Untuk Kamu yang Menyerah dalam Belajar Coding

From : Pejuang yang dulu pernah menyerah belajar coding

Coding adalah hal yang sangat familiar untuk terdengar di kalangan penikmat teknologi. Coding atau pemograman adalah suatu metode implementasi menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program. Untuk coding kita harus mengikuti sintaks-sintaks yang berlaku di bahasa program yang kita pilih. Dengan melakukan coding kita dapat membuat program atau sistem yang berguna untuk memudahkan pekerjaan manusia. Singkatnya coding adalah proses implementasi logika kedalam bahasa yang dimengerti oleh komputer. Bahasa yang dimengerti oleh mesin atau komputer disebut dengan bahasa pemograman. Bahasa pemograman ada banyak sekali didalam kehidupan kita. Dari banyaknya bahasa pemograman yang ada, bahasa tersebut juga dibagi-bagi kedalam berbagai kelompok sesuai dengan karakteristik dan fungsinya. Mudahnya ada bahasa yang khusus digunakan untuk platform web, ada yang digunakan untuk platform mobile, ada yang digunakan untuk platform desktop dll.

Salahkah jika mahasiswa IT tidak bisa coding?

Dewasa ini banyak sekali mahasiswa bidang IT yang tidak menguasai bahasa pemograman. Bahkan ada yang sudah lulus namun tidak dapat coding dengan baik. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan kenyataan ini. Secara pada zaman sekarang ini perusahaan IT yang membuka lowongan kerja tidak semuanya membutuhkan skill coding. Ada banyak sekali lowongan pekerjaan di dunia IT yang memiliki requirement yang berbeda-beda. Ada yang memang harus menguasai bahasa pemograman tertentu, ada yang hanya harus memahamai sistematika pemograman dan ada juga yang tidak memerlukan skill coding sama sekali. Semuanya kembali lagi kepada pribadi masing-masing atas apa target yang ingin dicapai nantinya.

Lalu bagaimana…?

Coding sendiri memiliki banyak sekali manfaat jika dipelajari dengan sepenuh hati. Pada dasarnya coding mengajarkan seseorang untuk membangun pola pikir dalam pemecahan masalah. Pemecahan masalah ini berkaitan dengan algoritma yang digunakan. Algoritma adalah rangkaian langkah yang memiliki tujuan tertentu. Algoritma tidak akan lengkap tanpa coding atau implementasi karena orang tidak akan dapat melihat hasil jadi dari pemikiran pembuat algoritma.

Belajar Coding itu Susah!

Untuk belajar coding tentunya berkaitan dengan bahasa pemograman yang dipelajari. Sejatinya seorang mahasiswa IT sebaiknya menguasai minimal satu bahasa pemograman. Dengan mengetahui satu maka untuk mempelajari bahasa yang lain tidak akan sesulit sebelumnya. Ibarat seseorang yang biasanya menyetir mobil sendiri dalam waktu lama, namun suatu ketika orang tersebut harus menyetir mobil orang lain. Pada awalnya tentu akan kesulitan karena masih dalam tahap pembiasaan. Begitu juga dengan belajar bahasa pemograman, jika sudah pernah mempelajari suatu bahasanya maka untuk bahasa selanjutnya akan tidak sesulit pertama kali belajar.

Jadi Apa yang Harus dilakukan?

Sebisa mungkin jangan menyerah dalam mempelajari satu bahasa pemograman. Untuk yang masih bingung bahasa apa yang akan dipelajari bisa membaca di internet tentang bahasa-bahasa apa saja yang ada. Bagi yang belum pernah sama sekali bisa mencoba untuk belajar melalui course-course online yang ada di internet. Course free hingga berbayar ada semua. Selain itu juga dapat mempelajari dari buku-buku yang ada. Pada dasarnya hal terpenting dalam belajar bahasa coding adalah endurance. Semakin kuat ketahananmu maka semakin cepat dan mudah kamu mendapatkan hasil yang diinginkan. Percayalah dengan menguasai salah satu bahasa pemograman hidupmu akan terasa lebih mudah. Jadi teruntuk kamu yang sekarang mungkin sudah menyerah, atau semakin malas untuk belajar coding, bangkitlah kembali. Tanamkan dalam hati kalian bahwa coding is one of the fun part in technology

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.