Tips Memulai Karir di Bidang yang Berbeda Tanpa Pengalaman

Bagian 2 : Persiapan Memulai Freelance

Pada artikel sebelumnya, kamu telah mengetahui langkah-langkah awal dalam menjadikan dirimu kandidat yang ideal. Sekarang saatnya kamu mulai melangkah lebih jauh untuk mencapai keinginanmu tersebut, dan mendapatkan pengalaman berharga melalui freelance!

Menguasai Skill-skill Dasar

Pada satu atau dua bulan pertama, kita akan fokus membangun pemahaman yang solid mengenai skill-skill dasar seperti yang dibahas di atas. Ini dapat dilakukan dengan membaca buku, mengambil kelas kursus, atau membuat sandbox untuk menguji pengetahuanmu.

Membaca (Secara Gratis)

Buku adalah media yang luar biasa untuk memahami konsep-konsep dasar atas subject atau tema tertentu. Buku juga mudah didapat secara gratis.

Pada saat ini, selain dalam bentuk fisik di perpustakaan, buku juga tersedia dalam bentuk electronic book atau e-book. Untuk e-book, kamu bisa meminjamnya melalui aplikasi Kindle (didapat secara gratis dalam iOS dan Android Store), buku akan dikirimkan ke handphone kamu, dan kamu bisa membacanya dimanapun, kapanpun.

Untuk menemukan rekomendasi buku yang bagus dibaca, kamu bisa mencarinya dengan keyword search di Google, seperti “buku terbaik dalam bidang [nama subjek]” atau bertanya melalui Quora.

Mengikuti Kursus

Buku akan memberikan gambaran umum tentang topik yang kamu pelajari, tetapi mengikuti kursus akan membantu kamu memahami topik secara lebih men-detail. Ini dikarenakan biasanya lebih banyak interaktifitas di dalam kursus, serta informasi ter-update secara berkala.

Carilah kursus-kursus yang materinya terstruktur secara baik. Contohnya yang mempunyai video, tes, project, dan forum di mana murid-murid bisa berinteraksi.

Mengikuti Blog dan Berita

Blog dan berita bisa menjadi sarana yang sangat mendukung dalam pembelajaran kamu. Kamu akan mendapatkan informasi yang up-to-date secepat mungkin. Ini adalah cara terbaik agar kamu selalu mengetahui hal-hal hangat yang sedang terjadi, sambil mengambil banyak pelajaran.

Kamu bisa menemukan blog dan newsletter yang relevan melalui Googling dan Qoura.

Sumber Belajar Gratis

Banyak start-up atau perusahaan yang menawarkan sumber belajar gratis dalam bidang apapun. Sebagai contoh, jika kamu seseorang yang analitis, kamu bisa menggunakan Google Analytic sebagai alat pembelajaran. Jika kamu ingin belajar coding, kamu bisa menggunakan sumber belajar gratis seperti Free Code Camp.

Pastikan kamu melakukan riset menyeluruh dalam bidang tersebut.

Bonus tips: Google Alerts

Google Alerts adalah cara yang luar biasa yang dapat digunakan untuk membantu kamu menghemat waktu mencari artikel dengan topik tertentu, seperti tentang industri teknologi komputer, skill-skill tertentu, atau perusahaan yang kamu impikan. Kemudian, setiap harinya, google akan menyajikan kamu artikel atau berita yang paling relevan.

Dibayar untuk Belajar

Kamu akan belajar mengenai cara bagaimana membuat seseorang membayar kamu untuk belajar skill yang kamu butuhkan dalam proses perpindahan karir.

Bangun Kredibilitas dan Hasil

Kamu telah memahami skill-skill paling dasar, sekarang saatnya untuk benar-benar mengembangkannya. Cara terbaik untuk belajar sesuatu adalah dengan langsung mempraktekkannya.

Kembangkan Skill Kamu dengan Freelancing

Freelancing terkesan seperti kegiatan yang menakutkan, tetapi memulainya sebenarnya sangat gampang, meskipun kamu belum punya banyak pengalaman.

Tim Ferris mengatakan bahwa definisi dari seorang expert adalah seseorang yang tahu lebih banyak daripada orang yang dihadapinya.

Ada dua cara untuk menemukan client ketika kamu baru memulai, yaitu website pencari freelance dan promosi secara tradisional.

Website untuk Freelancer

Salah satu tempat di mana para pemilik bisnis banyak mencari freelancer adalah Upwork. Keunggulan Upwork adalah kamu bisa melakukan marketing secara lebih cepat. Jasa yang kamu tawarkan akan langsung sampai kepada orang yang memang memerlukannya, membuat peluang kamu untuk di hire menjadi lebih besar. Hal ini juga dapat menjadi lebih menarik untuk orang yang kurang begitu suka dengan proses marketing tradisional.

Tetapi, kekurangan dari Upwork adalah kamu harus membayar untuk tergabung di sana. Disarankan untuk menggunakan Upwork jika kamu mengalami kesulitan dalam memasarkan jasa kamu.

Memasarkan Jasa Kamu Secara Mandiri

Pilihan kedua adalah memasarkan jasa kamu secara mandiri. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan 100 persen pemasukan tanpa potongan dari sales agent.

Tetapi, ini akan menjadi sedikit lebih sulit karena orang yang membutuhkan tidak secara aktif mencari kamu. Pada bagian berikutnya, akan dijelaskan mengenai langkah-langkah untuk sukses dan mengembangkan portofolio.

Menentukan Target

Langkah pertama dalam memulai freelancing adalah menentukan target. Banyak artikel yang menyebutkan bahwa kamu harus menentukan target secara sangat spesifik pada waktu memulai. Meskipun hal tersebut benar, tetapi biasanya kamu tidak akan tahu target tersebut secara mendetail sampai mendapatkan client pertamamu.

Kamu akan semakin bisa mendefinisikan target seiring berjalannya waktu, tapi untuk saat ini, kita akan menggunakan beberapa proses untuk menentukan target.

Menentukan Orang-orang yang Bisa Diprospek Menjadi Target

Mulailah membuat daftar 50 orang yang kamu kenal. Ini bisa termasuk siapa saja dari teman baikmu, teman orang tuamu atau koneksi yang kamu dapatkan melalui LinkedIn. Satu-satunya kriteria yang kamu butuhkan yaitu kamu harus merasa nyaman mendekati orang-orang tersebut.

Contoh :

Tabel Contact Prospect

Setelah kamu mempunyai nama-nama tersebut, lihat jenis perusahaan dan bidang industri mereka, mana yang lebih cocok dengan pengetahuan dan skill kamu?

Ketika baru memulai, lebih mudah menjual kepada start-up daripada korporasi. Kemudian sebagai contoh anggaplah kamu mempunyai skill di bidang advertasi, web development dan teknologi. Maka target kamu akan menjadi :

Tipe Perusahaan : Start-up

Bidang Industri : Advertasi, web development, dan teknologi.

Luar Biasa! Kamu sudah menentukan 3 area untuk menjual keahlianmu, dan juga mempunyai orang-orang yang bisa kamu prospek.

Saran : Jangan terlalu berusaha membuat target menjadi sangat spesifik sebelum kamu mendapatkan client. Jangan tutup kemungkinan. Target kamu akan semakin mengerucut seiring berjalan waktu.

Luangkan Waktu dan Konsisten

Hal yang paling mempengaruhi kesuksesan adalah konsistensi.

Konsistensi adalah kemampuan untuk bekerja melakukan sesuatu setiap hari. Terlepas dari bagaimana perasaanmu, seberapa berat pekerjaanmu, atau seberapa banyak teman-teman mengajakmu melakukan hal lain. Konsistensi adalah pembeda antara kesuksesan dan kegagalan saat kamu pertama memulai bisnis.

Untuk menjadi konsisten, kamu harus dapat meluangkan waktu. Waktu yang sama sekali tidak akan diganggu. Bagi saya, itu artinya bangun pada pukul 5.30 pagi. Tapi mungkin kamu lebih nyaman bekerja saat malam. Apapun pilihannya, kamu harus merasa bahwa hal tersebut cocok untuk kamu. Jangan sampai kamu merasa terpaksa karena jika begitu, usaha kamu tidak akan berhasil.

Masukkan ke Kalender

Mulailah membuka Google Calendar dan temukan waktu 1,5 jam yang bisa kamu gunakan paling tidak 5 kali dalam seminggu (termasuk akhir pekan!). Buat reminder pada satu jam dan pada lima belas menit sebelum waktu tersebut, dan mark waktu tersebut dengan status “busy”.

Membuat Dirimu Sendiri Akuntabel

Reminder yang telah kamu buat, tidak akan mempunyai efek terlalu besar jika kamu tidak melakukan usaha lebih konkrit untuk menantang dirimu sendiri. Kamu bisa menggunakan bantuan dari pihak luar, salah satu contohnya adalah website www.StickK.com.

Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang kompetitif dan tidak suka kalah. Melalui StickK, kamu bisa bertaruh dengan dirimu sendiri. Kamu dapat memasukkan sejumlah uang, lalu mengatur goal/tujuan kamu. Kemudian, kamu sendirilah yang akan menjadi “wasit” untuk menentukan apakah kamu sudah mencapai goal tersebut atau belum. Jika kamu tidak berhasil, maka uang tersebut akan disumbangkan kepada badan amal pilihanmu.

Sudah siap untuk memulai freelance dan mendapatkan pengalaman? Pada bagian selanjutnya kamu akan mengetahui bagaimana cara mendapatkan client pertamamu dan kemudian tentu pekerjaan impianmu!