Image for post
Image for post

Sepetak ruangan tua berukuran tiga kali empat terlihat sepi pagi itu. Indra terlihat sibuk bermain ponsel androidnya. Dua kursi yang biasa terisi pelanggan sekarang kosong.

Tanpa sisa-sisa potongan rambut yang berserakan di lantai. Tanpa deru mesin potong. Tempat itu terlalu rapi dan sunyi untuk sebuah pangkas rambut. Saya segera duduk tanpa menunggu antrean.

Sejak April lalu, pendapatan Indra merosot tajam. Saat itu, Pemprov DKI Jakarta memberlakukan PSBB. Ia sadar, kehidupannya kini tak akan sama lagi. Biasanya, Indra ditemani oleh dua temannya, Bayu sebagai tukang cukur dan Pina sebagai kasir.

Namun, keduanya memutuskan untuk pulkam ke Garut, karena tak ada pemasukan yang cukup untuk biaya hidup sehari-hari di Jakarta. Sebenarnya sudah ada ribuan tukang cukur pulkam karena frustasi. Indra merupakan salah satu orang Asli Garut (Asgar) yang bersedia untuk menceritakan suka duka menjadi tukang cukur rambut di tengah pandemi. …


Image for post
Image for post
Photo by Patrick Fore on Unsplash

Menulis bukan pekerjaan yang mudah. 1–100 postingan pertama selalu gagal. Tapi ingat, setiap penulis hebat selalu diawali kegagalan. Kegagalan bisa diperbaiki, tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Baik, kali ini saya akan membagikan tips dalam menulis. Semua editor atau penulis hebat yang pernah saya temui selalu menyampaikan kesalahan sepele yang selalu terjadi dalam menulis. Apalagi kalau bukan perkara typo.

Jangan menyepelekan masalah typo. Karena, berkali-kali saya membaca beberapa persyaratan publikasi di medium selalu mengatakan hal yang sama. Mereka tidak mau menerima naskah kita yang typo.

“Editor kami tidak memiliki banyak waktu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan sepele. …


Image for post
Image for post
Photo by Clint Patterson on Unsplash

Saat ini aplikasi Zoom sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dunia. Petinggi negara seperti Inggris, China hingga Jose Mourinho, pelatih Spurs sempat menggunakan aplikasi yang berpusat di San Jose, California, Amerika Serikat (AS). Kebutuhan yang tinggi ini tak lain dikarenakan adanya Pandemi COVID-19 yang membuat orang bekerja Work From Home (WFH).

Zoom menjadi pilihan karena diklaim sangat mudah dan simple dalam penggunaannya. Selain itu aplikasi ini juga tidak meminta banyak persyaratan dalam pendaftaran maupun penggunaanya.

Mengutip CNBC, Selasa (24/3), Zoom dikenal andal dan jarang down. …

About

Abdul Latif Thalib

A person who learns how to write. Sometimes I write about motivational and about writing.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store