Mahditatshuya
3 min readNov 29, 2022

Krealogi E-Commerce Management

Krealogi E-Commerce Management

Hai!..Perkenalkan saya Mahdi seorang mahasiswa yang kebetulan numpang lewat sambil posting UX Case Study dimari.Saat ini saya sendiri sedang belajar UI/UX design mastery dari skilvul melalui program merdeka belajar dan menerima challange berupa perancangan UI/UX design dari krealogi lebih tepatnya merancang sebuah fitur CRM,dan ini dia hasilnya.

Project Overview

Seperti yang sudah dijelaskan diatas krealogi intinya sebuah aplikasi manajemen gundang yang saat ini sangat membantu usaha UMKM yang ada di Indonesia dan dalam kasus ini saya mencoba menganalisis dengan menggunakan pendekan 3W1H yaitu What,Where,Why,Who,dan HOw untuk menentukan target saya kali ini.

Project Overview

Untuk masalahnya sendiri merupakan masalah yang sering sekali kita lihat dilingkungan UMKM yang ada ditanah air kita tercinta ini yaitu hubungan antara “Penjual dan Pelanggan” dan untuk menyelesaikan msalah tersebut saya melist beberapa goals yang rencana ingin dicapai

Design Thinking

Untuk metode pemecahan masalah kali ini saya menggunakan Design Thinking yang dimana menggunakan beberapa tahapan yang bersifat berulang dan berfokus pada User

Emphatize

Karena menggunakan metode Design Thinking yang berfokus pada pengguna saya memutuskan menggunakan sampel user yang kemudian dijadikan User Persona dan setelah melakukan deep interview saya menemukan beberapa pain point yang menjadi masalah bagi user yang kemudian akan di”racik” menjadi sebuah solusi.

Define

Masuk Ketahap define disini kami mencoba membuat kemungkinan-kemungkinan apa saja yang bisa dilakukan dan solusi-solusi apa yang bisa diberikan dari pengamatan dan analisa yang saya lakukan disini saya bisa membuat sebuah kesimpulan untuk membuat sebuah fitur “PDKT” pelanggan yang kemudian dibagi menjadi beberapa bagain.

Solution

Solusi yang tadinya telah dibagi-bagi kemudian disusun jadi sebuah to-do list dalam sebauh prioritization matrix yang akan kemudian menjadi daftar kerja yang perlu dilakukan disini.

Userflow

Userflow yang dibuat cukup sederhana hanya berupa sebuah alur untuk dua fitur utama dan satu sebagai “gerbang”

Bagi saya wireframe merupakan sebuah tulang dari komponen UI.Disini saya membuat wireframe yang disesuaikan dengan userflow yang telah yang dibuat untuk wire frame sendiri terdiri dari Integration,Review,dan Campaign

Bicara mengenai komponen desain dalam perancangan desain UI kali ini saya menggunakan “dasar” dari komponen dari krealogi untuk membuat setiap komenen yang ada dan dilakukan hanya sebuah penyesuaian

UI DESIGN

Untuk layout UInya sendiri dibuat berdasarkan referensi yang kami dapat dan mengikuti kebiasaan penggunaan aplikasi dikalangan masyarakat dan setiap penempatannya menyesuaikan dengan orang yang akan menggunakan aplikasi ini.

Salah satu yang membuat saya tertarik dari Design ini adalah bagaimana saya mulai membaca kebiasaan orang-orang dalam menggunakan sebuah aplikasi dan bagaimana mereka bisa terbiasa dengan keabnormalan tersebut manusia yang awalnya serba harus memiliki proses yang panjang kini dipangkas dalam sebuah “fitur” design UI/UX memang tidak begitu sempurna namun diharapkan bisa berguna kelak.