Provinsi di Indonesia

Yang telah jamak di ketahui orang kalau daftar propinsi di Indonesia keseluruhan ada 34 propinsi serta ibukotanya.

Provinsi-provinsi ini menyebar dari Sabang yang ada diujung barat sampai ke Merauke yaitu di ujung timur Indonesia. Serta dari Miangas, pulau terluar Indonesia diujung utara sampai Pulau Rote yang ada diujung selatan Indonesia.

Daftar jumlah propinsi di Indonesia dari saat ke saat selalu beralih serta berkembang. Dahulu dimuka terbentuk, Indonesia cuma mempunyai 8 propinsi. Mungkin saja satu tahun lebih waktu lalu Anda masihlah mendengar ada 33 propinsi di Indonesia. Serta sampai saat ini telah ada 34 propinsi di Indonesia.

Nah, pada saat ini Lamandala bakal sedikit berikut kajian tentang beberapa nama propinsi di Indonesia. Propinsi Indonesia keseluruhan sejumlah 34 propinsi di Indonesia bersama ibukotanya. Mari simak penjelasannya di bawah ini dengan cermat.

NAMA PROVINSI DAN IBUKOTANYA

Mengingat jumlah provinsi di Indonesia terdapat beberapa, jadi tabel jumlah propinsi ini berniat dipisah-pisah menurut letak pulau propinsi itu ada. Mudah-mudahan nanti mempermudah Anda sebagai pembaca dalam mengelola info yang ada.

Indonesia terbagi dalam banyak pulau-pulau besar serta gugusan pulau-pulau kecil. Himpunan pulau-pulau itu dibagi-bagi jadi keseluruhan 34 propinsi. Di bawah ini beberapa nama pulau serta kepulauan yang membuat provinsi Indonesia.

PULAU SUMATERA

Pulau Sumatera atau Sumatra adalah satu diantara pulau di Indonesia. Pulau yang dikenal juga dengan sebutan Andalas ini adalah pulau paling besar nomor 6 didunia. Di pulau Sumatera sekurang-kurangnya ada 10 propinsi.

Propinsi ini yaitu Aceh dengan ibukotanya Banda Aceh, Sumatera Utara ibukota Medan, Sumatera Barat beribukota di Padang, Riau dengan ibukota Pekanbaru, Kepulauan Riau (Kepri) ibukota Tanjung Pinang, Sumatera Selatan dengan Palembang sebagai ibukotanya, Jambi dengan ibukota propinsi Jambi, Bengkulu beribukota di Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung beribukota di Pangkalpinang, serta Lampung dengan ibukota Bandar Lampung.

PULAU JAWA

Pulau Jawa yaitu pulau terluas didunia urutan ke 13, serta ada di urutan nomor 5 pulau terluas di Indonesia. Pulau dengan tanah yang subur ini ditempati kian lebih 60% keseluruhan masyarakat Indonesia.

Artinya pulau Jawa yaitu satu diantara pulau yang memiliki masyarakat paling padat didunia. Ada sekitaran 160 juta orang tinggal di pulau yang luasnya kian lebih 126 ribu km. persegi ini.

Pulau yang mempunyai beberapa puluh gunung yang masihlah aktif adalah sisi dari gugusan kepulauan Sunda Besar ini terbagi dalam 6 propinsi.

Propinsi ini mencakup propinsi Banten dengan ibukota Serang, Jawa Barat dengan ibukota Bandung, DKI Jakarta dengan ibukota Jakarta, Jawa Tengah ibukota Semarang, Jawa Timur ibukota Surabaya, serta Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ibukotanya yaitu Yogyakarta.

PULAU KALIMANTAN

Pulau Kalimantan terbagi dalam 5 propinsi, yaitu propinsi Kalimantan Utara dengan ibukotanya Tanjungselor, propinsi Kalimantan Selatan dengan ibukota Banjarmasin, propinsi Kalimantan Barat beribukota di Pontianak, propinsi Kalimantan Tengah ibukota Palangkaraya, serta Kalimantan Timur dengan ibukotanya Samarinda.

KEPULAUAN NUSA TENGGARA

Kepulauan Nusa Tenggara terbagi dalam 3 propinsi yakni propinsi Bali dengan ibukotanya Denpasar, propinsi Nusa Tenggara Barat beribukota di Mataram serta propinsi Nusa Tenggara Timur dengan ibukota Kupang.

PULAU SULAWESI

Pulau Sulawesi terbagi dalam 6 propinsi yaitu propinsi Sulawesi Utara beribukota di Manado, propinsi Sulawesi Selatan ibukota Makassar, propinsi Sulawesi Barat dengan ibukota Mamuju, propinsi Sulawesi Tenggara ibukotanya Kendari, propinsi Sulawesi Tengah dengan ibukotanya Palu serta propinsi Gorontalo ibukota Gorontalo.

KEPULAUAN MALUKU

Kepulauan Maluku terbagi dalam 2 propinsi yakni propinsi Maluku beribukota di Ambon serta propinsi Maluku Utara ibukota Sofifi.

PULAU PAPUA

Kepulauan Papua terbagi dalam 2 propinsi yaitu propinsi Papua dengan ibukota Jayapura serta propinsi Papua Barat beribukota di Manokwari.