Ingin Punya Apartemen Tanpa KPA? Bisa Kok Dengan Cara Ini!

Siapa yang tak ingin memiliki hunian modern seperti apartemen, tentunya semua orang menginginkannya bukan? Apalagi sekarang apartemen sudah menjadi hunian modern yang membudaya dimasyarakat perkotaan. Selain lokasinya strategis dan fasilitas pendukungnya banyak, hal ini menjadi alasan kenapa hunian modern ini menjadi pilihan tempat tinggal diperkotaan. Peminatnya pun kian hari kian meningkat.

Apartemen Tanpa KPA

Selain peminatnya meningkat, harganya pun sangat fantasti. Tak heran jika apartemen menjadi barang yang sangat mewah dan menjadi barang investasi yang cukup menjanjikan, tapi harganya yang cukup fantastis ini membuat orang memutar otak untuk mecari solusi pembayaran dan biasanya mereka menggunakan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Tapi, syarat mengajukan KPA itu bukan main banyaknya dan belum tentu juga bank terkait akan menyetujui permohonan yang diajukan.

Jangan berkecil hati. Bukan tidak mungkin membeli apartemen dengan sistem kredit dan bukan hal yang mustahil juga jika Anda bisa membeli apartemen tanpa KPA. Beginilah langkah-langkahnya.

Menyisihkan Pendapatan Sebesar 20%

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyisihkan 20% dari nominal gaji bulanan. Alangkah baiknya tabungan ini jangan Anda gunakan untuk keperluan apapun dan bisa juga mencobanya dengan cara menabungkan ke bank namun dengan rekening yang berbeda dengan biaya sehari-hari, Jika perlu, jangan buatkan ATM untuk rekening khusus tersebut. Intinya adalah menabung dengan disiplin.

Kumpulkan Uang Tabungan Tersebut, Sampai Besaran DP Apartemen

Jika tabungan Anda sudah dapat dikatakan cukup untuk membayar uang muka atau down payment (DP), segera lakukan survei bursa properti untuk menemukan apartemen yang sesuai dengan nilai simpanan Anda.

Carilah apartemen yang berada dilokasi bebas banjir dan memiliki prospek cerah. Misalnya saja, strategis dan dekat dengan jalan raya. Bila memungkinkan, cari juga yang dekat dengan kampus besar atau pusat perbelanjaan, sehingga harga tawarnya akan jauh lebih tinggi ketika dijual kembali.

Memanfaatkan Kredit In-House

Langkah terkahir adalah memanfaatkan kredit In-House. Sebenarnya KPA dari bank bukan satu-satunya solusi untuk membeli apartemen secara kredit. Selain itu, ada lagi fasilitas sistem kredit yang lain yaitu kredit in-house. Jenis kredit ini berasal dari pengembang dan pembeli berutang langsung kepada pengembang.

Jika Anda memanfaatkan kredit jenis yang satu ini tak ada bedanya dengan KPA, hanya saja pembayaran jenis kredit ini bukan melalui bank melainkan langsung pada pengembang. Jeleknya menggunakan kredit ini jangka waktu kredit yang ditawarkan biasanya tidak terlalu panjang.

Untuk itu, Anda perlu disiplin dalam pelunasan cicilan ini, jika Anda gagal melunasinya, bisa-bisa unit apartemen yang Anda tinggali disita. Maka sebelum itu terjadi, prioritaskan dahulu pelunasan cicilan apartemen.

Begitulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan demi mendapatkan apartemen impian tanpa KPA dari Bank. Yuk, coba mulai dari sekarang!

Like what you read? Give Usable Sharing a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.