3 Hal Ini Akan Membangun Kegiatan B2B Anda

Pengalaman dan Cara membangun Brand B2B

Dari manakah kunci keberhasilan sebuah bisnis global B2B? Kita harus mengenal dengan baik apa itu brand B2B dengan sejumlah strateginya, di antaranya digital marketing, strategi inovasi produk, dan penguatan citra atau reputasi, yang tercakup di dalam cara membangun brand B2B (Contohnya seperti Maersk, Tetrapak, atau Grunfost).

Dalam dunia marketing B2B merupakan singkatan dari aktivitas Business To Business. Pada intinya bisnis ini berbentuk relasi atau mitra kerjasama antar perusahaan Dari sini cara membangun brand B2B terkait dengan beberapa aspek, yaitu konten, konteks, dan infrastruktur.

Pada sisi konten kita melihat apa yang ditawarkan. Sementara masalah konteks lebih menimbang bagaimana cara menawarkan produk atau jasa B2B. Kemudian yang tak kalah penting tentunya terkait infrastruktur, baik teknologi, SDM, maupun fasilitas penting lainnya. Saluran distribusi dan komunikasi akan menjadi kunci untuk mengaktifkan cara membangun brand B2B.

Sebagai penjelasan aplikatifnya, kita akan menyimak pengalaman sejumlah perusahaan dalam menerapkan cara membangun brand B2B (Contoh Maersk, Tetrapak, Grunfost), seperti:

1. Digital Marketing-Maersk Line

Maersk Line merupakan bisnis pelayaran global khususnya untuk jasa pengiriman petikemas. Reputasi perusahaan ini pun berada di jajaran top 10 Largest Shipping Company kelas dunia.

Sebagai salah satu shipping company terbesar dunia, Maerks Line dikenal aktif memanfaatkan cara membangun brand B2B melalui website dan social media. Digital marketing dimanfaatkan dengan sangat baik sebagai sarana branding. Di dalam web perusahaan, mereka leluasa dalam merepresentasikan jati diri perusahaan, hingga mengkomunikasikan program bisnis yang mungkin diminati calon customer.

Sekarang, perusahaan ini terbukti sukses menghubungkan diri dengan jutaan followers-nya di berbagai penjuru dunia. Baik itu melalui medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter, Linkedln, dan YouTube, agar dapat berinteraksi tanpa hambatan.

Solusi digital ini sangat memudahkan pembaca untuk mengikuti berbagai berita tentang perusahaan. Sehingga pada akhirnya nanti mereka bisa menimbang kredibilitas Maersk Line ketika mengambil keputusan untuk menjalin relasi bisnis.

2. Inovasi Ramah Lingkungan — Tetra Pack

Tetra Pack adalah perusahaan dunia di bidang pemrosesan dan pengemasan pangan. Inovasi branding perusahaan ini dikenal melalui aktivitas korporatnya untuk lingkungan hidup. Antara lain menghasilkan produk kemasan yang praktis, inovatif, dan ramah lingkungan.

Sebagai contoh dimana Tetra Pack Indonesia terlibat dalam program daur ulang dan lingkungan hidup. Dari program-program positif ini maka reputasi branding akan menjadi lebih kuat dan terpercaya. Kepercayaan menjadi pembuka piuntu relasi bisnis untuk B2B (business to business), maupun B2C (business to customer).

3. Quality Control — Grunfost

Grunfost merupakan perusahaan perakit dan penjual pompa yang berasal dari Denmark. Produk pompa ini terjual di sejumlah besar negara oleh distributor lokal, dimana Grunfost telah memasuki pasar Indonesia sejak tahun 1983.

Kapabilitas riset dan pengembangan Grunfost masih terdepan pada industri sistem pompa, dengan kondisi finansial yang kuat. Grunfost dipercaya memiliki tradisi mengembangkan solusi efisiensi air dan energi. Seperti pompa bertenaga solar dan sistem pengolahan air yang lebih efisien.

Bahkan belum lama ini perusahaan B2B Grunfost dipercaya untuk bergabung dalam kolaborasi internasional yang memerangi isu krisis air global yaitu 2030 Water Resources Group. Ini berarti Quality Control Grunfost membuktikan efektivitas merek bersama suksesnya cara membangun brand B2B pada level dunia!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.