Pasukan II Pelindo #Day1

Inan dan Bram

Semlekom semua hihik, akhirnya lega dan merasakan KP setelah lama sekali berangan-angan “ngkuk aku moso njogo kabel rek”. Bingung maksudnya ? jadi gini ehe.


Pra KP

Saya (115) dan Bram (111) dari januari kemarin sudah mengirimkan proposal KP ke PELINDO III Surabaya, akhirnya sekitar februari awal dapet balesan kita diterima dan karena kesibukan, baru bulan juni kita baru follow up mau ditempatkan dimana, nah ini masalahnya.

Dari 3 Divisi IT yang ada di kantor pusat ternyata hanya divisi IT Operasional yang masih kosong, otomatis mau nggak mau si orang SDM nempatin kita di divisi itu dan bilang kalau divisi itu kentel dengan jaringan. “tapi nanti bisa berubah tergantung pembimbingnya kok apa yang kalian kerjakan disini” — Kata Mbak Vilia (Orang SDM yang baik hati).

Tapi meskipun di ademin mbak villia sejak saat itu kita belajar merelakan “okelah gaopo bram jogo kabel”, “oke bram gaopo ngkuk laporan KPne server 1 aman”, “nan ngkuk nek kene kademen nang ruang server yaopo” “kemulan bram”.

1st Day

Seperti kebanyakan anak lainnya, hari indah kita diawali dengan menunggu di lobby. Ditambah, kita di ospek sama anak lama magang pelindo (fanny & risha), ditambah lagi mbak villia (Orang SDM yang baik hati) lagi tidak masuk ehe, batinku “siap yo bram jogo server”. akhirnya kita ditemukan dengan orang SDM yang lain dan dibawa ke divisi IT Operasional.

Di Perjalanan menuju divisi tersebut, saya dan bram dalam hati teriak soalnya orang SDM ini jalannya ke arah tempat listrik yang ada BTS dan speaker masjidnya curr lak yo suangar kayak arek TMJ panas panas monitoring di ruangan mesin lalala akkkhh

“kayak e kantor kita nang ngisor e speaker mesjid iku deh bram”
eh ternyata orang SDM tadi belok kanan ke gedung bagus ehehehe, “gasido nang ngisor speaker mesjid bram”.

Masuklah saya dan bram di divisi IT Operasional. Dan di divisi ini kita ditemukan sama pak Mirza, baik sekali orangnya. Malah beliau menyarankan kita buat ke divisi software and development dengan omongan

“biar kalian fun disini dan bisa implementasikan semua yang kalian pelajari”

awww :3 terimakasih bapak. Kemudian kita langsung cuz ke divisi software and development eee dadakno sak ruangan sama fanny risha akkkhh welcome to the club.

Setelah menunggu Senior Manager dan para ASMnya rapat, akhirnya kita di briefing singkat bisa apa dan mau apa, dan langsung diserahkan buat dibimbing langsung oleh staff terkait development, namanya mas Arya, dan beliau adalah Alumni Sistem Informasi ITS angkatan 2006. Kemudian kita diskusi tentang apa yang mau kita kerjakan dan ternyata semuanya sangat kami pahami. Alhamdulillah, its a good start.


Diskusi Kerjaan

Mas arya di awal menjelaskan core bisnis kantor pusat PELINDO III dan wah ternyata banyak sekali hal yang belum kita tau. Jadi, ternyata ada 3 core bisnis utama pelindo III yaitu jasa, barang, dan purwarupa. dan Pelindo III adalah perusahaan yang tidak mungkin rugi, gimana bisa dan gimana detailnya bakal kita sampein waktu seminar KP ihik, makanya yak nanti yang baca, dateng seminar KP ginun brum.

Setelah kita di impress dengan cerita mas arya, akhirnya mas arya mulai membahas spesifik apa yang bisa kami kerjakan disini. Ada 2 aplikasi yang ditawarkan ke kami untuk dikerjakan, yang pertama adalah aplikasi bernama anjungan, yang memungkinkan seluruh kegiatan operasi dan transaksional pihak eksternal dilakukan via mobile. Kemudian 1 aplikasi lain adalah aplikasi monitoring internal bernama inco yang bisa memverifikasi seluruh kegiatan transaksi operasional kantor pusat Pelindo III.

ANJUNGAN terdiri dari 9 FR, API yang memungkinkan transaksi langsung terekam di akun bank kedua belah pihak jika diadakan transaksi, lalalala sampe akhirnya perut kami mual membayangkan gimana parsing dan integrasi data apalagi kita harus menghubungkan 3 aplikasi pembelian lain sekaligus diluar anjungan.

Sedangkan inco terdiri dari 3 FR + 4 anak di tiap FRnya tapi jauh lebih mudah dan hanya menghubungkan dua aplikasi saja. + database yang dipakai pelindo adalah oracle. + web service buat mobile belum ada.

“mas, kayaknya kita ngerjakan INCO aja ngingat waktu kita yang disini cuman sebulan setengah hihi”
Mas Arya, “wah iya saya mikir waktu juga ini kayaknya yang optimal sih inco ya, oke yaa kalian ngerjakan inco”

Dengan mengucap basmalah akhirnya kami mengerjakan INCO.


Dan, akhirnya kita memulai semua kerjaan ini with love dengan batin “Alhamdulillah bram gasido njogo server”. Dan satu lagi, sudah seruangan, ternyata di pojok kotak meja yang isinya 5 orang tempat saya dan bram duduk masih kosong, akhirnya risha fanny pindah dann saya dan bram sekotak sama risha fanny akkkhh welcome to the club.

Pelindo III Club

End of our 1st day ihik.-Inan

Like what you read? Give Osiris Kerja Praktik a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.