beras sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawatw adalah sebagai berikut. Ambil segenggam beras, lalu rendam di dalam air selama kurang lebih 2–3 jam. Haluskan beras tadi, tapi usahakan jangan sampai terlalu halus sehingga masih terdapat bagian-bagian kasar yang bisa digunakan untuk scrubbing dan menghilangkan kulit mati. Beras yang telah dihaluskan itu kemudian dioleskan ke seluruh bagian wajahmu, tunggu beberapa saat hingga mengering dan bilas wajahmu hingga bersih. Jangan lupa untuk membilas wajahmu menggunakan air dingin supaya pori-pori di wajahmu mengecil.

6) MASKER ES BATU

Resep masker alami yang terakhir adalah es batu. Tidak hanya bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori dan merawat kulit wajah, es batu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan es batu yang dibuat sendiri menggunakan air bersih atau air matang, sehingga kebersihannya jelas terjamin. Oleskan es batu yang sudah kamu siapkan tadi ke bagian yang berjerawat secara rutin setiap harinya. Pastikan juga tangan dan wajahmu sudah dibersihkan dengan baik sebelum menempelkan es batu di wajah. Tangan atau wajah yang kotor hanya akan membawa bakteri ikut masuk ke pori-pori sehingga malah bisa menyebabkan jerawat yang baru.

Nah itu tadi berbagai resep alami yang bisa kamu praktekkan untuk menghilangkan jerawat. Beberapa bahan di atas juga bisa digabungkan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, contohnya madu dicampur dengan jeruk nipis ataupun beras dicampur dengan madu. Gunakan masker alami di atas setidaknya 2 kali seminggu, sehingga jerawat di wajah akan cepat mengering. Setelah jerawat sudah hilang, usahakan juga untuk terus melakukan perawatan ini supaya bekas jerawat yang tersisa bisa ikut memudar.

Jangan lupa untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat 😃

Cek juga website ini untuk solusi masalah jerawat & bekas jerawat: HANAKO SKIN


Originally published at www.evernote.com.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.