Coba Gadget : Mouse Xiaomi Portable, Mouse Murah dan Keren, Dengan Fungsi Jempolan

Saya terkesan dengan Xiaomi sedari lama, kenapa? karena perusahaan ini mampu membuat piranti yang murah dan fungsionalitas yang bagus tetapi tanpa mengorbankan kualitas.

Tengok saja smartphone yang dikeluarkannya, awalnya mampu menjadi pelopor Smartphone Tiongkok berkualitas dan murah. Walau akhirnya belakangan ada banyak merk Tiongkok yang akhirnya menyalip popularitas Xiaomi seperti Vivo, Huawei, Meizu, dan Oppo (yang menurut saya cuma menang iklan, build quality biasa aja)

Asal kamu tahu bahwa Xiaomi tidak hanya produsen Smartphone, tetapi juga gadget-gadget seperti powerbank, speaker, TV, mouse, dll. Disinilah saya sebenarnya tertarik karena saat saya membeli powerbank merk Xiaomi, di luar dugaan barangnya sangat awet dan jika dipegang tidak terasa seperti powerbank murahan yang beredar di pasaran.

Berikutnya, saya sebenarnya tertarik mencoba banyak barang Xiaomi tetapi membatasi hanya yang benar-benar butuh. Sekali lagi, saya enggak kelebihan uang tapi memang barang Xiaomi itu banyak yang di bawah 300ribu dan kualitasnya bagus.

Akhirnya saya menemukan alasan untuk mencoba produk xiaomi. Mouse Logitech yang udah 2 tahun saya pakai udah mengelupas dimana-mana walaupun sebenarnya masih bisa dipakai. Gripnya udah kurang bagus akibat karet pelindungnya sudah lepas akibat keseringan dipakai.

Saya boyong juga Mouse Xiaomi dari Tokopedia, awalnya mau dari Aliexpress eh ternyata lebih mahal dan datangnya lebih lama.

Lalu kenapa saya memilih mouse ini :

Desain Cantik

Ini alasan yang agak receh banget sih sebenarnya, tetapi desain mouse ini pas sekali dengan warna Macbook yang saya pakai. Kalo disandingkan itu kayak jodoh, coba deh lihat gambar di bawah ini :

Belum lagi bentuknya yang tipis, bisa masuk ke kantong gadget saya sehingga enak dibawa kemana saja. Lingkaran putih dan warna dasar perak menambah kesan cantik dan mewah.

Hybrid

Mouse ini tidak hanya cantik tetapi juga berkemampuan infrared dan bluetooth untuk koneksinya. Mengingat port USB Macbook Pro hanya tersedia 2 buah, maka koneksi Bluetooth sangat membantu untuk menghemat port.

kedip biru bluetooth, kedip hijau infrared

Kerennya lagi saya juga bisa memakai koneksi infrared melalui dongle yang disediakan. Jadi ketika bekerja di kantor maka saya bisa menancapkan dongle infrared di PC dan bisa switch deh ketika ingin memakai mouse di Mac via bluetooth walaupun mode mousenya harus memilih salah satu mau bluetooth atau infrared.

Murah

Dibandingkan dengan mouse logitech yang beredar di pasaran, harga mouse xiaomi portable tentu lebih murah. Coba deh cari harga mouse seharga Rp.235.000 dilengkapi bluetooth dan infrared, kamu pasti susah menemukan yang sepadan harganya.

Mouse ini harganya kisaran Rp.235.000 — Rp.250.000, masih sangat masuk akal karena ini adalah Mouse Wireless dan kamu pasti tidak diribetkan lagi dengan adanya kabel-kabel menjuntai.

Tetapi saya bukanlah orang yang dibayar Xiaomi untuk mengiklankan produknya, berikut hal yang mesti kamu pertimbangkan sebelum membelinya :

Sentuhan Kliknya agak dalam

Saya terbiasa memakai Mouse Logitech yang tidak perlu energi berlebih untuk mengklik kiri atau kanan. Mouse Xiaomi ini punya sedikit kekurangan yaitu butuh sedikit energi untuk menekan klik kiri atau kanan. Tetapi lama-lama sebenarnya terbiasa sih, walaupun menurut saya akan jauh lebih enak jika tekanannya dibuat lebih empuk.

Lengkungannya terlalu landai

Lagi-lagi jika dibandingkan dengan Logitech, lengkungan mouse ini sebenarnya agak kurang curam. Akibatnya dua jari saya tidak mendapatkan bantalan yang pas. Sekali lagi akhirnya balik ke masalah kebiasaan dimana lama-lama akan terbiasa dengan bentukannya yang tidak biasa.

Butuh 2 baterai AAA

Mouse ini membutuhkan tenaga 2 baterai AAA, tetapi bagusnya sudah disediakan sejak awal pembelian. Untuk efisiensi pemakaiannya sih saya belum bisa mengukur karena belum ada sebulan pemakaian. Tetapi yang pasti kamu harus selalu menyiapkan 2 batere cadangan agar tetap bisa dipakai saat nanti baterai utamanya habis.

Konklusi

Butuh gadget yang murah tetapi kualitasnya gak murahan? mungkin kamu perlu memperhitungkan Xiaomi sebagai pilihan serius. Xiaomi mengubah anggapan saya tentang barang Tiongkok yang murahan, tiruan, dan gampang rusak. Tidak semua merk Tiongkok itu begitu, malah Xiaomi punya kualitas bagus dengan harga murah.

Selamat Berbelanja..

Apakah kamu suka posting ini? tunjukkan dengan klik tanda hati/love pada bagian bawah post ini ya..