Banyak sekali kita menemukan payudara ibu-ibu yang menjadi kendur ketika dalam masa menyusui. Sebenarnya ini adalah proses alami yang dialami oleh setiap wanita dimana bentuk payudara akan berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Sebenarnya, bisa saja payudara yang kendur itu kita hindari, selama dalam menyusui Anda menggunakan cara dan posisi yang benar dan tetap menjaga perawatan terhadap payudara Anda.

agar payudara tetap kencang meski menyusui

Nah, jika Anda saat ini tengah menyusui, sudah tepat jika Anda membaca artikel ini. Karena dalam topik kali ini, kami akan menjelaskan mengenai cara untuk mencegah payudara menjadi kendur karena menyusui. Adapun cara yang dimaksud, adalah sebagai berikut.

Tips Mencegah Payudara Kendur Saat Menyusui

1. Gunakan Bra yang Tepat

Ketika Anda tengah berada dalam masa menyusui atau akan menyusui, sebaiknya Anda menggunakan bra yang dapat menyerap keringat dengan baik serta mampu menyangga payudara Anda dengan baik pula. Tak hanya itu, perhatikan ukuran bra yang Anda gunakan juga.

Mungkin Anda juga menemukan ada bra yang khusus digunakan oleh ibu yang tengah menyusui. Anda juga dapat menggunakan bra khusus tersebut sehingga Anda tidak perlu menarik payudara Anda keluar ketika Anda akan menyusui buah hati Anda.

2. Terapi Payudara

Terapi payudara yang dimaksud adalah perawatan secara tradisional yang juga cukup sederhana, seperti memijat, meremas, serta memukul payudara secara ringan. Terapi ini dapat mengangkat kelebihan lemak, yakni dengan meremas payudara secara ringan yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Olahraga

Olahraga juga merupakan cara alami yang dapat mengembalikan kekencangan otot tubuh termasuk payudara. Lakukan olahraga yang ringan saja misalnya senam untuk merangsang perbaikan pada payudara termasuk otot pektoralis minor dan mayor yang berfungsi sebagai penggangtung payudara.

4. Perhatikan Posisi Menyusui

Posisi menyusui juga akan mempengaruhi payudara Anda. Sebaiknya Anda menghindari menyusui dengan posisi yang membungkuk. Anda dapat menggunakan bantalan ketika menyusui sehingga Anda tidak perlu membungkuk.

5. Menjaga Kebersihan Puting Susu

Sebaiknya Anda juga rajin membersihkan puting susu Anda setelah menyusui. Gunakan air hangat ketika Anda membersihkannya. Selain dapat membersihkan, aktivitas ini juga dapat membantu memperlancar produksi ASI.

6. Meminum Ramuan Pepaya

Dalam pepaya terdapat enzim yang sangat bermanfaat untuk payudara Anda, bahkan vitamin A yang teradapt pada pepaya juga turut membantu mengencangkan payudara. Anda dapat membuat ramuan pepaya ini dengan cara seperti di bawah ini:

a. Siapkan pepaya yang setengah matang secukupnya lalu hingga bersih
 b. Haluskan pepaya tersebut dengan cara diblender
 c. Setelah halus, campurkan pepaya tersebut dengan susu kedelai serta air perasan jeruk nipis serta sesendok madu
 d. Minum ramuan ini 2 kali dalam sehari secara teratur

7. Menggunakan Masker Payudara

Anda bisa membuat masker payudara sendiri di rumah, yakni dengan memanfaatkan tepung beras. Jika Anda tidak ingin repot membuatnya, Anda bisa membelinya dalam bentuk yang sudah jadi lalu gunakan seminggu sekali selama 10 minggu berturut-turut.

8. Payudara Sakit saat Menyusui

Terkadang tak jarang juga kita menemukan ada seorang ibu yang merasa sakit saat menyusui. Jika Anda juga mengalami hal ini, segera lakukan konsultasi pada dokter yang tepat sehingga masalah Anda dapat diatasi.

Itulah 8 cara yang bisa Anda lakukan jika ingin payudara tetap kencang dan untuk mencegah payudara supaya tidak kendur karena menyusui. Semoga dapat membantu Anda mempertahankan bentuk payudara indah yang sebelumnya telah Anda miliki. Semoga bermanfaat.

from
http://konsultasiwanita.com/mencegah-payudara-kendur-karena-menyusui/

Like what you read? Give Konsultasi Wanita a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.