Whatsapp Bot untuk system antrian

Kukuh T Wicaksono
Mar 25 · 2 min read

Saat ini pertengahan bulan maret 2020, saya sedang membuat whatsapp bot khusus untuk mengelola sistem antrian. Dapat digunakan untuk Klinik, Puskesmas, Rumah sakit, Bengkel, Restaurant, Salon, Barbershop, Bank, Operator Telkom dan sebagainya.

Melalui media whatsapp , pelanggan dapat dengan mudah mengambil nomor antrian. Diperlukan staff admin/operator untuk mengelola/mengatur antrian ini. Staff admin/operator bekerja melalui dashboard web. Dari dashboard web, staff admin/operator dapat mengetahui antrian yang sedang terjadi pada beberapa loket/kamar/bilik. Staff admin/operator senantiasa update status antrian yang sedang terjadi. Apabila status pengunjung sudah mendapatkan giliran untuk dilayani, maka staff admin/operator harus update status pengunjung tersebut.

Pengunjung / pelanggan selain dapat mengambil nomor antrian, juga senantiasa dapat mengetahui progress antrian yang sedang terjadi, mengetahui antrian ke-berapa saat ini yang sedang dilayani.

Pelanggan memasukkan data nama, nomor identitas, nomor whatsapp dan kode layanan yang tersedia pada tempat usaha tersebut.

Demo bisa disimak dibawah ini

Whatsapp bot ini , sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2019 lalu, akan tetapi khusus digunakan untuk projek. Berhubung pola yang agak mirip pada beberapa industri, maka dibuatlah versi generic-nya.

Bayangkan suatu sistem antrian yang tidak memerlukan kartu antrian, print out, layar display monitor. Sungguh akan menghemat biaya.
Bayangkan Sebagai pelanggan, yang tidak perlu ragu untuk meninggalkan tempat antrian sementara untuk keperluan lain, karena antrian terlalu banyak dan tidak perlu khawatir akan diserobot. Selama pelanggan tersebut dapat senantiasa mengikuti update proses antrian melalui whatsapp bot, pasti pelanggan tersebut tidak akan khawatir.

Pada video diatas diperlihatkan, bagaimana mudahnya pelanggan mengambil nomor antrian, melakukan check status antrian.

Saat ini , whatsapp bot ini masih dalam status development, masih mencari ide nama yang bagus, dan partner bisnis yang bersedia mencoba peruntungan di bisnis whatsapp bot khusus antrian.

UPDATED : Layanan bot antrian sudah publish dengan nama BOTANTRIAN.COM
https://medium.com/@kukuhtw/memperkenalkan-botantrian-com-91e13985d01f

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade