KP ICON+ Postingan#1

Indonesia Comnet Plus

Halo sobat dan khalayak ramai sejagat nusantara dari Aceh sampai Ambon-papua sana.

Perkenalkan kami Fachrur- 173, Satria-706 dan Dito-175. Kami merupakan perwakilan Osiris yang sedang melakukan kegiatan kerja praktik di salah satu perusahaan yang bernama ICON+

A : Bang, Apasih ICON+ itu? #KEPO

B : Gini, ICON+ adalah anak perusahaan dari PT. PLN Persero yang berfokus pada penyediaan jaringan, jasa dan content telekomunikasi terkhusus untuk mendukung kebutuhan Teknologi Informasi yang dipakai PLN dan Publik. Untuk lebih jelasnya, check aja profil perusahaannya wkwkwkwk (http://www.iconpln.net.id)

A : Kerjanya dibagian apa?

B : Oke, kami bertiga diterima di bidang Bidang Eksternal dan Solusi Bisnis. Disini sih singkatannya BISEKS (jangan mikir yang macam2 loh).

A : Wah hihihi, itu ngapain aja bang?

B : Ketawamu lucu, hihihi. Kita sedang mendapatkan proyek untuk melakukan Implementasi EAM (Enterprise Asset Management) Maximo yang dipakai untuk kegiatan operasional perusahaan.

A : Trus, First Impression-nya gimana bang?

B : nah, waktu pertama datang, kita nyampe sini itu jam 8 pagi di hari senin tanggal 5 Juni 2017, FYI kita ber3 itu pada tinggal di bekasi, ya kalian ga salah denger, BEKASI, itu lho suatu kota urban yang padat dan ada di pinggiran jakarta, kebanyakan sih orang kerja di jakarta tinggal di bekasi, so.. buat transportasi dari bekasi kita berangkat dari meeting point antara rumah dito satria dan fachrur itu jam 5 pagi (iya, abis sahur langsung cabs, jalanan masi gelap kalo disini jam segitu mah) naik apa? naik bis AC 05, kalo kata orang inggris bekasi mah acos. Nah perjalanan yang kita butuhkan untuk sampe ke kantor yang berlokasi di Blok M adalah 2–2.5 Jam, kebayang kan perjuangan berdiri di bis segitu lama? tapi kadang dapet duduk juga sih, anggep aja lagi naik citilink tiap hari bolak balik jkt-sby hoho. dah.

A : Oii bang, First Impression bang??

B : oiyaa.. kok lupa, Jadi kita disini ini tempatnya ada di gedung trapesium PLN pusat, nah gedungnya emang literally trapesium, tapi dalemnya mah tetep ae kotak, masuk komplek kantor pakek kartu visitor warnanya hijau, nanti pas masuk gedung trapesiumnya ditukerin kartunya pakek yang warna merah, dan sejauh ini kita belum ada ID card, entah bakalan ada apa kagak :( dan, kaga pernah diabsen wkwkwk. nah terus isinya juga lengkap, ada lapangan futsal dan basketnya kayak sekolahan jadi ditengah2 komplek gedung ada lapangannya ya kayak sekolah tapi sekelilingnya gedung tinggi menjulang kalo kata satria. terus, waktu hari pertama, kita ke lantai 4, lift nya cuman sampai lantai 3 dan lantai 4 lewat tangga darurat, trus begitu keluar di lantai 3 ngeliat banyak LCD buat visualisasi data gitu, keliatannya keren bgt tapi ternyata kita ga disitu :( kita di bagian lantai 4 dan suasananya seperti di kantor pada umumnya, dengan sekat-sekat seperti warnet, dan kita bawa laptop sendiri. Setelah itu kita tanya-tanya orangnya yang disitu, dan ternyata pembimbingnya belum dateng, dan kita ditemuin sama manajer bagian pengembangan IT, ternyata bapaknya lulusan TC ITS angkatan 1996, kita baru lahir pas dia jadi maba, yawes deh cuap-cuap perkenalan. jam 11 baru kita ketemu pembimbingnya, nah disitu disuruh buat presentasi tentang diri, dan skill apa aja yang bisa, dan kebetulan kita pas di tanyain lewat email, kita jawab mau di bagian yang ngurusi ERP. dan setelah itu katanya di PLN ini Lisensi dari SAP nya udah mau abis, jadinya mau pindah buat bagian Asset Managementnya di Software besutan IBM yang namanye Maximo terus kita ber3 ditaro dibagian situ deh. Maximo ini mirip2 sama SAP, bedanya ini lebih detail di management assetnya jadi disini routing buat treatment assetnya itu detail banget sampe ada manajemen resikonya. Buat maximo ini start nya bulan juli nanti, jadi selama sebulan ini kp baru disuruh belajar modul development dari Maximo nya, jadi kayak GBI nya di SAP gitu, disuruh nyoba-nyoba jadi kita sekarang masih cukup nyantai, kata bapak pembimbingnya “nanti kalian mulai hectic pas bulan juli ya, siap-siap”. Eee Tong, masih bangun?

A : Eh iya bang maap :)

B : nah abis gitu, yaa gitu, kita cuman belajar-belajar aja dulu ngikutin modul yang ada abis itu beberapa hari yang lalu kita dapet tugas dari pembimbing buat bikin mockup GUI aplikasi yang nantinya bakalan terintegrasi sama itu maximo, abis itu dapet tugas lagi buat mengisi waktu luang daripada youtube-an gajelas kata bapaknya soalnya kita gaada kerjaan dan bosan coba2 modul eror mele alhasil youtube an dengan koneksi internet disini yang pas2an, kita disuruh melakukan reverse engineering dari salah satu modul SAP dan outputnya adalah ERD dari databasenya. yegila kali SAP segitu kompleksnya kita suruh buat ERD, dah gitu matkul DBD kemarin kita yaa begitulah.. yaudah kita jalanin aja. dan buat kenalan, kita masih malu-malu rek mau kenalan, tolong bantu kami :)) biar ga canggung gimana ya? wkwk sebenernya disini ada juga anak magang dari UKSW tapi mereka udah lama magangnya jadi kita canggung jugak hehe. Segitu aja buat First Impression-nya yaak. kalo mau lihat fotonya ada dibawah ini ya. disini banyak area yang restricted access jadi kita mau foto juga sungkan wkwk

See you in the next post :) Tetap sehat, tetap semangat supaya kita bisa bertemu lagi dan bercengkrama selepas kp nanti, pokoke maknyus

Ruang Kerja situesyen
dikasih materi tentang maximo

BONUS 1 SPESIAL edisyen

Mancing Mania, MANTAB!!
Show your support

Clapping shows how much you appreciated Osiris Kerja Praktik’s story.