Pasukan Pelindo #Day4–7

Risha dan Fanny

Hai kembali lagi dengan Fanny dan Risha. Nah postingan kali ini bakal ceritain kegiatan kita mulai dari hari ke-4 sampe 7. Kenapa kok gak perhari? Karena beberapa hari kemarin kita radak gabut dan belum ada cerita yang menarik, nah kan daripada kita spamming cerita yang kurang jelas dan kurang bermanfaat, kita memustuskan untuk digabung aja postingannya hehe.

Udah pada tau kan kalo tugas kita di Pelindo itu bikin analisis desain aplikasi CRM disini? Pengen tau gak kerjaan kita apa aja beberapa hari ini, sampe-sampe kita bilang, kalo kita gabut?

Day 4 (Jumat, 16 Juni 2017)

Pada hari ketiga kan kita udah cerita ya, kalo kita pada hari itu melakukan brainstorming sama Mas Fandi. Mas Fandi adalah salah seorang staf IT disini, dan kebetulan beliau diamanahi untuk mengembangkan aplikasi CRM. Alhasil sama Pak Hadi kita dikenalin sama Mas Fandi, dan Mas Fandi diminta tolong untuk membantu dan membimbing kita selama disini. Jadi sebenernya kita juga bingung sih, pembimbing kita itu sebenernya Pak Hadi/Mas Fandi. Soalnya selama ini kita banyak berinteraksi dengan Mas Fandi.

FYI di Pelindo ini, divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi itu dibagi menjadi 3 sub divisi, dan tiap sub divisi itu dikepalai oleh asisten senior manager (ASM), yaitu Operasi dan Pelayanan TI dan Komunikasi (ASM Pak Mirza), Solusi Pengembangan TI dan komunikasi (ASM Pak Wawan), Risiko dan Tata Kelola TI dan Komunikasi (ASM Pak hadi).

Nah kalo menurutku sama Risha sih, kayaknya kita salah pembimbing deh, soalnya harusnya pembimbing kita Pak Wawan. Soalnya mas Fandi itu stafnya Pak Wawan wkwkwk yaudahlah, aku sama Risha juga gak paham.

Balik lagi bahas brainstorming yaaa. Nah setelah brainstorming, Aku sama Risha masih banyak yang dibingungin sih, soalnya kan kita masih belum tau secara menyeluruh tentang proses bisnis yang ada di Pelindo III. Jadi waktu diajak ngobrol, agak gak nyambung gitu ceritanya hehe. Yaudah alhasil Mas Fandi ngasih beberapa dokumen untuk kita pelajari supaya seenggaknya ada sedikit gambaran tentang proses bisnis disini. Soalnya untuk menjelaskan secara lengkapnya Mas fandi juga agak bingung, soalnya banyak banget.

Rencananya minggu depan entah kapan, kita bakalan rapat sama bagia marketing. Karena aplikasi CRM yang bakalan dikembanging bakal berfokus pada bagian marketing.

Jadi kegiatan kita di Hari keempat ini adalah mempelajari dokumen prosedur penanganan tindak lanjut suara pelanggan wkwkwk gabut banget kan? dan itu pun baru dikasih dokumennya siang kalo gasalah. Jadi bisa dibangkan mulai pagi sampe siang kita ngapain :”

Day 5 (Senin, 19 Juni 2017)

Nah di hari kelima ini kita awalnya bingung kita mau ngapa-ngapain. Mau ngerjain dokumen desain sama BRD juga gabisa, soalnya kan kita belum tau mau bikin apa jadinya. Yaudah alhasil aku sama Risha inisiatif belajar ASP.NET sama database Oracle wkwkwk kalo kata Risha, kita ngelakuinnya demi masa depan, dan supaya suami kita gak malu soalnya kita gabisaa ngoding :D

Day 6 (Selasa, 20 Juni 2017)

Gabut, Rek.

Day 7 (Rabu, 21 Juni 2017)

Ruang Rapat Gedung C Lt.3 (Maap agak gelap, backlight soalnya)
Wajah excited mau rapat

Hari ini kita akan rapat dengan bagian marketing. Sekitar jam 9an kita menuju ke lokasi rapat yang berada di lantai 3. Kita disitu gak ikut presentasi sih, yang presentasi tetep mas fandi, jadi kita disitu juga cuma dengerin doang hehe. Waktu itu di bagian marketing kita rapat sama Pak Giono, Mbak Agustin, sama Mas Nano. Kita kurang tau sih masing-masing jabatan mereka apa, pokoknya yang kita tahu mereka orang bagian marketing. Kalo bagian IT yang ikut rapat ada Pak Wawan, Mas Fandi, sama 2 mas mas yang kita kurang tahu namanya siapa hehe soalnya belum kenalan. Maap ya mas

Rapatnya berjalan lancar dan santai banget. Ketika kita mau bikinin aplikasi dan rapat sama user, jangan harap kalo pas rapat terus kita tanya “maunya bikin aplikasi gimana? data yang mau ditampilin apa aja? bentuknya gimana?” jangan harap mereka bisa menjawab semua itu. Mereka pastinya cuma jawab “saya mau bikin aplikasi A” dan mereka pasti susah kalo suruh jelasin detailnya gimana. Jadinya ketika berusaha menggali data dari narasumber, pastinya kita harus pinter-pinter mancing. Alhasil, awalnya mas Fandi yang anak TC, dan gak tahu menahu tentang CRM, harus belajar sendiri tentang CRM itu kayak gimana? dan dia butuh waktu sekitar sebulanan buat belajar hal tersebut. Disini aku baru nyadar banget peran penting anak SI sesungguhnya. Kan kita selalu bilang kalo SI akan menjebatani antara TC dan bagian manajemen, tapi selama ini kita gatau kondisi riilnya gimana kan. Nah kita baru ngerasain itu sekarang, jadi waktu mereka ngobrol, kita alhamdulillah paham mereka ngomongin tentang apa.

Dan kelihatan banget bahwa orang marketing yang nggak paham IT berekspektasi bagian IT untuk nyelesein aplikasi CRMnya segera. Padahal kebutuhan bisnisnya sendiri masih belum terdefinisikan dengan jelas oleh mereka sendiri. Ini rapat pertama bareng dan bagian marketingnya nanya di akhir rapat, “Ini kira-kira Agustus udah bisa dipake, ya?” kemudian kami yang dari divisi IT hanya bisa tertawa. Dan mbatin. Terus mas Afandi bilang, “Wah mejik kalo itu, Pak, kaya mbangun Candi Roro Jonggrang”.

Implementasi dalam kehidupan sehari hari lebih susah daripada bikin aplikasi

Menurutku hal itu menggambarkan banget keadaan disini sih. Sedih gasih kalo misal kamu udah susah-suah bikinin aplikasi tapi ternyata gak dipake? ya itu lah yang terjadi dalam kenyataan. Entah karena kurangnya pengawasan, kurangn tegasnya kebijakan, kurang tersosialisasinya penerapan aplikasi, dan beberapa hal lain bisa menyebabkan tidak terealisasinya implementasi sesuai dengan yang diharapkan. Ketika rapat, tidak semua orang paham dan tahu tentang semua aplikasi yang telah diterapkan. Jadi misal ketika Mbak Agustin ingin mencari data A, dia bingung harus cari dimana, padahal ada aplikasi dimana sudah menyediakan data tersebut.

Ya itu sih beberapa hal yang mau aku ceritain. Hari ini aku mau ngasih quotes yang terinspirasi setalh 2 minggu KP disini.

Banyak-banyaklah belajar, meskipun hal itu menurutmu tidak berguna saat ini, tapi pasti akan berguna untuk masa depan

Buat semua orang yang baca tulisan ini, kalo misal kalian lagi kuliah, serap ilmu sebanyak-banyaknya di kuliah. Meskipun tidak semua yang dipelajari sesuai dengan realisasi di lapangan, tapi setidaknya kita mengetahui garis besar tentang hal tersebut, dan menurutku hal tersebut akan membantu ketika kita kerja nanti

Semangat kuliah! Semangat KP! IP bukan segalanya! Pengetahuan dan pemahamanmu lah yang paling penting :)))

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.