PLN Disjatim #Team1 #Week1

Halo halo semuanya, jadi disini aku mau membagikan cerita Kerja Praktik di PT. PLN Distribusi Jawa Timur yang ada di Surabaya, tepatnya di Bidang Perencanaan Sub-Bidang Teknologi Informasi. Ada 4 orang dari OSIRIS yang gabung buat KP di sub-bidang ini, ada Nurul 059, Riris 081, Jule 098, Umi 146.

Hari pertama masuk KP bertepatan dengan hari pertama karyawan PLN masuk setelah lebaran. Waktu pertama kali masuk kami gak langsung masuk ke sub-bidang tempat kami magang, tapi kami harus laporan dulu di bagian HRD. Sebelum masuk ke HRD juga kami dikasih nametag di lobby depan, tapi sayangnya gak ada nametag khusus buat anak magang, nametag yang dikasih itu nametag buat tamu jadi kami harus ninggalin KTP juga buat dituker sama nametag. Udah gitu kami daftar fingerprint buat absen masuk dan keluar tiap hari.

nametag

Langsung deh masuk ke sub-bidang TI yang ternyata gedungnya beda sama gedung utama tempat HRD tadi, jadi sub-bidang TI itu ada di gedung F yang tempatnya sebelahan sama gedung utama. Setelah aku ngelihat postingan temen-temen yang lain tentang KP, aku jadi berekspektasi kalo ruangan kantor itu yaa sama aja semuanya (ruangan gede dengan bilik-bilik yang tiap biliknya ditempatin satu orang). Ternyata waktu kami masuk ke gedung F itu langsung lorong yang di kanan kirinya ada beberapa pintu dan bener-bener sepi… so kami memutuskan untuk masuk ke salah satu ruangan buat tanya ruangan Pak Iwan kepala sub-bidang ini. Singkat cerita, kami pun disambut oleh Pak Anton dan Pak Dedi.

lorong dari pintu masuk

Meeting pertama cuma perkenalan singkat sama briefing dikit-dikit sambil cerita topik yang bakal dikerjain karena tim mereka pagi itu belum lengkap dan mepet sama waktu halal bihalal. Setelah menunggu halal bihalal -yang katanya sebentar- sampe selesai makan siang baru kami dipanggil buat meeting lanjutan ngebahas topik secara lebih detail dengan tim mereka yang lebih banyak. Disitu kami ditanya topik yang bakal kami kerjakan, tapi karena mungkin kami berempat yang susah ngasih gambaran dan gak tergambar juga dibenak mereka topik kami bakal seperti apa, supaya sama-sama jelas jadi kami dikasih tugas pertama buat presentasi kerangka topik kami pada hari Rabu (iya ini masih hari pertama, hari Senin).

Pak Iwan sebagai kepala sub-bidang ini bilang kalo kami itu sudah dianggap seperti seorang konsultan TI yang datang untuk menyelesaikan masalah yang mereka punya. Langsung makin deg-degan dong yaa… niatnya kesini mau belajar eh malah dianggap konsultan yang udah expert. Antara makin termotivasi buat bikin hasil yang bagus sama makin takut banyak kesalahan yang dilakuin gitu deh wkwkwk. So, di hari Rabu kami presentasi topik sambil dikasih masukan sama tim yang sekarang udah berlima. Di akhir presentasi dikasih tugas lagi buat presentasi hari Jumat. Dari situ disepakatin kalo presentasi bakal diadain 2 kali seminggu. “Lebih lama jarak antar presentasi, makin sedikit yang dikerjain” kata Pak Iwan. Bener juga sih yak hehehe…

BTW, aku mau cerita juga suasana di gedung F ini. Seperti yang udah aku tulis di atas, pas masuk gedung ini langsung ketemu lorong panjang yang kanan kiri ada beberapa pintu. Jadi disini itu tiap orang punya ruangan sendiri-sendiri. 5 orang yang ngajakin kami meeting itu masing-masing punya ruangan yang literally diisi mereka sendirian. Dan ada satu ruangan yang ada meja bundar buat banyak orang di dalemnya itu buat helpdesk.

ruangan kerja anak magang

Kami dikasih ruangan sendiri untuk berempat + 1 anak magang yang udah dari sebulan lalu magang disitu. Ruangan kami ada di bagian depan dan kayaknya kebanyakan aktivitas ada di bagian belakang di ruang helpdesk itu. Jadi kalo ditanya gimana suasana kerja disana? Karyawannya disana ngapain aja? Mereka kerjanya kayak gimana? Kami belom tau -__- karena kami literally belom pernah ngeliat mereka kerja. Oh iya tiap hari Jumat disini diadain senam pagi dan dapet sarapan juga, alhamdulillah sarapan gratis hehehe…

Udah yaa segitu dulu cerita first impression + kerjaan minggu pertama kami di PLN Disjatim sub-bidang TI. Intinya sih selama seminggu kerjaan kami cuma nyelesaiin topik yang udah kami pilih, gak ada kerjaan khusus dari sananya buat kami. Sampai ketemu di cerita minggu-minggu berikutnya…….

*oh iya di gedung ini semua karyawannya cowok -yang pernah aku liat-, kecuali 1 ibu-ibu yang nempatin ruangan paling depan (mungkin sekertaris kepala sub-bidang).