Menurunkan Asam Urat

Sebelum membahas cara mengurangi Asam Urat Secara Alami dan Efektif, mohon catat asam urat apa, asam urat mana yang berasal, mengapa kadar asam urat tinggi menyebabkan penyakit, dan mengapa kadar asam urat tinggi harus diturunkan.

Asam urat adalah produk sampingan dari penguraian senyawa kimia yang disebut ‘purin’, purin ini hadir dalam sel tubuh kita dan makanan yang kita makan.

Purin sebenarnya penting bagi tubuh manusia karena bisa menjadi sumber energi dan protein bagi tubuh. Dan asam urat juga baik bagi kita karena ia bertindak sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan melindungi sel tubuh agar tetap sehat.

Ini adalah hasil kerja ginjal untuk mengolah produksi asam urat dan mengeluarkan sisa metabolisme dari tubuh kita melalui urin, dan sedikit melalui kotoran.

Apa Penyebab Asam Darah Tinggi dalam Darah?

Meskipun ginjal biasanya menjaga asam urat pada tingkat normal, ada kalanya ginjal tidak dapat melakukan hal ini, akibatnya asam urat meningkat / ekses dalam darah.

Jadi bisa disimpulkan ada dua penyebab utama kadar asam urat dalam darah tinggi, yaitu :

  • Ginjal tidak bekerja cukup baik
  • Terlalu banyak produksi asam urat akibat metabolisme ginjal purin dan sehat tidak mencukupi untuk mengolahnya.

Apa konsekuensinya jika Asam Urat tinggi pada Tubuh?

Tingkat asam urat yang tinggi dalam darah adalah suatu kondisi yang dikenal sebagai ‘hyperuricemia’. Jika asam urat tinggi di dalam darah diperbolehkan berlama-lama maka bisa mengkristal atau menyebabkan produksi kristal asam urat yang bisa menetap di sendi, tendon dan jaringan sekitarnya.

Dengan kondisi ini, kristal asam urat ini dipandang sebagai benda asing oleh pertahanan tubuh kita. Akibatnya sistem kekebalan tubuh kita bereaksi terhadap kristal asam urat dan timbul reaksi inflamasi yang menyebabkan gejala inflamasi seperti kemerahan, bengkak, panas, radang, kekakuan dan rasa tidak nyaman yang menyakitkan.

Gejala ini adalah serangan asam urat. Dengan kata lain, kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan encok.

Bagaimana cara mengurangi asam urat?

Tanpa perlu menggunakan obat kimia, berikut cara alami menurunkan kadar asam urat yang mudah dilakukan :

  • Minum banyak air. Minum antara 2 sampai 3 liter setiap hari. Air akan membantu ginjal memproses asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh.
  • Menggunakan baking soda. Solusi soda kue dapat membantu melarutkan kristal asam urat, dan meningkatkan kelarutan asam urat. Tambahkan 1/2 sendok teh baking soda ke 230 ml air. Campur dengan saksama, dan minumlah maksimal 8 gelas sehari. Sebelum tidur, bangunlah di pagi hari, dan setiap 2 sampai 4 jam di sela waktu makan.
  • Ulangi sampai gejala hilang. [Catatan: Karena baking soda mengandung natrium tinggi, beralih ke diet bebas garam selama larutan minum ini. Dan, jika Anda menderita tekanan darah tinggi, lebih baik tidak minum solusi ini sama sekali.]

Makanan purin rendah. Karena asam urat berasal dari pemecahan purin, dan purin juga hadir dalam makanan kita, penderita asam urat harus menjalani diet rendah purin.

Jenis makanan yang harus dihindari karena mengandung purin tinggi, antara lain: daging merah, jeroan, unggas dan seafood (cumi, udang, kepiting, ikan laut tidak termasuk). Dan, sangat penting untuk menghindari alkohol, Bir, khususnya, yang bisa menjadi pemicu asam urat tinggi.

Jenis makanan yang diperbolehkan meliputi: asam lemak esensial (misalnya tuna, salmon, dll.), Produk susu rendah lemak, karbohidrat kompleks (misalnya roti, sereal, pasta, nasi, sayuran, buah, dll.), Buah-buahan seperti ceri, stroberi, blueberry, anggur, dll.

Ketiga cara alami ini adalah cara yang paling efektif untuk mengurangi kadar asam urat.

Jika Anda mengalami asam urat atau asam urat tinggi silakan coba. Cara Mengurangi Asam Urat di Alam dan Efektif, kemudian perhatikan apa yang terjadi.

Baca juga : http://www.jembatankesehatan.com/obat-asam-urat.html