PT KONTAK PERKASA FUTURES |Awas! Abaikan Kolesterol Saat Muda Bisa Membahayakan di Usia Tua

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA — Kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh kita telah lama diketahui dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Pada mereka yang masih muda, mungkin masalah tersebut tidak akan langsung terlihat, namun bisa jadi membahayakan saat sudah tua nanti.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation meneliti tentang apakah mereka yang berisiko rendah terkena penyakit kardiovaskular dan jantung koroner bisa mendapatkan manfaat dengan menurunkan kadar kolesterol mereka sebelum menjadi komplikasi.

Studi ini memakan waktu 27 tahun, mengkaji 36.000 peserta dengan rata-rata usia 42 tahun. Mereka yang berisiko rendah mengalami masalah kardiovaskular namun memiliki level low-density lipoprotein alias kolesterol ‘jahat’ yang tinggi memiliki risiko mati muda karena masalah jantung 30–40 persen lebih besar.

“Penelitian ini membantu menjelaskan mengapa lansia yang sebelumnya dikira sehat kadang ditemukan memiliki masalah kardiovaskular yang serius. Tidak terlalu jarang kita menemukan pasien pada usia 50, 60, atau di awal 70 tahun mengidap myocardial infarction atau masalah jantung lainnya, yang sebelumnya terlihat sehat namun ternyata memiliki kadar kolesterol cukup tinggi,” tutur Dr Shuaib Abdullah, ketua peneliti dan asisten profesor di University of Texas Southwestern Medical Center, dikutip dari Health Line.

Ia menyebutkan bahwa penting bagi para dokter untuk mengedukasi secara benar pada pasien mereka dalam hal menurunkan kolesterol. Yakni dengan berolahraga dan makan yang benar, dan tentu saja pasien itu sendiri adalah satu-satunya yang dapat mengubah hal tersebut.

“Banyak orang yang merendahkan kekuatan diet dalam mengurangi kolesterol. Misalnya, dengan meningkatkan protein kedelai, mengurangi lemak jenuh, memperkuat olahraga dan menurunkan beberapa kilogram bobot. Jadi sebelum mengandalkan hanya obat-obatan, kita seharusnya melakukan hal-hal tersebut karena lebih efektif,” pungkas Dr Andrew Freeman, direktur dari Cardiovascular Prevention and Wellness. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES

5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES

6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES

7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : health.detik

Like what you read? Give PT Kontakperkasa Futures Surabaya a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.