(Mitos) Orang Sunda dan Jawa

Lucu aja cumagara-gara beda suku, cinta antara orang jawa dan sunda dapat kandas oleh restu orang tua.

Orang tua jaman dahulu utamanya yang berpegang pada adat leluhur biasanya masih percaya jika orang jawa dan sunda menikah maka rumah tangganya pun tak akan langgeng.

Mungkin ini cuma mitos saja, toh banyak banget orang sunda yang menikah dengan orang jawa dan hubungan mereka baik-baik aja koq.

Namun beberapa hal ini mungkin saja jadi sebab kenapa orang sunda tidak boleh menikah dengan orang jawa.

Baca juga artikel lengkap ini: Belajar Bahasa Sunda

1. Perbedaan Karakter

Jika dilihat sekilas ada perbedaan sifat yang mencolok antara orang sunda dan jawa, orang sunda mah santai sedangkan orang jawa itu pekerja keras dan rajin dan juga sifat-sifat lainnya.

Mungkin aja orang tua dahulu mempertimbangkan perbedaan karakter dua suku ini sehingga melarang anaknya menjalin ikatan dengan orang jawa.

2. Dendam Perang Bubat

Sebetulnya sih saya kurang begitu paham tentang perang bubat, karena banyak sekali versi yang ada tentang peristiwa perang antara Kerajaan Majapahit dan kerajaan Pajajaran Ini.

Namun sebagian orang berpendapat jika kejadian yang terjadi bukanlah sebuah perang tapu sebuah pembantaian karena kerajaan pajajaran cuma membawa sedikit pasukan untuk menjodohkan Diah Pitaloka dengan Hayam wuruk yang di tengah perjalanan malah ‘dijegal’ gajah mada yang berakibat tewasnya hampir seluruh rombongan dari kerajaan Pajajaran.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.