KPR “Online”, Lebih Mudah

Mengurus kredit pemilikan rumah (KPR) ternyata tak serumit yang dibayangkan. Pasalnya, pengajuan KPR kini bisa dilakukan secara online di kreditkpr.com

Di situs ini terdapat fitur untuk mencari properti berdasarkan lokasi, simulasi kredit dan angsuran per bulan, pengajuan KPR, sampai mendapat persetujuan untuk KPR yang diajukan.

Mari mulai dari memilih properti. Dalam situs tersebut terdapat daftar apartemen serta rumah subsidi dan nonsubsidi yang dari seluruh Indonesia yang sudah bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN). Setelah cocok dengan pilihan properti, calon pembeli dapat melihat simulasi angsuran kemudian mengajukan KPR dengan menyerahkan salinan kartu tanda penduduk (KTP) dan slip gaji.

“Jadi orang enggak perlu capek-capek jalan ke bank dari awal. Kadang orang jalan ke bank cuma mau tahu informasinya dulu. Kan sayang juga waktunya,” tutur Anto, Customer Loan Marketing Data BTN, saat ditemui di Indonesia Property Expo, Rabu (17/2/2016).

Selanjutnya, pihak bank akan menganalisis apakah data diri dan pendapatan calon pembeli dapat memenuhi angsuran untuk rumah yang diinginkan.

”Pendapatannya kita cocokkan dengan slip gaji, apakah secara prinsip memenuhi angsuran buat rumah yang dia inginkan. Nantinya ada yang tidak di-approve bank, karena beberapa orang ada yang hanya iseng mencoba dan ternyata berkasnya tidak memenuhi,” kata Anto.

Setelah disetujui bank, pengajuan KPR diserahkan ke cabang bank yang bersangkutan. Pada proses selanjutnya, Anto mengatakan, calon pembeli tetap akan berhubungan langsung dengan bank untuk melengkapi berkas-berkas yang diperlukan.

“KPR via online ini untuk proses awalnya saja. Jadi orangnya tidak perlu dari awal datang ke bank. Ini jadi solusi juga untuk konsumen, supaya menghindari dioper-oper (dari bank ke bank). Jadi calon pembeli bisa berjalan langsung ke jalur yang benar,” ujar Anto.

Pengajuan KPR secara online ini selain bisa dilakukan di situs resminya, bisa juga dicoba di Indonesia Property Expo 2016, di Hall A dan B Jakarta Convention Center, Jakarta. Pameran ini masih berlangsung sampai tanggal 21 Februari 2016. Di sana, petugas akan mengarahkan dan membimbing langsung untuk registrasi dan mengajukan KPR secara online. Mudah, praktis, dan tak perlu bolak-balik bank. Selamat mencoba KPR online! (Adv)