KBBI Versi Kelima dan KBBI Daring

Tebal KBBI Edisi Kelima yang cukup fantastis (Sumber: id.techninasia.com).

Sebagaimana yang dikonfirmasi oleh Ivan Lanin (26 Oktober 2016), KBBI Versi Kelima akan terbit awal tahun ini. Jumlah halamannya cukup fantastis yaitu sekitar 2.100 halaman lebih.

Perkembangan Bahasa Indonesia dalam KBBI Versi Kelima ini bisa dibilang cukup signifikan, mengingat KBBI yang diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Bahasa pada tahun 2008 jumlah halamannya hanya berkisar 1.600 halaman. Perkembangan Bahasa Indonesia ini, tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk membuat situs pengembangan bahasa (KBBI Daring) sejak Bulan Oktober tahun lalu.

KBBI Daring adalah laman resmi pencarian kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Laman ini dikembangkan dan dikelola oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memberi akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat dan memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pengembangan kosakata bahasa Indonesia. Anda pun bisa berpartisipasi untuk turut mengembangkan Bahasa Indonesia melalui situs: kbbi.kemdikbud.go.id

Dengan mendaftar sebagai anggota KBBI Daring, masyarakat dapat melakukan pencarian entri berdasarkan huruf awal, popularitas entri, pencarian terakhir, kelas kata, ragam, bidang, dan bahasa, tautan kata turunan, gabungan kata, peribahasa, dan idiom dari kata yang dicari. Pengguna KBBI Daring juga diberikan kesempatan untuk melakukan pengusulan maupun perbaikan entri, makna, dan contoh baru dalam KBBI.

Selain itu, jika Anda sudah terdaftar menjadi pengguna KBBI Daring, Anda pun akan diberikan akses untuk melihat detail dan sejarah redaksi dari sebuah entri kata. Lebih lanjut, pengguna juga diberikan akses untuk meneluri makna dari kata yang dicari.

Pengembangan Bahasa Indonesia ini penting mengingat Bahasa Indonesia termasuk ke dalam sepuluh bahasa terbesar di dunia. Dengan banyaknya penambahan kata-kata baru pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, diharapkan dapat memberikan ketepatan makna dan konsep, baik dalam pengembangan ilmu pengetahuan ataupun dalam mengekspresikan diri melalui tulisan atau karya sastra.

Apakah Anda tertarik untuk berpartisipasi dalam pengembangan Bahasa Indonesia? Silahkan mendaftar pada situs yang sudah disediakan.


Originally published at https://kumparan.com/manik-sukoco/kbbi-versi-kelima-dan-kbbi-daring on February 28, 2017.