What Do You Look For Life ?

(Apa yang Kamu Cari dalam Hidup ?)

Apa yang kamu cari dalam hidup ?

Sudahkah aku menemukan apa yang aku cari sebenernya dalam hidupku ?

Aku menemukan apa yang aku cari dalam hidup ini.

Suatu waktu aku memikirkan, apa yang sebenernya yang aku cari dalam hidupku ? Aku memikirkan akan jadi apa aku di masa depan nanti ? Apa yang membuatku semangat dan merasa berarti dalam menjalani setiap detik kehidupanku ? Lalu bagaimana setelah aku meninggalkan dunia yang begitu indah ini ? Apa yang akan aku ku bawa kesana ? Bagaimana persiapannya saat ini ? Apakah aku mampu mempersiapkan semuanya ? Hal apa yang pasti aku mampu dan aku benar-benar bisa melakukannya ? Lalu bagaimana hari-hariku ? Bagaimana suasana hati dan pemikiranku ? Apakah itu diriku ?

Okay, begitu banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat itu.

Aku review bagaimana kehidupan yang telah aku lewati dan yang sedang aku jalani saat ini.

Aku terduduk di suatu tempat dan memandang jauh kesana ………………….

Karang Bokor - dekat Pantai Sawarna, Bayah, Banten

Aku menganalisa hidupku……………

Kesedihan-kesedihan itu……..

Ketika aku sendiri menghadapi sulitnya takdir….

Tidak ada yang tahu, betapa hatiku terluka……

Tak peduli hatiku terluka, aku mencoba bertahan dalam kesulitan itu, aku berusaha kuat, sekuat yang aku mampu. Tak peduli aku berjalan menunduk di tengah kerumunan orang-orang, tak peduli diam-diam orang-orang membicarakan tentangku dibelakangku, tak peduli orang-orang melirikku dengan tidak suka, mencoba baik-baik saja ketika teriakan itu berteriak di ruanganku.

Aku terdiam, seolah itu tidak pernah terjadi, seolah saat itu aku baik-baik saja. Aku bertahan hingga akhir. Itu menyedihkan !

Tapi……………………

Suatu hari di musim panas, langit biru, perbukitan yang hijau………… Itu meneduhkan hatiku yang gelisah, menghangatkan hatiku yang tidak tahu sedang kemana, memberiku semangat, membuat pikiranku lebih positif.

Sinar matahari pagi yang hangat itu menyinari ruanganku, membangunkanku yang sedang terlelap.

A room

Saatku terpuruk, terjatuh, dan ingin ku akhiri semuanya……….. Aku berteriak di ruanganku………

Mereka datang………… Mereka memberiku semangat……. Mereka memberi dukungan terhadapku, mereka menghiburku, mereka menghargaiku dengan begitu baik.

Mereka, sekelompok yang lainnya lagi………. Menyapaku dengan ramah, tidak biasa…….. Dan hatiku mempertanyakannya.

Saat ini……… Ketika semuanya sudah baik-baik saja. Aku mengingat bagaimana sulitnya bertahan dalam ketidakkondusifan hidup, maksudku bagaimana aku mampu bertahan dalam lingkungan yang tidak kondusif.

Aku tersadar……………. Mereka yang menemuiku, yang bertanya apakah aku baik-baik saja, mereka yang mendamaikan dua kelompok yang bertentangan, mereka yang membuatku bertahan dan tersadar akan hal penting dalam memandang hidup…………. Terimakasih kalian, telah ada dan membantuku untuk bangkit dalam menjalani kehidupan…… Semoga Allah memberkahi kalian, mengabulkan doa-doa kalian, memberikan kalian hal-hal baik dan membahagiakan, merahmati kalian di dunia dan akhirat, semua yang terbaik untuk kalian, aamiin.

Dari sana, aku tersadar……. orang yang berbeda pandangan tidak selamanya akan berbeda pandangan. Orang yang terlihat tidak peduli dan hanya memikirkan dirinya sendiri, tidak selalu begitu. Terkadang…….orang yang terlihat baik-baik saja sebenarnya dia tidak selalu baik-baik saja.

Ketika kamu terjatuh, percayalah kamu tidak sendirian…….. Akan ada orang yang datang menemuimu dengan tulus, bersedia untuk ada disampingmu saat kamu terjatuh, atau jika kamu terus sendirian, hanya perlu menyapa seseorang, hanya sapa saja.

Mereka akan datang dan kamu tidak akan merasa sendirian lagi.

Aku bertemu seorang ahli, aku menceritakan hal-halku. Dia mendukungku dan memahami situasiku. Hal yang ku ingat dari perbincangan itu,

‘’Semua orang punya kelebihan, temukan kelebihan itu, buat kelebihan itu menjadi nyata’’,

‘’Jika kamu menghadapi rintangan dalam perjalananmu, ingat apa tujuan kamu menjalani perjalanan itu’’,

‘’Tidak perlu melihat dan mendengar apa yang orang lain katakan tentangmu’’,

‘’Cobalah untuk tergabung dalam suatu komunitas yang kamu suka’’.

Sejak perbincangan itu……. Aku merenungkan bagaimana kehidupan ini telah berlalu dan aku merenungkan hal-hal apa yang mampu membuat diriku lebih bahagia dan lebih berkembang. Aku mengingat tujuanku, tujuan kenapa aku masih ada di dunia ini ? Apa yang bisa aku berikan pada dunia ? Apa yang bisa aku wariskan pada dunia jika aku pergi darinya ?

Dago Pakar, Bandung

Hari demi hari……….. Aku berusaha membahagiakan hari-hariku, aku mengambil apa yang bermanfaat untukku, aku mencari apa yang bisa membuatku puas atas pertanyaanku, jika aku tidak mengerti, aku mempelajarinya secara perlahan………….

Sekarang…….. aku telah menemukan diriku. Aku sudah tahu apa yang aku ingin di masa depan, hal-hal real apa saja yang bisa aku capai di masa depan jika sekarang aku mengusahakannya, aku tahu alasan kenapa aku masih ada di dunia ini, aku tahu apa yang bisa ku berikan pada dunia, sehingga jika aku pergi meninggalkan dunia ini, aku bisa pergi dengan tenang dan dengan manfaat, kecil atau besar aku kembalikan pada-Nya, aku hanya ingin berusaha dan membuat diriku lebih hidup.

Jika sekarang…….. aku sudah tahu apa yang aku cari, maka aku harus memulainya………..

Welcome Life ! We Enjoy You, then thank you so much. :)