The Age of Problems

Pagi ini saya mampir sebentar ke toko buku bekas dan nemu sebuah buku menarik karangan Dr. Benjamin Spock. Judul aslinya Raising Children in a Difficult Time. Judul terjemahannya Membina Watak Anak. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1982 oleh Penerbit Gunung Jati Jakarta. Buku bagus, sayang kualitas terjemahannya agak sulit dimengerti.

Secara garis besar, buku setebal 540an halaman itu berisi tentang saran dan pertimbangan dari penulis buat para orangtua untuk menyiapkan anak-anak mereka agar bisa menjalani masa-masa sulit dengan sebaik-baik sikap. Termasuk juga menyiapkan mental para orangtua itu sendiri agar mereka bisa mendampingi anak-anak yang sedang menjalani masa-masa sulit itu dengan sebaik-baik sikap yang sama pula.

Masa-masa sulit adalah sebuah keniscayaan dalam hidup. Kita tentu berharap agar kehidupan anak-anak kita berjalan dengan lancar, tenang, dan tanpa hambatan. Sayangnya, sunatullah kehidupan termasuk juga menawarkan segala macam kemungkinan baik yang kita suka maupun tidak.

Saya pribadi percaya, bahwa bicara tentang dinamika rumah tangga tidak melulu yang enak-enak, tapi juga soal yang lain yang agak berat sedikit sampai yang beratnya ampun-ampunan. Tidak hanya soal merah jingganya, tapi juga soal kerumitan-kerumitannya. Tidak hanya soal canda tawa, tapi juga duka laranya.

Maka membekali diri, dan anak-anak kita, agar bisa menjalani masa-masa sulit dengan sikap terbaik, bisa dibilang, adalah sebuah aksioma yang tidak bisa ditawar-tawar. [libridiary]

Meruya, Agustus 2017